Bagaimana Mempersiapkan Home Gym

Anda sudah membulatkan tekad untuk berlatih fitness, dan Anda ingin membuat Home Gym di rumah Anda. Apa saja yang harus diperhatikan?

Banyak sekali detail yang harus dipersiapkan untuk membuat suatu home gym di rumah Anda. Saya akan memberikan daftar singkat apa saja yang harus Anda persiapkan untuk membuat home gym.

1. Perhatikan space ruangan rumah Anda.
Anda membutuhkan tempat yang nyaman untuk berolahraga. Bisa saja Anda berlatih di kamar Anda tetapi Anda tidak mau kamar Anda bau keringat kan? Sebaiknya pisahkan tempat berlatih Anda kalau bisa, tetapi kalau memang tempat Anda cukup sempit, dan Anda mau mengalah, ya tidak apa-apa.

2. Dumbell.
Dumbell adalah alat minimal yang harus Anda punyai untuk membentuk badan Anda. Memang bisa melatih badan dengan berat badan Anda, tetapi itu hanya variasi karena hasilnya tidak optimal karena berat badan Anda tidak bisa diubah semudah mengubah berat dumbell. Belilah dumbell yang bebannya bisa dirubah-rubah. Jangan membeli dumbell dengan berat yang tidak bisa dirubah. Belilah sepasang dumbell untuk Anda.

3. Plate beban.
Plate beban adalah tambahan untuk Dumbell Anda. Belilah mulai dari 1.25kg, 2.5kg, 5kg masing-masing dua pasang untuk dumbell Anda. Apabila Anda sudah lama bermain beban, maka tambahkan plate 5kg lebih banyak.

4. Treadmill.
Treadmill atau sepeda statis sangat penting untuk melatih jantung Anda dan bisa sangat berguna untuk membakar lemak di tubuh Anda. Apabila Anda mempunyai space ruang yang cukup dan budget yang lebih, maka treadmill atau sepeda statis sangat saya rekomendasikan untuk Anda beli.

5. Swiss Ball.
Ada banyak latihan yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan swiss ball, harganya cukup murah.

6. Bench (bangku).
Belilah bench yang bisa diubah-ubah sudut kemiringannya. Anda membutuhkan bench untuk berlatih dengan dumbell Anda. Bisa saja Anda tidak menggunakan bench khusus tetapi Anda akan kesulitan melakukan incline dumbell press.

7. Yoga Mat.
Yoga mat ini bisa Anda gunakan untuk berbagai macam latihan seperti sit up, plank, etc.

Itu semua peralatan sangat dasar yang Anda butuhkan untuk membuat home gym Anda. Tetapi apabila Anda benar-benar serius, mempunyai cukup ruangan dan mempunyai budget yang lebih maka alat-alat berikut wajib masuk ke daftar pembelian Anda:

8. Smith Machine.
Dengan alat ini Anda bisa berlatih dengan beban yang berat. Anda bisa melakukan banyak latihan dengan alat ini. Anda bisa berlatih chest, back, shoulder, squat, etc.

9. Lat Pull Down Machine.
Alat ini bisa Anda gunakan untuk melatih punggung Anda. Ada beberapa multistation gym yang menggabungkan alat ini dengan smith machine. Pertimbangkan multistation tersebut untuk alasan yang lebih ekonomis dan space yang lebih kecil.

10. Leg Press.
Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa melatih khusus kaki dan pantat Anda.

Dari 10 daftar tersebut, Anda bisa menghitung sendiri budget dan space ruangan Anda untuk kebutuhan home gym Anda. Apabila memang Anda serius melatih tubuh Anda di rumah, home gym adalah suatu kebutuhan di jaman sekarang ini. Anda bisa melakukan olahraga kapanpun Anda mau, flexible waktu untuk Anda yang sibuk.

Good luck

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes