Bagaimana Cara Menambah Berat Badan Jika Anda Seorang Vegetarian?

""

Beberapa waktu yang lalu, salah satu kontributor www.duniafitnes.com, yaitu dr. Jeffry Tenggara, telah mengupas beberapa mitos dan fakta seputar diet vegetarian. Nah, bagi Anda yang mengikuti diet vegetarian dan ingin menambah berat badan, kali ini Anda akan dapatkan tipsnya.
Vegetarian terbagi dalam beberapa tipe. Kebanyakan tipe vegetarian memiliki pola makan yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, biji, kacang-kacangan, ikan, dan produk susu. Beberapa vegetarian juga bisa mengkonsumsi telur atau bahkan unggas. Vegan adalah bentuk vegetarian yang ketat, tidak hanya daging tapi semua produk susu juga dibatasi, jadi pada dasarnya tidak ada produk hewani yang dikonsumsi. Karena pilihan makanan vegetarian lebih terbatas, itu berarti Anda dituntut untuk lebih kreatif dengan pola makan Anda untuk memastikan diet Anda cukup nutrisi dan kalori untuk pertumbuhan otot dan juga agar Anda tetap sehat.

Apa yang Anda makan bukan satu-satunya faktor penentu bagi vegetarian yang ingin menambah berat badan. Metabolisme tubuh Anda memastikan kalori dari makanan yang Anda konsumsi bisa dibakar dan nutrisi yang masuk ke tubuh Anda bisa diproses oleh tubuh Anda. Untuk itulah, pastikan selain mengkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, Anda juga melakukan aktivitas fisik yang cukup dan teratur agar metabolisme tubuh Anda bisa berlangsung optimal.

Protein adalah bagian penting dari pola makan untuk menambah berat badan. Ini bukan pengecualian untuk seorang vegetarian yang ingin menambah berat badan. Mendapatkan asupan protein yang cukup adalah komponen penting dalam memperbaiki dan membangun otot. Bagi Anda yang masih bisa mengkonsumsi produk telur, susu, maupun unggas, tentu ini bukan menjadi masalah, karena makanan-makanan tersebut adalah sumber protein terbaik. Lalu bagaimana jika Anda adalah seorang vegan? Meskipun Anda seorang vegan, Anda tetap harus memastikan tubuh Anda mendapatkan cukup protein dengan memperbanyak konsumsi berbagai macam kacang-kacangan dan biji-bijian, kombinasikan dengan roti gandum dan sereal, serta kedelai dan produk olahannya.

Kacang seperti almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang paling menyehatkan. Almond memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal paling banyak dan lemak jenuh paling sedikit. Almond panggang dapat menjadi pengganti yang sangat baik untuk daging asap.

Kacang-kacangan seperti lentil dan kacang polong adalah pilihan polong-polongan terbaik. Jenis tersebut cenderung menghasilkan gas yang paling sedikit, memiliki indeks glikemik terendah dan memiliki serat larut paling tinggi. Keduanya dapat digunakan baik untuk sup ataupun minuman. Makanan ini dapat diolah tanpa lemak atau hanya dengan sedikit minyak zaitun sehingga dapat menjadi sumber protein rendah lemak yang sangat baik.

Beberapa vegetarian juga masih bisa mengkonsumsi ikan. Ikan baik dikonsumsi 1-3 kali seminggu. Salmon adalah salah satu pilihan ikan terbaik dengan kandungan lemak sehat yang tinggi.

Prinsip untuk menambah berat badan dan meningkatkan massa otot tidak berbeda untuk seorang vegetarian maupun non vegetarian. Yang terpenting adalah pastikan Anda memenuhi kebutuhan protein harian Anda dalam jumlah yang cukup. Banyak sumber protein nabati yang sangat baik untuk memasok protein ke dalam tubuh Anda sekaligus memberikan nutrisi penting lain yang tidak terdapat di sumber protein hewani.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes