Tes Keseimbangan

Ayo, Uji Keseimbangan Tubuh Anda dengan Tes Berikut!

Tentu Anda pernah melakukan latihan yang melibatkan keseimbangan tubuh. Misalnya, ketika Anda melakukan overhead squat, ataupun latihan-latihan yang melibatkan keseimbangan tubuh sebagai penunjang.

Tes Keseimbangan

Ya, ketika Anda melakukan overhead squat dengan posisi barbell yang diangkat ke atas kepala sembari jongkok, maka hal tersebut akan membutuhkan keseimbangan ekstra. Bayangkan saja jika keseimbangan tubuh kacau, maka tekanan berat yang diakibatkan oleh barbell yang Anda angkat membuat tubuh Anda rubuh ke belakang. Hasilnya, cidera akan mengintai tubuh Anda. Untuk itu, Anda perlu memahami bagaimana melatih keseimbangan tubuh.

Mengapa Melatih Keseimbangan Tubuh Penting?

Dalam dunia kebugaran, keseimbangan tubuh ketika melakukan latihan dianggap penting demi tercapainya efektivitas maksimal latihan. Keseimbangan juga sangat penting terutama bagi seseorang yang sudah mempunyai usia dewasa, karena keseimbangan dapat membantu Anda bereaksi cepat, mencegah cedera, dan risiko kecelakaan lainnya. Keseimbangan juga sebagai indikator kebugaran secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan, orang yang mempunyai performa fit dan aktif rata-rata memiliki keseimbangan yang baik.

Bagaimana Cara Mengetahui Keseimbangan Kita Baik?

Untuk mengetahui keseimbangan tubuh, terdapat tes keseimbangan yang perlu untuk And lakukan. Terdapat dua tes keseimbangan, yakni tes statis dan tes dinamis. Selama tes keseimbangan statis, Anda dapat mempertahankan posisi tubuh selama mungkin, dan hasilnya tergantung pada waktu lamanya melakukan tes ini. Sedangkan pada tes keseimbangan dinamika, Anda dapat menguji keseimbangan tubuh dengan melakukan gerak.

Ya, mungkin Anda telah mengetahui tes keseimbangan statis, namun sedikit bingung pada tes keseimbangan dinamis. Untuk itu, berikut merupakan sebuah tes keseimbangan dinamis yang hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk melakukannya. Berikut adalah caranya!

Posisi 1
1

-Berdiri dengan tubuh tegap
-Posisi kaki rapat
-Angkat salah satu kaki
-Tahan posisi ini selama 2 detik

Posisi 2
2

-Angkat salah satu kaki ke depan
-Lakukan selama 3 detik

Posisi 3
3

-Angkat kaki yang sama dan arahkan ke samping
-Tahan selama 3 detik

Posisi 4
4

-Tarik kaki yang terangkat ke belakang
-Kaki yang terangkat sejajar dengan posisi punggung
-Wajah mengarah ke lantai
-Gunakan tangan sebagai alat keseimbangan
-Tahan posisi ini selama 4 detik

Posisi 5
5

-Pada kaki yang tadi terangkat, tekuk lutut, hingga kaki mengarah ke belakang
-Gunakan kedua tangan untuk menjaga dan mempertahankan keseimbangan
-Tahan selama 3 detik

Tips untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Berikutadalah beberapa langkah yang dapat melatih dan meningkatkan keseimbangan tubuh Anda!

a.) Aktif Menantang Diri
Kuncinya, untuk melatih keseimbangan tubuh adalah melakukan latihan-latihan yang melibatkan keseimbangan dalam geraknya. Misalnya, dengan squat atau variasi squat lainnya. Latihan angkat beban juga bisa dimanfaatkan untuk lebih memperkuat keseimbangan Anda. Bukan hanya itu, hal tersebut juga akan meningkatkan persendian, kekuatan tubuh, dan juga stabilitas Anda. Jika Anda bosan dengan latihan-latihan di gym, melakukan olahraga bisa menjadi alternatif yang dapat melatih keseimbangan tubuh secara substansial.

b.) Peregangan
Melakukan peregangan merupakan salah satu kunci untuk memperoleh keseimbangan tubuh. Dengan menggerakkan sendi-sendi akan membantu Anda dalam hal stabilitas.

c.) Mencoba Pilates atau Yoga
Pilates dan Yoga sangat baik untuk program latihan untuk memperoleh kekuatan. Hal tersebut dapat membantu Anda meningkatkan keseimbangan dan fleksibelitas tubuh Anda.

Bagaimana, sudah seimbang ‘kah tubuh Anda ketika melakukan gerakan-gerakan di atas? (gie)

Sumber: BuiltLean.com

BACA JUGA: Latihan Kettlebell dapat Meningkatkan Kapasitas Aerobik

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes