Bunyi ‘Gemeretak’ Tulang Saat Latihan, Apakah Itu Berbahaya?

Seperti yang telah kita ketahui bersama, misi DuniaFitnes.com adalah menjadi sumber informasi terbaik seputar fitnes, diet, dan kesehatan.

Bukan hanya melalui artikel edukatifnya saja, melainkan DuniaFitnes.com juga memberikan konsultasi atas pertanyaan-pertanyaan dari pembaca setianya untuk membantu demi mendapatkan bentuk tubuh yang lebih proporsional melalui latihan dan pola makan yang tepat.

Nah, baru-baru ini terdapat pertanyaan menarik yang diajukan oleh salah satu fitnes mania melalui Facebook Page DuniaFitnes.com. Mungkin Anda juga mengalaminya, namun tidak menganggap bahwa hal tersebut sangat mengganggu Anda. Apa Itu? Sebelum kita menguraikannya lebih jauh, sebelumnya DuniaFitnes.com punya beberapa pertanyaan untuk Anda jawab!

“Ketika latihan, baik itu latihan beban ataupun latihan bodyweight, apakah Anda sering menjumpai suara gemeretak pada tubuh setiap kali Anda melakukan sebuah gerakan tertentu?”

Bagaimana menurut Anda, apakah Anda merasa khawatir dan mencari tahu mengapa hal tersebut terjadi? Atau, hanya membiarkannya saja selama hal tersebut tidak mengganggu aktivitas Anda?

Inilah pertanyaan yang juga diajukan oleh salah satu fitnes mania melalui Facebook Page DuniaFitnes.com. Untuk menyimak jawabannya, pastikan Anda membaca ulasan ini hingga akhir.

Penyebab Suara Gemeretak Saat Latihan

Images A
Menurut Dr. RM Tjahja Nurrobi M Kes SpOT FICS yang merupakan dokter spesialis Orthopedi dan Traumatologi mengatakan, suara gemeretak di dalam sendi disebut juga dengan Cepritus yang bisa saja terjadi pada beberapa persen orang. Hal ini disebabkan oleh kelainan anatomis di dalam sendi.

Biasanya, suara gemeretak di dalam sendi di akibatkan oleh jaringan ikat tambahan di dalam sendi yang disebut dengan Plika. Plika inilah yang menyebabkan suara gemeretak di dalam sendi. Jadi, saat seseorang sedang melakukan latihan bahu, maka gemeretak bukan berasal dari bahu Anda. Melainkan, pada persendian antara gelang bahu dengan tulang lengan atas.

Yang Perlu Anda Ketahui Tetang Sendi

Images B FIX
Seperti yang selama ini kita ketahui bersama, sendi merupakan sambungan atau pertemuan 2 buah atau lebih tulang. Terdapat dua jenis sendi yang paling utama pada tubuh manusia. Sendi tersebut adalah sendi mati, yakni sendi yang tidak dapat digerakkan. Misalnya, Anda dapat menemukan jenis sendi ini pada bagian antar tulang tengkorak.

Sedangkan jenis sendi utama yang selanjutnya adalah sendi gerak yang berperan penting ketika Anda melakukan latihan. Misalnya, Anda dapat menemukan jenis sendi ini pada lutut, lengan,ataupun sendi pada tulang punggung Anda. Seperti halnya ketika Anda melakukan squat, maka sendi yang bekerja adalah pada bagian lutut Anda. Dan begitu juga dengan latihan lainnya yang juga mempengaruhi sendi-sendi terkait lainnya.

Korelasi Antara Kesehatan Sendi dan Latihan

Images C
Memang, semua orang tahu bahwa dengan melakukan latihan bukan hanya akan membuat bentuk tubuh lebih proporsional, melainkan juga membuat semua organ di tubuh kita menjadi lebih sehat. Ya, itu bukan rahasia umum lagi. Namun, semua itu dapat diperoleh jika hanya seseorang tersebut melakukan latihan yang tepat dan pada porsinya. Bagaimana maksudnya?

Ya, latihan yang baik adalah latihan yang tidak terlalu memaksakan. Beberapa sumber mengatakan, latihan yang salah yang dilakukan dengan menggunakan beban yang berlebihan justru akan memicu terjadinya cedera otot yang berujung pada kerusakan sendi. Hal ini dikarenakan, ketika Anda melakukan latihan dengan beban berat, maka hal tersebut akan meningkatkan tekanan pada sendi. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka kerusakan sendi akan meningkat dan justru mempengaruhi latihan Anda.

Lalu, kembali lagi ke suara gemeretak ketika latihan. Apakah suara gemeretak tersebut indikator adanya suatu bahaya dan perlu dilakukan tindakan medis?

Masih dengan pernyataan dari Dr. RM Tjahja Nurrobi, mengatakan bahwa suara gemeretak yang disebabkan oleh jaringan ikat yang disebut Plika tersebut tidak memerlukan tindakan khusus. Namun, apabila sampai mengganggu bahkan timbul nyeri di dalam sendi, maka perlu dipikirkan untuk melakuka pemeriksaan yang lebih mendalam.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Tampaknya kata mutiara tersebutlah yang harus Anda terapkan jika tidak ingin sendi Anda berada dalam masalah besar. Latihan dengan intensitas tinggi yang dilakukan secara terus menerus tanpa teknik yang benar atau bahkan memulai aktivitas latihan tanpa dibarengi dengan pemanasan terlebih dahulu akan memiliki risiko kerusakan sendi yang lebih besar lagi.

Lalu, Solusi untuk Menghindari Terjadinya Cedera Pada Sendi?

Images D

• Latihan dengan Jadwal Rutin
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa teknik latihan yang salah dengan intensitas tinggi akan memicu terjadinya cedera sendi. Untuk menghindarinya, maka lakukan latihan dengan jadwal rutin bukan hanya untuk membentuk otot saja, melainkan juga untuk membantu kesehatan sendi.

• Hindari Beban yang Terlalu Berat
Tak kalah pentingnya, hindari penggunaan beban yang terlalu berat ketika latihan. Sebaliknya, gunakan beban dengan intensitas yang sedang. Beban yang terlalu berat justru akan meningkatkan risiko cedera yang berujung pada kerusakan sendi.

• Jika yang Bertubuh Tambun, Prioritaskan Kardio

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan berat badan berlebih, maka prioritaskan untuk melakukan olahraga kardio terlebih dahulu dengan intensitas yang sedang. Pilih jenis olahraga yang memberikan tekanan lebih kecil pada sendi. Misalnya olahraga ringan seperti jogging, berenang, atau treadmill.

• Konsumsi Nutrisi yang Tepat
Terdapat beberapa nutrisi yang tidak dapat kita temukan pada makanan dan hanya dapat diproduksi oleh tubuh kita. Salah satunya adalah Glucosamine dan Condroitin. Kedua senyawa alami tersebut merupakan senyawa alami yang terdapat pada jaringan bantalan antara sendi. Perlu Anda ketahui, kerusakan sendi biasanya terjadi karena penipisan bantalan sendi yang mengakibatkan pergesekan antara tulang dan menimbulkan rasa sakit. Untuk itulah mengapa diperlukan senyawa Glucosamine dan Condroitin.

Namun tenang, meskipun dua senyawa ini tidak dapat ditemukan dalam makanan, namun masih dapat kita konsumsi melalui suplementasi yang tepat. Glucosamine, Chondroitin & MSM dari Ultimate Nutrition bukan hanya mampu membantu Anda mengatasi masalah sendi, memperbaiki elastisitas tulang rawan, melainkan juga dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit pada sendi.

Jadi, mulai sekarang jika terdapat suara gemeratak pada sendi Anda ketika latihan, maka Anda tak perlu khawatir lagi. Kecuali, suara gemeratak tersebut dibarengi dengan rasa nyeri yang teramat sanagt. Maka hal itu perlu dilakukan penanganan yang serius. Semoga membantu. (gie)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes