cara latihan

Berlatihlah Layaknya Pemenang!

Mental pemenang adalah mental yang seharusnya dimiliki oleh pada bodybuilder yang tengah mengikuti kompetisi binaraga ataupun body contes. Fisik prima yang dimiliki oleh para pemenang bukanlah suatu hal yang mudah didapatkan. Para pemenang selalu disiplin dan memiliki komitmen yang baik dalam berlatih. Sudah siapkah saat untuk memiliki fisik prima layaknya sang pemenang? Jika iya, coba terapkan teknik dan strategi berikut ini:

cara latihan

Naikkan Volume

Ada ketakutan umum yang biasanya sering tidak rasional dari overtraining yang menyebabkan banyak binaragawan melupakan manfaat perangsangan bagi pertumbuhan yang dicapai dengan meningkatkan set dalam latihan mereka. Oleh karena itu, cobalah untuk memperbanyak set dalam latihan Anda.

Double-up Pada Bagian Punggung

Lakukan latihan untuk punggung Anda setidaknya dua kali dalam seminggu. Satu sesi latihan terfokus pada kelebaran otot punggung, dan Anda bisa menggunakan pulldown dan cabel exercise. Satu sesi latihan lainnya fokuskan pada ketebalan otot di target lainnya.

Percepat Pemulihan

Pemijatan pada jaringan otot secara mendalam adalah komponen penting dari rencana pemulihan. Setidaknya lakukan sekali dalam seminggu. Mungkin pemijatan yang lama kadang-kadang meninggalkan memar yang bisa dilihat mata. Akan tetapi, gerakan mendorong dan menggesek pada pemijatan ini telah dianggap mampu untuk meningkatkan penyembuhan, fleksibilitas, dan pertumbuhan otot.

Lakukan Unilateral Set

Unilateral set merupakan latihan yang melibatkan penggunaan satu anggota tubuh pada satu waktu. Karena pada bagian seperti tangan, kaki, dan punggung memiliki ukuran dan pertumbuhan otot yang berbeda, unilateral set akan membantu Anda menyeimbangkan kedua sisi tersebut. Dengan memasukkan latihan unilateral di setiap kaki dan lengan akan membantu Anda untuk menempatkan penekanan khusus area tertentu yang lebih lemah daripada bagian yang tubuh yang lain.

Latihlah Pemanasan Anda Dengan Benar

Para binaragawan biasanya akan melakukan set ringan sebelumnya melakukan set banyak dalam latihan inti yang akan sangat terasa, bukan hanya sekedar melakukan pemanasan biasa. Hal ini dilakukan karena para binaragawan akan dapat merasakan berat tubuh, memastikan teknik yang benar sesuai pada titiknya, dan membantu mereka untuk memantau otot-ototnya agar dapat menentukan seberapa keras mereka harus meningkatkan set dalam latihannya.

Konsumsi Suplemen Dengan Strategi Yang Tepat

Whey protein akan meningkatkan asupan protein Anda sehari-hari. Creatine dan BCAA akan membuat stamina dan otot Anda bertenaga saat latihan. Segala mikronutrisi seperti vitamin dan mineral harus Anda jadikan asupan wajib setiap hari.

Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Banyak makan akan bisa berbahaya dan juga bisa berguna untuk kesehatan Anda. Makanan yang dilengkapi dengan asupan protein, vitamin, dan mineral akan membantu Anda memperbaiki metabolisme tubuh sehingga memudahkan tubuh untuk membakar lemak. Oleh karena itu dengan pola makan yang sehat dan higienis.

Hindari Guncangan Besar

Dalam berlatih, hindari big shock yang tidak bisa ditampung oleh kekuatan tubuh Anda. Jangan pernah melakukan misalnya 30 set latihan squad dan ditambah 1 set latihan sirkuit berturut-turut. Tetaplah konsisten dengan latihan Anda, dan masukkan sesekali latihan yang berguna untuk “shock therapy” bagi tubuh Anda dengan set yang sewajarnya.

Lakukan Improvisasi Pada Latihan Anda

Anda tidak hanya harus memiliki strategi untuk bagaimana agar latihan Anda mengalami progress. Akan tetapi, Anda juga harus menganalisa bagaimana otot-otot menanggapi efek latihan yang Anda jalani. Hal ini akan menjadi hal yang sangat penting karena akan membantu Anda menentukan apakah latihan dan peralatan yang Anda gunakan sudah benar-benar tepat atau belum.

Lakukan semua teknik dan strategi di atas dengan bijak sehingga performa Anda akan terlihat prima, terutama di saat mendekati hari kompetisi. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Waspadai Kecanduan Overtraining!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes