Back to The Gym!

Terkadang ada berbagai halangan yang mengharuskan Anda tidak datang ke gym untuk berlatih secara rutin. Entah ketika Anda sedang jatuh sakit, kesibukan yang tinggi, atau halangan lain yang membuat Anda harus berhenti berlatih.

Apapun alasan Anda berhenti latihan baik itu lama ataupun sebentar, Anda sekarang berhadapan dengan realita untuk mendapatkan kembali tubuh ideal seperti sebelum Anda berhenti berlatih.

Masalah biasanya mulai muncul saat Anda kembali ke gym dan mencoba mengangkat beban dengan berat sama seperti saat terakhir Anda berlatih. Jika Anda melakukannya, pasti Anda akan merasakan sakit yang sangat keesokan harinya. Bahkan tak jarang hal itu akan berujung pada cedera yang serius.

Maka mulailah latihan dengan program latihan yang sederhana. Contohnya lakukan satu kali latihan untuk satu otot, gunakan berat beban yang sedang, katakanlah 50% dari berat beban yang terakhir Anda angkat sebelum berhenti berlatih. Pada tahap ini, tujuan Anda adalah kembali berlatih dengan aman, bukan untuk mencetak rekor!

Anda mungkin pernah melakukan lebih dari 10 set untuk tiap bagian otot dalam 1 waktu. Tapi percayalah, saat ini tubuh Anda belum mampu untuk menerima volume latihan yang sama dalam beberapa sesi latihan pertama Anda.

Mulailah dengan melakukan 1-2 set per bagian otot dengan 12-15 repetisi tiap set. Meskipun Anda merasa level kekuatan Anda tidak banyak mengalami penurunan, namun sebaiknya Anda tetap gunakan berat beban yang sedang lebih dulu. Tetap lakukan rutinitas yang sederhana dan ringan ini selama kurang lebih 2 minggu pertama.

Kembali ke gym bukanlah hal yang sulit. Tapi Anda tetap harus memperhatikan berbagai aspek yang mempengaruhi kondisi Anda yang tentunya sudah berbeda dari saat Anda berhenti dulu. Hanya setelah Anda terbiasa dengan pola latihan yang sederhana ini, Anda bisa tingkatkan latihan Anda sedikit demi sedikit hingga mencapai level yang optimal. (dan)

LIHAT JUGA : Fun Step Exercise

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes