Fitball

Berlatih Menjadi Asyik dengan Fitball Workout

Sekarang, dunia kebugaran semakin lengkap dengan berbagai alat-alat yang menunjang Anda untuk berlatih. Mulai dari teknologi canggih berbentuk mesin, hingga paling sederhana seperti halnya bola karet.

Fitball Jendela

Namun, untuk saat ini DuniaFitnes.com tak akan membahas tentang mesin-mesin canggih yang biasa Anda temui di tempat gym favorit Anda. Melainkan, akan membahas alat sederhana namun banyak manfaat jika Anda menggunakannya. Bola karet besar atau yang sering disebut fitness ball atau biasa disingkat fitball.

Manfaat Latihan Menggunakan Fitball

Tentu jika Anda sering melakukan latihan di gym, pasti Anda pernah melihatnya. Olahraga dengan menggunakan fitball selain menyehatkan juga sangat menyenangkan. Bahannya yang terbuat dari karet memberikan sensasi empuk, sehingga akan memudahkan gerakan Anda dalam latihan.

Hanya dengan bermain bola, tubuh kita akan tetap bugar dan segar. Tanpa mengularkan banyak energi, hasil dari latihan menggunakan fitball juga maksimal dan efisien.

Latihan dengan fitball bisa dipadukan dengan latihan apapun. Seperti memvariasikannya dengan aerobik, senam kardio, body combat, yoga, bahkan juga bisa sebagai alat penunjang untuk senam ibu hamil (pilates). a michael kors watch purse Bukan hanya itu, fitball juga sering digunakan oleh mereka yang mempunyai gejala nyeri pinggang, punggung, kondisi tulang belakang yang bengkok, dan masih banyak lainnya.

Banyak pakar kesehatan mengungkapkan, dengan latihan menggunakan fitball maka manfaatnya setara dengan saat Anda berkuda. Bagaimana bisa? Hal ini dikarenakan, dengan menggunakan fitball maka semua otot tubuh akan bergerak secara sistematis, sehingga aliran darah dapat mengalir dengan lancar dan metabolisme tubuh dapat terpacu dengan cepat.

Tips Latihan Menggunakan Fitball

Meskipun latihan menggunakan fitball sangat kecil kemungkinannya mengalami risiko cedera, namun Anda harus tetap waspada dengan gerakan-gerakan yang bisa berakibat fatal bagi tubuh Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu cermat dalam memilih fitball yang berkualitas bagus, baik dari bahan maupun ukurannya.

Fitball memiliki berbagai macam ukuran. Bahkan, saat ini fitball dapat disesuaikan dengan ukuran dan tinggi badan pemakainya. Demi keselamatan Anda, pilihlah tipe fitball yang terbuat dari bahan PVC dengan sistem keamanan BRQ (Burst Resistant Quality). Hal ini untuk berjaga-jaga apabila fitball tertusuk atau terkena benda tajam, maka fitball tidak akan meledak seperti balon. Dengan sistem keamanan BRQ, maka udara yang bocor akan keluar melalui pori balon yang terbuka. ugg outlet australia auckland

Jika Anda sudah merasa bahwa fitball tersebut aman untuk Anda, maka pastikan posisi duduk Anda bisa sejajar dengan lantai. Terakhir, pilihlah fitball yang permukaannya tidak licin, hal ini untuk menghindari agar Anda tidak tergelincir saat Anda menggunakannya. Namun yang lebih penting lagi adalah, Anda harus memeriksa tekanan udara di dalamnya.

Berbagai Macam Latihan Menggunakan Fitball

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Fitball adalah salah satu alat kebugaran yang dapat di variasikan dengan gerakan apa saja. Maka, untuk memaksimalkan latihan Anda tidak ada salahnya mencampur gerakan-gerakan yang tentunya dapat membantu tubuh Anda menjadi lebih proporsional. Berikut adalah gerakan-gerakan tersebut:

Hug A Ball
Hug Ball

•Duduklah di lantai Sambil posisikan bola di antara kedua kaki Anda.
•Peluk bola, dan biarkan bola menopang bobot tubuh Anda
•Sesuaikan kaki Anda, sehingga kaki Anda rata di lantai dan lutut sejajar dengan pergelangan kaki Anda.

Downward Facing Balance
Downward Facing Balance

•Berbaring telungkup di atas bola.
•Tempelkan perut Anda pada bola.
•Berjalan dengan menggunakan tangan ke depan di sepanjang lantai.
•Angkat kaki Ada dengan memperpanjang siku dan lutut.

Pyramid
monster beats studio wireless by dre jpg” alt=”Pyramid” width=”530″ height=”250″ class=”aligncenter size-full wp-image-47695″ data-wp-pid=”47695″ />

•Mulailah dengan rolling badan Anda ke depan bola, sehingga pinggul Anda menempel di atas bola
•Istirahatkan tangan dan kaki di lantai
•Lengan dan kaki sedikit bengkokan atau lurus, tergantung pada ukuran bola.

Weighted Ball Side Bend
contoh

•Ambil posisi miring dengan pinggul dan kaki menempel pada bola
•Tangan sebelah sambil membawa piringan dan tempelkan pada wajah Anda.
•Lalu, angkat kepala Anda menjauhi bola.

Physioball Hip Bridge
Physioball Hip Bridge

•Posisikan bahu Anda menempel pada bola.
•Lekuk lutut Anda sehingga mengarah ke atas.
•Lalu, angkat badan Anda hingga paha sejajar dengan perut Anda.

Bagaimana, asyik kan berlatih dengan menggunakan Fitball? Selain menghilangkan cedera pada sendi, fitball juga membantu Anda dalam mengatasi kebosanan di waktu latihan Anda. (gie)

BACA JUGA: Body Combat, Gerakan Berirama untuk Usir Lemak Jahat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes