Apa Saja Yang Perlu Anda Perhatikan Menjelang Kompetisi?

Tak lama lagi gelaran Ultimate Body Contest 2012 akan kembali digelar. Tepatnya pada tanggal 29 April 2012 yang akan diselenggarakan di Hotel Gajahmada Graha Jl. Dr. Cipto No.17 Kota Malang. Nah, jika Anda berencana unjuk kebolehan dalam event ini, tentunya Anda harus dibekali dengan persiapan yang matang. Sehingga saat event digelar, kondisi tubuh Anda sesuai dengan kriteria yang dipertandingkan.


Ada beberapa hal penting yang harus Anda jalankan sebagai langkah untuk mempersiapkan diri menjelang digelarnya pertandingan, yaitu:

  1. Mengukur Kondisi Tubuh Anda
    Hal dasar utama yang perlu Anda perhatikan sebelum tampil dalam body contest adalah ukurlah kondisi fisik tubuh Anda terlebih dahulu. Hal ini meliputi pengukuran kadar lemak tubuh, makanan apa yang Anda konsumsi, latihan apa yang akan Anda lakukan, dan sebagainya. Setidaknya tubuh memerlukan 10-12 minggu persiapan sebelum pertandingan. Selang waktu ini bertujuan untuk memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk beradaptasi dan mengenali program baru yang Anda terapkan.
  2. Jaga Diet Anda
    Diet atau pengaturan makan menjelang kompetisi adalah bagian tersulit dari persiapan kompetisi. Anda harus memiliki tekad yang kuat untuk sukses. Makanan berkualitas dengan tambahan suplemen haruslah dipersiapkan dengan benar. Tujuan utama dari diet menjelang kompetisi adalah mengurangi jumlah lemak tubuh sebanyak-banyaknya agar definisi otot terlihat tajam, dan pada saat yang bersamaan menjaga massa otot secara optimal.
    Dapatkan Massa Otot Bebas Lemak Di Sini!Memulai diet tergantung dari komposisi tubuh Anda dan waktu kompetisi yang ingin Anda ikuti. Jika Anda merasa tidak mengalami perkembangan yang cukup dalam proses pemangkasan lemak, maka tambahlah latihan kardio. Jika memungkinkan, lakukan kardio di pagi hari dengan perut kosong. Hal ini akan memaksa tubuh Anda untuk membakar kalori yang tersimpan. Latihan ini sendiri akan memiliki hasil yang cukup signifikan. Akan tetapi pola makan tetap memiliki peranan penting dalam proses cutting (pemangkasan lemak), janganlah terlalu mengandalkan proses cutting pada latihan kardio saja.

    Minggu terakhir dari diet adalah bagian dari diet yang paling penting, semua hal seperti carbohydrate loading, sodium loading, serta pengaturan asupan nutrisi lainnya adalah trik penting yang harus dipelajari. Semua hal tersebut ditujukan untuk meningkatkan kepadatan otot dan vaskularitas maksimum.  Hal ini disebut dengan “peaking”, yaitu kondisi di mana otot Anda mencapai ukuran dan vaskularitas terbesarnya. Kondisi peak hanya berlangsung dalam waktu yang sangat singkat. Sangatlah penting untuk mencapai kondisi peak pada saat Anda berkompetisi. Salah perhitungan dan melewatkan kondisi peak pada saat kompetisi atau terlalu cepat mendapatkan kondisi peak sebelum bertanding dapat merugikan Anda.

  3. Latihan Untuk Membakar Lemak
    Faktor lain yang perlu Anda perhatikan sebelum kompetisi adalah pola latihan untuk membakar lemak. Seberapa banyak kadar lemak tubuh Anda akan menentukan seberapa intens latihan kardio yang harus Anda lakukan. High Intensity Cardio adalah metode dari latihan kardio yang sangat efektif untuk membakar lemak tubuh secara efektif. Jika kadar lemak tubuh Anda di bawah 10%, Anda bisa melakukan high intensity cardio 15-20 menit. Namun, jika kadar lemak Anda di atas 10%, lakukan moderate intensity kardio (intensitas sedang) selama 30-45 menit per hari. Jangan lupa untuk menyisipkan jeda istirahat 1-2 hari agar tubuh Anda dapat pulih dengan baik dari latihan.
  4. Latihan Posing
    Setelah Anda mengetahui karakter tubuh, menjaga diet, dan membakar lemak, langkah selanjutnya adalah melatih posing atau melakukan pose. Dalam body contest, posing adalah hal yang wajib dilakukan dan sangat menentukan.  Menguasai pose yang diwajibkan dalam body contest dapat menguntungkan Anda dalam penilaian sekaligus membuat Anda lebih mudah mengontrol otot-otot Anda. Tambahkan variasi. jangan mengulangi pose yang sama terus menerus walaupun pose tersebut menonjolkan bagian tubuh yang Anda sukai. Juri tidak akan menyukai pose yang tidak memiliki variasi. Yang terpenting adalah, selalu kembangkan senyum saat Anda berpose di hadapan dewan juri.

Itulah persipan yang bisa Anda lakukan sebelum kompetisi. Tingkatkan rasa percaya diri Anda, agar bisa menunjukkan bahwa Anda bisa menjadi yang terbaik dengan mempersiapkan tubuh Anda sebaik-baiknya. Semoga berhasil!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes