Bahaya Suplemen “ASPAL” Bagi Kesehatan Anda (Bagian 1)

Di zaman sekarang ini, suplemen sudah menjadi suatu kebutuhan. Di Amerika, lebih dari setengah populasi orang dewasa telah mengkonsumsi suplemen untuk membantu menjaga kesehatan, menurunkan berat badan, membentuk tubuh, dan masih banyak lagi tujuan lainnya. Di Indonesia, kondisi seperti itu juga tak jauh berbeda.


Sebagai konsumen, apa yang mungkin tidak Anda sadari adalah bahwa tidak semua suplemen yang beredar di pasar saat ini sama. Beberapa di antaranya mungkin menyimpan bahaya bagi kesehatan Anda. Suplemen-suplemen tersebut adalah suplemen “ASPAL” alias “asli tapi palsu” yang tidak terjamin keamanannya bagi kesehatan Anda.

Suplemen tidaklah sama dengan obat-obatan, sehingga US FDA (Food and Drugs Administration) di Amerika Serikat maupun Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) di Indonesia tidak mengatur efektivitas dan keamanannya. Untuk mengawasi keamanan produk suplemen bagi konsumen, setiap perusahaan suplemen harus mematuhi pedoman GMP atau Good Manufacturing Practices. Akan tetapi, tidak semua perusahaan suplemen sudah menerapkan pedoman tersebut. Itulah sebabnya, banyak produk suplemen yang beredar di pasaran tidak aman dan justru membahayakan konsumennya.

Beberapa kasus yang sering terdengar dari penggunaan suplemen “aspal” adalah timbulnya gangguan jantung, pembuluh darah, ginjal, hati, dan sebagainya. Akan tetapi, ingat bahwa suplemen pada dasarnya ditujukan untuk membantu memasok tubuh Anda dengan nutrisi penting yang Anda butuhkan, yang tidak tercukupi dari makanan sehari-hari saja.
Dapatkan Multivitamin Dan Multimineral Berkualitas Tinggi Untuk Menjaga Tubuh Anda Tetap Fit Di Sini!
Lalu, kenapa ada kejadian gangguan kesehatan seperti yang disebutkan? Bukankah konsumsi suplemen bertujuan untuk meningkatkan kesehatan Anda? Itu semua karena adanya penyimpangan pada produk suplemen yang Anda konsumsi, entah itu adanya ketidaksesuaian antara label suplemen dengan isi suplemen yang sebenarnya, adanya kontaminasi pada suplemen, bahkan ada juga suplemen yang dijual dengan harga murah ternyata bukanlah suplemen dengan kualitas Food Grade atau suplemen yang memenuhi standar untuk dikonsumsi manusia, melainkan suplemen Animal Grade atau Feed Grade yang diperuntukkan bagi hewan.

Inilah alasan mengapa Anda harus berhati-hati dalam memilih suplemen yang baik bagi Anda. Demi keselamatan Anda, carilah informasi sebanyak mungkin tentang suplemen yang akan Anda gunakan. Untuk mengetahui kandungan dan efek samping yang terdapat dalam suplemen “aspal”, akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes