malam pergantian tahun

Agar Tubuh Makin Atletis Saat Malam Pergantian Tahun

Memang, akhir tahun adalah sesuatu yang dinanti-nantikan oleh semua orang, khususnya muda-mudi yang ingin menghabiskan waktu dengan orang terkasih. Ya, melihat gemerlap warna-warni kembang api di malam pergantian tahun tentu menjadi agenda yang tak terlewatkan. Untuk itu, banyak yang telah menyiapkan fisiknya ke tingkat yang lebih maksimal. Semua ini dilakukan demi terlihat sempurna di depan orang yang istimewa dan pada momen yang spesial pula.

six-pack-tahun-baru2-

Untuk itu bagi Anda yang ingin melakukan hal serupa, masih belum telat untuk melakukannya. Latihan yang intensif tentu akan membantu Anda mendapatkan fisik yang bugar dan sempurna nantinya. Bukan hanya latihan, menjaga pola makan juga sebagai faktor penunjang untuk mempertahankan bentuk tubuh dan berat badan Anda.

Berikut adalah solusi bagi Anda yang ingin mempertahankan kebugaran dan bentuk tubuh Anda demi terlihat sempurna di saat malam pergantian tahun nanti.

1.) Memantau Apa Saja yang Masuk ke Mulut Anda

Memang, masa-masa libur panjang akhir tahun adalah godaan terberat bagi rencana diet Anda. Bayangkan saja, ketika Anda sedang berlibur dengan teman-teman Anda, pasti ada kalanya teman-teman Anda mengajak berhenti untuk makan siang sambil mengobrol santai. Saat itulah, Anda akan merasa bimbang untuk menolak ajakannya.

Meski sedang melakukan program diet, bukan berarti Anda tidak boleh makan sama sekali. Anda tetap boleh makan, namun dengan porsi dan nutrisi yang sehat. Jangan hanya memilih makanan ‘sampah’ yang memiliki banyak kandungan kalori dan sedikit nutrisi. Intinya, jika Anda memutuskan untuk makan, maka bersikaplah bijak. Pikirkan bahwa membentuk tubuh Anda merupakan hal yang sulit dan membutuhkan waktu yang panjang, jadi masihkah Anda ingin menghancurkan semuanya dengan sekali makan-makanan yang mempunyai nutrisi buruk?

2.) Melakukan Kardio

Kardio adalah salah satu latihan yang sangat cocok bagi Anda yang memiliki program penurunan berat badan. Bukan hanya itu, melalui kardio juga akan bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Berbagai penelitian telah menyimpulkan bahwa kebugaran akrdiovaskular adalah salah satu indikator terbaik untuk merawat kesehatan jantung Anda. Ini akan menghindarkan Anda dari risiko kematian mendadak akibat penyakit jantung.

Berdasarkan penelitian, yang dikutip dari berbagai sumber terpercaya telah menyebutkan High Intensity Interval Training (HIIT) telah terbukti untuk meningkatkan kesehatan jantung, membakar lemak, dan membantu membangkitkan massa otot Anda. Bukan hanya itu, melalui kardio juga dapat melatih kecepatan dan kelincahan Anda. Cara terbaik untuk menyukai dan memaksimalkan latihan kardio, Anda harus menemukan dan memilih jenis kardio yang Anda sukai. Bahkan, dengan beberapa kreativitas, Anda dapat mengkreasikan latihan kardio dengan gerakan-gerakan lainnya, sehingga manfaatnya pun juga akan maksimal.

3.) Perhatikan Perodesasi Latihan dan Gizi

Periodesasi berarti merupakan sebuah pendekatan yang direncanakan, sistematis untuk mengimplementasikan tahap-tahap progresif ke dalam program pelatihan. Periodesasi dalam latihan ini dapat membawa hasil yang manis dan Anda pun juga semakin cepat merasakan dampaknya. Periodesasi terjadi karena setiap kali tubuh Anda tumbuh terbiasa dengan program pelatihan yang Anda buat, maka dengan ini Anda harus beralih dari kebiasaan lama Anda.

Dengan memberikan sentuhan baru ini, Anda akan mengaktifkan tingkat adaptif Anda dalam menghadapi jumlah set dan repetisi yang baru di luar kebiasaan Anda. Karena kebaruan di luar kebiasaan itulah akan membuat tubuh Anda beradaptasi dan memaksanya untuk bekerja lebih keras daripada biasanya. Itulah sebabnya, Anda juga akan mendapatkan otot dan bentuk tubuh yang lebih cepat. Nutrisi yang Anda konsumsi tentunya juga harus didasarkan pada latihan yang telah Anda lakukan ketika berada di gym. Semakin Anda banyak menghabiskan waktu di gym untuk latihan, maka kebutuhan Anda akan protein juga semakin meningkat. Untuk itu, penuhi asupan protein tubuh dengan makanan atau suplemen yang tinggi akan protein.

4.) Jangan Khawatir Jika Tubuh Alami Fluktuasi

Ketika Anda mempunyai program untuk membangun otot, Anda akan melihat berat badan, persentase lemak tubuh, dan penampilan Anda akan mengalami fluktuasi (naik-turun). Tidak usah khawatir yang berlebihan, hal itu wajar. Hal ini juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang Anda makan, berapa banyak air yang Anda minum, latihan, dan asupan natrium adalah faktor yang dapat mempengaruhi penampilan, berat badan, dan kadar lemak tubuh Anda.

Itulah yang harus Anda perhatikan untuk menjaga kebugaran dan mempertahankan bentuk tubuh Anda agar terlihat sempurna di malam pergantian tahun nantinya. Semoga berhasil. (gie)

BACA JUGA: Jangan Hanya Bermimpi, Raih Sixpack Anda Sekarang Juga!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes