Barbell Press vs Dumbbell Press, Mana yang Terbaik untuk Melatih Dada?

Jika Anda ingin meningkatkan ukuran otot dada agar lebih bidang dan kuat secara efisien, maka latihan press adalah cara yang terbaik. Latihan fly juga dapat dilakukan di akhir latihan untuk melengkapi program Anda. Namun, yang selalu menjadi perhatian utama adalah latihan press, baik menggunakan barbell atau dumbbell.

Namun manakah yang terbaik antara dumbbell press atau barbell press?

Barbell bench press sering dilakukan oleh bodybuilder untuk melatih dan menjaga otot dada mereka agar tetap bidang dan kuat.

Apakah barbell bench press latihan yang efektif untuk membentuk otot dada? Ya.

Apakah latihan ini dapat dimasukkan dalam latihan rutin untuk dada Anda? Tentu.

Namun, itu bukan berarti latihan dengan dumbbell tidak efektif untuk dada Anda. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengapa dumbbell dapat dijadikan pilihan tepat jika ingin memaksimalkan hipertrofi otot dada Anda.

Baca Juga: 15 Menit Banjir Keringat Dengan Latihan Dumbbell

Dumbbell2

3 Alasan Dumbbell Press juga Efektif Selain Barbell Press

#1. Range of Motion Lebih Baik

Ketika melakukan barbell press, jumlah total adduksi horisontal Anda dapat terhambat karena tangan Anda terkunci ke bar dan lengan dipaksa melakukan gerakan naik dan turun.

Di sisi lain, dumbbell memungkinkan gerakan melengkung alami yang dapat meningkatkan adduksi horisontal dan memaksimalkan range of motion total.

#2. Pembentukan yang Seimbang

Setiap kali Anda melakukan angkat beban di gym, tubuh Anda akan selalu mengambil jalan yang paling efisien untuk melakukannya. Dan ini juga adalah salah satu kelemahan dari barbell press.

Kebanyakan, beberapa fitnes mania cenderung lebih kuat pada sisi yang lebih dominan.

Karena barbell press adalah gerakan bilateral di mana kedua sisi tubuh harus bekerja sama untuk memindahkan beban, sisi kuat akan selalu mengimbangi sisi yang lebih lemah. Jika dilakukan terus menerus, bisa jadi otot dada Anda akan besar sebelah karena tidak seimbang. [Baca Juga: Ini Teknik Latihan Terbaik untuk Atasi Otot Dada Besar Sebelah!]

Selain membuat komposisi tubuh kurang sempurna, namun yang lebih penting adalah masalah ini dapat mempengaruhi stabilitas dan kekuatan otot dada.

Dumbbell menjadi solusi dalam masalah ini. Latihan dumbbell dapat dilakukan dengan unilateral training, di mana masing-masing tangan dapat melakukannya sendiri. Latihan ini tentu akan merangsang pertumbuhan otot yang seimbang, baik itu dada, tricep, atau tricep kedua sisi tubuh Anda.

Jika Anda sudah berlatih terutama dengan barbell dalam waktu sekian lama, coba beralih menggunakan dumbbell dan lihat bagaimana perubahan yang dapat Anda rasakan.

#3 Risiko Cedera Menurun

Peningkatan range of motion dan perkembangan otot yang seimbangan adalah dua keunggulan yang ditawarkan dumbbell press. Satu keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan adalah risiko cedera, terutama bahu, akan semakin menurun.

Mengapa? Karena Anda dapat memposisikan tangan Anda dalam kondisi yang lebih nyaman dan gerakan melengkung yang lebih alami. Latihan dumbbell juga dapat mengurangi tekanan pada sendi-sendi bahu.

Mungkin, mencegah cedera bukan perhatian utama Anda dalam pembentukan otot. Namun sebaiknya, ini juga patut Anda perhatikan jika Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik dalam jangka panjang. Sendi dan jaringan ikat akan selalu terlibat dalam setiap angkat beban. Jika terganggu, maka sendi dan jaringan ikat bisa cedera dan program latihan Anda pun bisa berhenti.

Dumbbell3

Barbell Press vs Dumbbell Press, Mana yang terbaik?

Jika tujuan utama Anda adalah untuk hipertrofi otot dada, dumbbell menjadi lebih unggul ketimbang barbell karena menawarkan peningkatan gerak (range of motion), keseimbangan otot, dan penurunan risiko cedera.

Beberapa fitnes mania mungkin akan memilih barbell karena memberikan tekanan yang besar. Namun dari perspektif membangun otot, yang paling penting bukanlah berapa jumlah beban yang berhasil diangkat, tetapi juga kontraksi secara menyeluruh pada otot yang ditarget.

>> No Barbell, No Problem! <<

Lakukan Dumbbell Press di Awal dan Latihan dengan Suplementasi yang Tepat

1. Lakukan dumbbell press di awal rutinitas latihan Anda. Baik flat, decline, atau incline dumbbell press. Flat dan decline dumbbell press akan mengaktivasi lebih banyak serat otot (sternocostal) yang merupakan sebagian besar pembentuk otot dada Anda. Sementara incline dumbbell press akan mengaktifkan serat klavikularis. Meski barbell press bukan keharusan dalam perspektif hipertrofi otot, namun Anda dapat melakukannya setelah dumbbell press.

2. Pastikan untuk memilih suplementasi yang tepat. Latihan yang intens tentu akan membuat tekanan yang besar pada otot Anda. Nutrisi sangat penting sebagai makanan utama bagi otot Anda agar terus berkembang dan mencegah overtraining.

Note: Suplementasi yang tepat akan membantu meningkatkan massa otot Anda dan mencegah tubuh mengalami overtraining >> Amino 2002 dari Ultimate Nutrition

So, sudah siap untuk melatih dada Anda hari ini? (ctr)

BACA JUGA: Latihan dengan Dumbbell untuk Membentuk Bahu Lebih Padat dan Kuat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes