Asian Games 2018

Ini Lho Cabor Asian Games 2018 yang Mungkin Masih Asing di Telinga Anda

Ajang olahraga tingkat Asia, Asian Games 2018, akan segera di gelar di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang, pada 18 Agustus – 2 September 2018 mendatang.

Seluruh atlet dari masing-masing negara sudah bersiap jauh-jauh hari untuk mendapatkan hasil yang terbaik di ajang olahraga tingkat Asia empat tahunan tersebut.

Pada Asian Games 2018 ini, sekitar 40 cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan. Seperti sepak bola, renang, bisbol, atletik, wushu, dan lain-lain.

Namun, di antara beberapa cabor yang dipertandingkan, mungkin diantara Anda masih ada yang bertanya-tanya tentang olahraga satu ini, yaitu Kabaddi.

Iya, mungkin Kabaddi masih asing di telinga orang Indonesia. Tapi di India, olahraga ini sangat populer dan bahkan sudah ada liga-nya serta bursa transfer pemain. Wow.

Kabaddi, Olahraga ‘Kampung’ yang Sudah Dimainkan di Asian Games Sejak 1990

asian games 2018

Meskipun masih sedikit asing bagi Anda, namun nyatanya olahraga ini sudah cukup lama di pertandingkan di ajang Asian Games. Tercatat, Kabaddi resmi menjadi salah satu cabor di Asian Games sejak 1990 pada saat digelar di Beijing, Tiongkok.

Kabaddi sendiri adalah olahraga yang berasal dari Tamil Nadu, wilayah di selatan India. Kata Kabaddi berasal dari bahasa Tamil ‘Kapaidi’ yang berarti memegang tangan. Dulunya Kabaddi adalah salah satu permainan tradisional India yang sangat populer, namun lambat laun permainan ini semakin mendunia hingga akhirnya menjadi salah satu cabor olahraga profesional.

Sudah tahu cara mainnya olahraga ini?

Sebenarnya Kabaddi hampir mirip dengan permainan yang ada di Indonesia, yaitu betengan atau gobak sodor.

Kabaddi dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim terdiri dari tujuh pemain dan tiga pemain cadangan. Kemudian masing-masing tim mengirimkan satu penyerang (raider) ke wilayah lawan secara bergiliran.

Tugas raider adalah menyentuh lawan sebanyak mungkin dan tanpa tertangkap. Bayangkan, tujuh orang melawan satu (raider). Cara menyentuh lawan ini juga bisa dilakukan menggunakan sentuhan tangan maupun kaki.

Saat raider berusaha menyerang, maka tim lawan pun demikian yaitu mencoba menjatuhkan raider serta mencegahnya agar tidak sampai melewati garis tengah (Mid Line).

Yang membuat olahraga ini kian menarik adalah sang raider harus menarik napas panjang sambil berteriak Kabaddi! ketika pertandingan akan dimulai.

Untuk kategori pria, lapangan permainan Kabaddi berukuran 10×13 meter, sementara untuk wanita 8×12 meter. Waktu bermain dibagi menjadi dua babak, masing-masing babak kurang lebih dua puluh menit dan waktu jeda diantara babak sebanyak lima menit.

Indonesia sendiri juga akan menerjunkan atlet Kabaddi terbaik mereka. Bahkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal di Asian Games 2018, Pengurus Besar Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (PB FOKSI), mengirimkan atletnya ke India untuk melakukan training camp.

Manfaat Dahsyat dari Kabaddi

Asian Games 2018

Bagi orang Indonesia, olahraga ini mungkin sedikit aneh. Tapi jika dimainkan, maka olahraga ini akan cukup asyik dilakukan.

Jika melihat dari Youtube atau media lain, Kabaddi tampaknya olahraga yang ‘biasa’ saja. Namun tahukah Anda bahwa olahraga ini membutuhkan strategi, kondisi fisik, dan mental yang prima juga.

Sama seperti olahraga lainnya, Kabaddi menuntut para pemain untuk memiliki fisik yang prima. Mulai dari kelincahan, gesit, dan kekuatan. Terlebih dengan salah satu aturannya yaitu menahan napas.

Teknik gulat juga hadir pada olahraga ini. Ketika raider asyik menyerang, maka tim lawan akan berusaha menangkapnya dengan cara bergulat serta menjatuhkannya ke tanah, dengan harapan sang raider segera melepas napasnya.

Maka dari itu tidak heran bila para pemain Kabaddi ini memiliki bentuk tubuh yang kekar dan berotot layaknya seorang pegulat.

Bukan hanya fisik, strategi yang tepat juga bisa menjadi senjata andalan kemenangan pada permainan ini. Untuk menemukan strategi yang tepat, maka butuh konsentrasi yang tinggi.

Inilah Jadwal Pertandingan Beberapa Cabor Asian Games 2018

Asian Games 2018

 

  • Anggar: 19-24 Agustus 2018 di JCC Cendrawasih
  • Angkat Besi: 20 – 26 Agustus 2018 di  Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran Hall A
  • Badminton: 19-28 Agustus 2018 di Istora Senayan, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)
  • Berlayar: 24 – 31 Agustus 2018 di Ancol Marina, Jakarta Utara
  • Bowling: 22-27 Agustus 2018 di JSC Bowling Centre, Palembang
  • Rowing/ Dayung: 19-24 Agustus 2018 di Danau Jakabaring Sport City (JSC), Palembang
  • Golf: 23-26 Agustus 2018 di Pondok Indah Golf Course, Jakarta
  • Hoki: 19 Agustus – 1 September 2018 di Lapangan Hoki GBK, Jakarta
  • Jetski: 23 – 26 Agustus 2018 di Pantai Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta
  • Kabaddi: 19 – 24 Agustus 2018 Theater Garuda Taman Mini Indonesia Indah(TMII), Jakarta
  • Pencak Silat: 23 – 29 Agustus 2018 di GOR Pencak Silat TMII, JAKARTA
  • Modern Pentathlon: 31 Agustus – 1 September 2018 di APM Equestrian Center, Tigaraksa, Tangerang, Banten
  • Panahan: 22 – 28 Agustus 2018 di Lapangan Panahan GBK, Jakarta
  • Panjat Tebing: 23 – 27 Agustus 2018 di JSC, Palembang
  • Skateboard: 28 – 29 Agustus 2018 di Skatepark, Jakabaring Sport City, Palembang
  • Rugby 7: 30 Agustus – 1 September 2018, Wibawa Mukti Stadium, Bekasi
  • Sepakbola
  1. Sepakbola Pria: 14 Agustus – 1 September 2018 di Patriot Stadium, Pakansari, dan Jalak Harupat
  2. Sepakbola Wanita: 16 – 30 Agustus 2018 di JSC Gelora & Bumi Sriwijaya
  • Sepak Takraw: 19 Agustus – 1 September 2018 di JSC Ranau Stadium, Palembang
  • Tenis Meja: 26 Agustus – 1 September 2018 di JIExpo Kemayoran Hall B1-3, JAKARTA
  • Triathlon: 31 Agustus – 2 September 2018, Danau Jakabaring Sport Centre, Palembang

*Note: Beberapa cabor masih belum diketahui jadwal pertandingannya.

Jika Anda bosan dengan olahraga yang itu-itu saja, mungkin Kabaddi bisa dijadikan sebagai alternatif. Karena selain manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan tubuh, siapa tahu Anda nanti bisa menjadi atlet Kabaddi kebanggan Tanah Air.

loading…


Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes