8 Tip Latihan di Dalam Kendaraan

Banyak orang yang setiap hari harus menghabiskan waktu berjam-jam perjalanan dengan kendaraan saat berangkat dan pulang bekerja sehingga membuat letih, tegang, dan stres.

8-Tip-Latihan-di-Dalam-Kendaraan
Untuk mengatasinya, cobalah tip latihan ringan dalam kendaraan berikut ini.

Core Isometric

Latihan ini mungkin paling mudah dilakukan saat berada dalam kendaraan karena bisa dilakukan saat kendaraan sedang berjalan atau berhenti. Gerakan diawali dengan menarik nafas dalam-dalam dan regangkan perut Anda lebar-lebar, lalu hembuskan nafas sampai habis dengan menekan perut Anda dalam-dalam. Rileks sebantar, lalu ulangi lagi sampai 5 kali.

Senam Kegel

Ya, senam Kegel atau Pelvic Floor Exercise (PFE) juga bisa dilakukan sebagai latihan ringan dalam mobil Anda. Gerakan dilakukan dengan kontraksi otot pelvic floor (dasar panggul) Anda. Tekan dan tahan selama lima detik. Lakukan lima kali repetisi sebagai latihan ringan saat berada dalam mobil. Gerakannya sama seperti ketika Anda menahan aliran urin saat buang air kecil atau seperti kontraksi otot pantat saat berpose Back double biceps dalam binaraga.

Facial Toning

Daripada operasi plastik dengan biaya mahal, Anda bisa membuat otot wajah sedikit lebih kencang dengan melatih otot wajah berikut ini. Gerakannya sangat mudah. Tersenyumlah selebar mungkin sambil menekan kedua otot pipi Anda sekuat-kuatnya. Tahan selama tiga detik lalu monyongkan kuat-kuat bibir Anda seperti sedang mencium. Tahan selama tiga detik juga. Latihan ringan ini akan membuat otot wajah Anda lebih segar dan kencang.

Arms Strengtheners

Latihan yang ini sangat cocok saat kendaraan sedang berhenti cukup lama di lampu merah atau saat macet total. Caranya buka kaca jendela kendaraan Anda lalu regangkan kedua lengan lurus ke samping dengan kedua telapak tangan menghadap ke bawah. Lalu putar kedua lengan Anda sehingga kedua telapak tangan menghadap keatas. Lalu putar lagi ke posisi semula dan ulangi lagi dengan kecepatan sedang sampai 30 detik.

Latihan ringan ini cocok untuk meregangkan otot lengan Anda. Bahkan latihan ini merupakan latihan favorit model internasional, Tyra Bank, untuk menjaga penampilan kedua lengannya. Ingat, pastikan penumpang di sebelah Anda tidak terganggu atau keberatan Anda melakukan gerakan ini.

Latihan Jari-jari Kaki

Ada banyak sekali latihan untuk jari-jari kaki. Latihan ini mampu meregangkan otot-otot kaki dan membuat aliran darah lebih lancar (khususnya otot kaki). Salah satu caranya adalah dengan mengangkat kedua tumit setinggi mungkin dengan jari-jari kaki tetap menempel lantai. Tahan beberapa detik dan kembalilah ke posisi semula.

Ulangi beberapa kali dan letakkan beban diatas paha Anda untuk menambah intensitasnya. Cara kedua adalah dengan cara sebaliknya. Dengan posisi kedua telapak kaki tetap menempel lantai, angkat jari-jari kaki Anda keatas. Tahan beberapa detik dan kembalilah ke posisi semula. Ulangi beberapa kali. Cara ketiga adalah dengan menjulurkan salah satu kaki lurus ke depan lalu gerakkan jari-jari Anda (khususnya jempol) untuk menulis 26 huruf abjad di lantai. Kembalikan kaki ke posisi semula dan ulangi dengan kaki yang lain.

Shoulder Shrug

Ya, tak hanya di gym, shoulder shrug juga bisa dilakukan di mobil bukan? Caranya, angkat kedua bahu Anda keatas mendekati telinga. Tahan 8-10 detik lalu turunkan kembali. Ulangi beberapa kali. Shoulder shrug akan meredakan ketegangan otot-otot leher dan bahu Anda.

Thighs Strengtheners

Untuk latihan ini Anda harus menggunakan obyek yang empuk misalnya bantal kecil aksesoris mobil. Caranya adalah dengan menjepit benda empuk tersebut diantara kedua lutut. Tekan ke bagian dalam, tahan beberapa detik, dan lepaskan kembali. Ulangi beberapa repetisi. Latihan ini efektif meredakan ketegangan otot paha Anda.

Pull Up

Genggamlah handle diatas jedela kendaran Anda. Lalu tarik hingga badan sedikit terangkat dari kursi. Tahan 8-10 detik lalu kembali ke posisi semula dan ulangi beberapa repetisi. Jika memungkinkan pindahlah ke kursi seberang dan lakukan dengan lengan yang lain menggunakan handle di sisi tersebut.

Selamat mencoba dan jadikan saat dalam kendaraan sebagai gym keliling Anda! (aan)

BACA JUGA : Yang Wajib Anda Lakukan Agar Tidak Kram Saat Latihan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes