Apa Yang Harus Anda Konsumsi Sebelum Dan Sesudah Latihan?

Salah satu cara untuk mendapatkan mendapatkan bentuk tubuh ideal yang Anda idamkan adalah dengan rajin berlatih. Meningkatkan massa otot juga tidak terlepas dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, terutama sebelum dan setelah latihan. Mencukupi kebutuhan nutrisi sebelum dan setelah berlatih juga menjadi faktor penentu pertumbuhan dan perkembangan otot Anda.


Apa yang Anda makan sebelum dan sesudah latihan berpengaruh signifikan terhadap proses pembentukan dan pemulihan tubuh, sama halnya dengan latihan itu sendiri. Jika Anda mengabaikan makanan yang seharusnya Anda konsumsi sebelum dan sesudah latihan, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil dari latihan yang telah Anda lakukan.

Kebutuhan Nutrisi Sebelum Latihan (Pre Workout Nutrition)
Makanan yang Anda konsumsi sebelum latihan diperlukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan meningkatkan performa selama latihan. Secara khusus manfaat dari pre workout meal adalah untuk menyediakan sumber energi bagi tubuh dan mengurangi penurunan glikogen otot, meningkatkan daya tahan, dan mempercepat pemulihan otot.

Anda bisa mengonsumsi makanan bersumber karbohidrat kompleks dan protein 30-60 menit sebelum Anda mulai berlatih. Karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan dari nasi merah, oatmeal, roti gandum, ataupun buah. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan protein, Anda bisa mengonsumsi dada ayam, protein shake, putih telur, dan sebagainya.
Dapatkan 100% Whey Protein Berkualitas Tinggi Untuk Meningkatkan Pembentukan Otot Anda DI SINI!
Penting juga bagi Anda untuk tetap terhidrasi selama latihan dengan minum air yang cukup sebelum berlatih. Minumlah setidaknya 2-3 gelas air sebelum latihan agar terhindar dari dehidrasi.

Kebutuhan Nutrisi Sesudah Latihan (Post Workout Nutrition)
Makanan yang Anda konsumsi setelah selesai berlatih sangat diperlukan untuk proses pemulihan dan perbaikan tubuh setelah latihan. Secara khusus, makan setelah latihan berguna untuk meningkatkan pembentukan otot, mengurangi nyeri, serta mempercepat pemulihan tubuh.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda setelah berlatih, Anda bisa mengonsumsi sumber makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang cepat serap (karbohidrat simple). Anda bisa mendapatkan karbohidrat cepat serap yang terdapat pada buah-buahan seperti pisang. Sedangkan untuk kebutuhan protein yang cepat cerna, Anda bisa mendapatkannya dari whey protein. Sama halnya saat memulai latihan, Anda juga harus mengakhiri latihan dengan minum banyak air putih untuk menggantikan cairan yang hilang selama latihan.

Jangan abaikan makanan sebelum dan sesudah latihan, karena kebiasaan ini juga menentukan keberhasilan Anda dalam meningkatkan massa otot dan membentuk tubuh ideal Anda. Selamat berlatih!

BACA JUGA : Nike+ Fuelband Gadget canggih untuk memantau latihan Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes