Bersepeda Di Luar Ruangan Dengan Aman

Tips bersepeda di luar ruangan

Bersepeda adalah salah satu latihan aerobik yang bisa dilakukan baik di dalam atau di luar ruangan. Meskipun terlihat mudah dilakukan, ternyata bersepeda memiliki beberapa risiko cedera jika tidak dilakukan dengan benar. Ada beberapa tindakan pencegahan yang harus diperhatikan untuk keamanan dan kenyamanan Anda saat bersepeda di luar ruangan.

Sesuaikan Dengan Kondisi Fisik
Bersepeda di luar ruangan tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang, apalagi yang memiliki penyakit tertentu. Jika Anda memiliki masalah leher atau tulang belakang, bersepeda merupakan hal yang harus dihindari, karena mungkin dapat memperparah penyakit Anda. Sepeda aerodinamis membantu Anda bergerak dengan cepat tetapi risikonya adalah stres pada leher dan punggung bawah.

Pemilihan Jalur Bersepeda
Dampak negatif juga bisa timbul dari pemilihan rute dan medan dengan hambatan dan rintangan yang berbahaya seperti: jalur yang rusak, berbatu dan berliku.

Perhatikan Posisi Stang Sepeda
Pastikan posisi stang sepeda Anda berada pada posisi ketinggian yang ideal. Jika terlalu rendah, secara perlahan akan menimbulkan gangguan jangka panjang pada leher dan punggung yang berbahaya bagi tulang belakang. Cara untuk melihat apakah stang Anda berada pada ketinggian yang tepat atau tidak adalah dengan mengukur perbandingan antara sadel sepeda Anda dan stang. Ukurannya harus setara. Jika posisi stang lebih rendah maka Anda harus membuatnya setara dengan tinggi sadel.

Memilih Sepeda Yang Cocok
Pilihlah sepeda yang cocok dengan Anda. Pastikan posisi stang Anda tinggi sehingga Anda tidak membungkuk saat bersepeda. Suspensi sepeda juga sangat berpengaruh. Suspensi ini akan membantu Anda menjaga kestabilan posisi tubuh saat melewati jalur yang berbatu, serta mengurangi risiko cidera tulang belakang.

Cobalah beberapa alternatif ukuran tinggi tempat duduk Anda. Ukuran posisi tempat duduk sepeda pada orang yang berbadan tinggi dan berbadan lebih pendek akan berbeda. Jangan sampai lutut Anda tersangkut pada stang.

Memilih ukuran sadel yang tepat juga sangat penting. Wanita membutuhkan sadel yang lebih luas untuk pinggul yang lebar.

Lowridder. Adalah salah satu jenis sepeda yang sedang popular di beberapa kota. Posisi duduk di sepeda ini mirip dengan duduk di kursi. Sandarannya membuat para penggunanya menjadi lebih nyaman bersepeda. Butuh latihan untuk dapat mengendalikan jenis sepeda ini karena titik keseimbangannya berbeda dengan jenis lainnya. Jika Anda terjatuh, kaki adalah bagian tubuh yang paling merasakan dampaknya.

Penting Untuk Menggunakan Helm
Kemudian, pilihlah helm yang memiliki sudut pandang luas agar Anda tidak perlu mengangkat kepala Anda untuk memandang ke depan. Helm yang tidak tepat bisa menimbulkan gangguan pada leher Anda.

Bersepeda di luar ruangan merupakan olahraga yang baik, tetapi Anda harus mengetahui risiko yang dihadapi dan rintangan yang ada saat bersepeda di jalan raya. Berhati-hatilah selalu! Jaga jarak bersepeda dari kendaraan lain. Selalu gunakan helm. Dan yang terpenting adalah memilih sepeda yang tepat.

Selamat menikmati kegiatan bersepeda yang menyenangkan! Ajak keluarga dan kerabat Anda untuk melakukan aktivitas ini agar menjadi lebih seru lagi.

BACA JUGA : Asyiknya Membakar Lemak dengan Senam Zumba

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes