Benarkah Olahraga Mengurangi Kesuburan Pria?

Benarkah Latihan beban Mengganggu Kesehatan ?

Banyak pria bahkan wanita yang ragu-ragu untuk memulai latihan beban karena kerap terpengaruh cerita-cerita menyesatkan bahwa latihan beban mengganggu kesehatan. Bahkan tak jarang para fitnessmania yang sudah lama berlatih pun jadi takut ketika mendengar mitos-mitos yang terkait dengan kesuburan.

Memang tidak dapat dipungkiri jika melakukan latihan bebanbukan berarti Anda bebas risiko. Seperti misalnya cedera punggung, kram atau nyeri otot. Namun tentunya risiko ini adalah hal yang biasa dialami oleh pemula yang belum mengerti bagaimana teknik berlatih yang benar.

Lantas mitos apa saja yang sering berkembang seputar fitnes dan kaitannya dengan kesehatan pria. Simak pula fakta yang sesungguhnya di balik mitos tersebut.

1.       Latihan Beban Menghambat Pertumbuhan

Banyak orang percaya jika latihan beban di usia pertumbuhan dapat menghambat tubuh tumbuh lebih tinggi. Padahal secara ilmiah telah dibuktikan bahwa latihan beban ternyata membantu proses pertumbuhan. Latihan beban dapat merangsang perkembangan dan meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, latihan beban juga merangsang hormon pertumbuhan, sehingga membantu proses pertumbuhan tubuh itu sendiri. Hanya saja, jika Anda masih dalam masa pertumbuhan, pastikan Anda mengangkat beban yang sesuai dengan kemampuan Anda, jangan memaksakan diri untuk mengangkat beban yang terlalu berat untuk Anda.

2.       Latihan Beban bikin Impotensi

Penelitian telah membuktikan jika latihan beban dapat meningkatkan produksi testosteron dalam tubuh. Perlu Anda ketahui apabila kadar testosteron dalam tubuh rendah maka Anda akan berisiko mengalami impotensi atau disfungs ereksi. Lebih dari itu, latihan beban juga berguna untuk meningkatkan peredaran darah yang sangat diperlukan bagi orang yang mengalami gangguan kesehatan seksual. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mitos tersebut sama sekali tidak benar.

3.       Latihan Beban picu Darah Tinggi

Meskipun latihan beban dapat menyebabkan naiknya tekanan darah sementara (akibat reaksi alami tubuh terhada peningkatan aktivitas fisik), namun latihan beban menawarkan manfaat kesehatan jangka panjang yang baik sepert menjadikan tekanan darah Anda saat istirahat menurun sehingga menjadi lebih tenang. Namun, sangat disaranka sebelum melakukan latihan beban Anda harus memeriksakan diri ke dokter jika memang sebelumnya Anda memilik kondisi medis tertentu.

Olahraga, apapun itu bentuknya, merupakan cara yang sangat baik dan efektif untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan Anda. Lakukan olahraga dengan cara yang tepat maka Anda akan dapatkan semua manfaat terbaiknya. So, keep training guys!

BACA JUGA : Inilah 10 Tren Fitnes Tahun 2013! Mana Latihan Favorit Anda?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes