memilih personal trainer

8 Pertanyaan Sebelum Menggunakan Jasa Personal Trainer

Memiliki pelatih pribadi atau personal trainer menjadi tren yang makin banyak diminati para pecinta fitness.

memilih personal trainer

Hampir setiap gym dan pusat kebugaran di Indonesia memiliki program personal training yang didukung personal trainer berkualitas sehingga memudahkan para pecinta fitness untuk berlatih dengan teknik yang tepat dan meraih tujuan fitness dengan mudah.

Cerdas dan berpengalaman menjadi modal yang kian diperhitungkan para pecinta fitness sebelum menggunakan jasa personal trainer. Karena selain ingin meraih goal yang diimpikan, para klien juga ingin berlatih tanpa takut cedera karena ada personal trainer di samping mereka.

Ada beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan fitnessmania kepada calon personal trainer sebelum menggunakan jasa mereka. Bagi Anda para personal trainer, jawaban dari pertanyaan berikut akan menentukan apakah klien Anda nantinya bersedia menggunakan jasa Anda atau malah sebaliknya.

Apakah Anda Bersertifikat?

Latar belakang pendidikan kepelatihan akan menjadi pertanyaan pertama yang sering dilontarkan kepada calon personal trainer. Dari mana Anda mendapatkan sertifikat kepelatihan akan menjadi poin penting bagi calon klien sebelum menggunakan jasa Anda. Sertifikasi personal trainer yang Anda miliki sebaiknya tidak didapatkan melalui polling di internet, tetapi benar-benar melalui lembaga terpercaya dan kompeten.

Berapa Lama Anda menjadi Personal Trainer

Selain masalah pendidikan, pertanyaan lain yang sering ditanyakan oleh klien adalah berapa lama Anda menjadi personal trainer. Biasanya, semakin lama Anda menjadi personal trainer semakin tinggi tingkat kepercayaan klien kepada Anda. Apalagi jika Anda sudah menangani banyak klien, maka calon klien Anda sekarang akan tahu bahwa latihannya akan benar-benar efektif dan efisien bersama Anda.

Bidang Latihan Apa yang Anda Kuasai?

Beberapa personal trainer ahli dalam bidang tertentu seperti; woman fitness (fitness untuk wanita), bodybuilding (pembentukan tubuh), weight management (menurunkan berat badan). Berikan jawaban secara terbuka agar calon klien Anda benar-benar mengerti bidang keahlian Anda dan tidak salah memilih Anda.

Apakah Anda bekerjasama dengan Dokter Ahli?

Beberapa klien akan menanyakan ini untuk memastikan apakah ia benar-benar aman latihan bersama Anda. Dan bagi para personal trainer yang belum memiliki kerjasama dengan dokter tertentu, sebaiknya segera membuka diri untuk itu karena ini bisa menjadi nilai lebih di mata klien.

Bagaimana Filososfi Anda dalam Mengajar?

Meski tidak banyak yang menanyakan hal ini tapi jawaban dari pertanyaan tersebut akan menentukan apakah calon klien Anda memiliki chemistry yang sama atau tidak. Ini adalah tentang etos kerja dan seberapa profesional Anda menangani klien. Jawaban yang tepat dari pertanyaan ini akan membentuk citra diri Anda di depan klien.

Apakah Anda Masih Melanjutkan Pendidikan?

Setiap klien pasti ingin memiliki personal trainer dengan pengetahuan ter-update. Salah satunya adalah dengan melontarkan pertanyaan ini untuk mengetahui apakah Anda masih mengikuti informasi terbaru seputar dunia kebugaran melalui program pendidikan lanjutan.

Apakah Saya Bisa Berhasil Seperti ‘Mereka’?

Ini adalah pertanyaan yang cukup menantang untuk dijawab karena keberhasilan seseorang bukan sepenuhnya di tangan personal trainer tapi juga dipengaruhi keseriusan klien yang dilatih. Jadi kerjasama kedua pihak sangat dibutuhkan untuk meraih goal yang ingin dicapai oleh klien.

Bolehkah Saya Menghubungi Klien yang Pernah Anda Latih?

Biasanya untuk memastikan apakah Anda benar-benar personal trainer yang berkualitas, calon klien akan mencari informasi tentang Anda kepada orang-orang yang pernah Anda latih. Dan Anda harus siap menerima jawaban dari klien Anda yang dulu kepada calon klien Anda yang sekarang. Jika Anda benar-benar personal trainer berkualitas maka mantan klien Anda yang dulu pasti akan merekomendasikan.

Itulah 8 pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon klien sebelum menggunakan jasa personal trainer.

Nobody’s perfect.. tapi setidaknya jika Anda bisa memberikan jawaban terbaik dari 8 poin di atas maka Anda tinggal selangkah lagi menjadi personal trainer yang sempurna.

Semoga bermanfaat. (dan)

BACA JUGA : Ini Lho Perbedaan antara Pemanasan & Peregangan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes