Berat Sudah Ideal, Apa Selanjutnya?

Beberapa orang, meskipun tidak terlalu banyak sayangnya, sudah berhasil mencapai berat badan idealnya. Setelah perjuangan panjang, berbulan-bulan menurunkan berat badan, diet ketat, olahraga setengah mati, akhirnya berat badan ideal sudah tercapai. Apa yang harus dilakukan sekarang?  Melakukan terus usaha seperti sebelumnya? Atau bahkan menguranginya?

Ada dua hal yang harus diperhatikan ketika berat ‘ideal’ kita sudah tercapai yaitu yang pertama, ukur kadar lemak kita. Apakah sudah ideal? Rentang ideal secara garis besar untuk laki-laki adalah 10-15% dan untuk perempuan adalah 15-20%. Kalau kadar lemak kita ternyata masih di atas rentang ideal, berarti kita masih harus berusaha lebih keras untuk menurunkannya lagi dan menambah massa otot kita supaya berat badan kita tetap ideal. Yang kedua adalah apabila memang bentuk badan kita sudah ideal dan lemak juga sudah berada di rentang ideal. Dalam kondisi ini, kita masuk ke maintenance phase dimana kita berolahraga sudah bukan untuk mencari goal berat ideal lagi tetapi mempertahankannya dan seperti kata banyak orang ‘menjaga kesehatan’ saja.

Olahraga yang disarankan untuk menjaga kesehatan adalah cardio selama minimal 30 menit sehari setiap hari. Cardio disini dilakukan dengan cara berlari, berenang, apapun itu yang penting untuk menjaga kesehatan cardiovaskular atau jantung kita. Kemudian latihan beban minimal 2 kali selama seminggu. Latihan beban ini disarankan bagi semua orang karena semakin kita bertambah usia kita, otot tubuh kita semakin habis. Latihan beban 2x seminggu, akan membantu kita mempertahankan massa otot sehingga semakin kita tua, kita tidak semakin kehilangan tenaga kita dan loyo. Stretching atau peregangan juga diperlukan minimal 30 menit per minggu, boleh dicicil 5 menit setiap hari, untuk semua otot, atau mengikuti kelas yoga akan cukup membantu.

Lakukan rutinitas fisik Anda seperti itu dah capailah kesehatan prima tubuh Anda. Jangan lupa beristirahat apabila Anda merasa capek dan jangan memaksa tubuh Anda berolah raga ketika dia sedang berteriak meminta istirahat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes