Bangun Otot atau Bakar Lemak, Mana yang Lebih Dulu?

Mendapatkan proporsisi otot tanpa lemak memang sangatlah sulit. Bahkan, jika Anda menghitung kalori pada setiap makanan yang akan Anda makan, maka tetap sulit untuk mendapatkan otot bebas lemak. Untuk mendapatkan otot, maka tubuh harus berada dalam keadaan anabolik. Berlangsungnya proses anabolik tubuh secara maksimal hanya dapat terjadi jika Anda mendapatkan jumlah protein yang cukup, karbohidrat, dan kalori. Jika Anda sedang berusaha membangun otot, maka Anda juga harus menambahkan beberapa lemak.

Headline gapopoa

Banyak orang berpikir bahwa otot akan terbentuk seiring dengan tingkat kedewasaan seseorang, dan hal itu salah. Pada dasarnya, kita semuanya memiliki otot, hanya saja lemak tubuh yang berlebih telah menutupi otot-otot dalam tubuh Anda. Sehingga, Anda hanya perlu membakar lemak lebih gencar untuk memperlihatkan guratan otot Anda. Bukan berarti, Anda hanya serius untuk membakar lemak tanpa melakukan latihan beban. Karena, latihan beban sangatlah membantu untuk memperbesar massa otot Anda. Intinya, seberapa besar lemak tubuh yang ada pada tubuh Anda? Menurut Builltlean.com, jika lemak tubuh berada di atas 15 persen, maka sangat direkomendasikan bagi Anda untuk menghilangkan lemak terlebih dahulu, sebelum membentuk otot.

Jika Anda mempunyai tubuh yang cenderung tambun, maka telah jelas bahwa tubuh Anda menyimpan kantong-kantong lemak yang dapat menutupi otot-otot tubuh Anda. Misalnya, pada otot bahu dari orang yang atletis akan memperlihatkan otot bahu yang bulat pada kedua sisinya (kanan-kiri) disertai dengan guratan otot, maka bagi Anda yang mempunyai tubuh cenderung tambun, maka bentuk bahu tersebut akan datar. Jika Anda memaksakan untuk melatih tubuh dengan lemak yang masih menempel pada tubuh, maka hal tersebut akan mempengaruhi bentuk fisik Anda. Kebanyakan, bagian tubuh yang Anda latih akan terlihat lebih besar dan padat. Bayangkan, jika tubuh Anda ramping, namun terlihat lebih besar pada bagian tertentu.

Untuk membuktikannya, Anda dapat belajar melakukan beberapa pengukuran tubuh yang terlihat lebih besar. Misalnya, pada bagian paha dan betis. Intinya adalah, sebelum Anda memutuskan untuk membangun otot, maka pastikan terlebih dahulu kadar lemak pada tubuh Anda.

Jika Anda masih ragu berapa kadar normal lemak dalam tubuh, sebelum hanrus membangun otot. Maka, Anda dapat meminta saran pada dokter ataupun pakar gizi yang Anda percaya. Semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Singkirkan Lemak dengan 5 Minute HIIT Berikut!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes