mengatasi capek di perjalanan

Capek di Perjalanan? Menepilah dan Jajal 5 Pose Yoga Ini

Melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat terbang, kereta api, atau mobil memiliki risiko terhadap kesehatan seseorang.
mengatasi capek di perjalanan
“Salah satu risiko kesehatan yang perlu dipertimbangkan adalah, Anda duduk terlalu lama saat melakukan perjalanan,” ujar Dr. Clayton Cowl, pakar bidang pengobatan transportasi di Mayo Clinic.

Cowl menambahkan, risiko kesehatan akibat perjalanan jauh di antaranya adalah penggumpalan darah di kaki akibat duduk terlalu lama, dehidrasi karena kekurangan asupan cairan atau terlalu banyak mengonsumsi alkohol serta tidak cukup berjalan kaki saat terjadi penundaan pemberangkatan pesawat di bandara atau stasiun kereta api. Semua kondisi itu bisa berdampak serius. “Mengemudi selama berjam-jam untuk mencapai tujuan setelah seharian bekerja dapat menyebabkan kelelahan dan gangguan mata,” ujar Cowl.

Karena itu ia menyarankan, saat bepergian dengan mobil usahakan untuk berhenti setiap beberapa jam, keluar mobil dan lakukan peregangan kaki demi menghindari terjadinya penggumpalan darah. Biarkan anak-anak Anda bermain di luar dan berlarian di tempat yang aman sehingga membantu mereka untuk membakar energi dan membuat mereka merasa lebih rileks saat kembali ke dalam mobil.

Ada beberapa latihan ringan yang bisa Anda lakukan selama jeda istirahat perjalanan. Latihan ini merupakan gerakan dasar yoga yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan kembali aliran darah dan membuat tubuh Anda kembali segar.

Seperti apa latihannya, berikut di antaranya:

Cat Pose

cat-pose
Pose ini dapat dilakukan untuk membantu meregangkan otot punggung (tulang belakang) setelah duduk berjam-jam. Cat pose dilakukan dengan cara meletakkan tangan dan lutut di lantai. Posisi punggung dilengkungkan ke atas, posisi perut masuk ke dalam.

Child Pose

child-pose
Pose ini dilakukan untuk menghilangkan ketegangan tubuh dan menyegarkan kembali koneksi antara tubuh, napas, dan pikiran Anda. Peregangan tidak hanya pada lengan, tetapi juga pada punggung, pinggang, dan leher.

Butterfly Pose

butterfly-pose
Posisi ini dilakukan dengan ditekuk ke dalam dan disatukan dengan kedua tangan. Tubuh sedikit membungkuk hingga terasa otot paha dan pinggul meregang. Anda juga bisa menambahkan gerakan naik turun pada kedua paha, agar otot paha bagian dalma dan luar turut bekerja.

Cobra Pose

cobra-pose
Pernahkah Anda melihat ular kobra bersiap menyerang mangsanya? Nah, pose yoga ini diadopsi dari gerakan ular kobra tersebut. Pose Bhujangasana atau yang sering disebut dengan Cobra Pose ini bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan tulang belakang sekaligus mengencangkan otot perut. Para fisioterapis kerap menggunakan metode ini untuk membantu pasien meredakan nyeri punggung.

Pose Dhanurasana

Pose-Dhanurasana
Adalah pose yang paling menantang. Bagi pemula gerakan ini mungkin sedikit sulit dilakukan. Gerakan Dhanurasana sering pula disebut sebagai Bow Pose karena bentuk latihan ini menyerupai busur. Selain meningkatkan kekuatan otot perut, Dhanurasana juga berfungsi memobilisasi tulang belakang, memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot punggung.

Jika masih ada waktu dan Anda tidak sedang terburu-buru, sempatkan untuk tidur sejenak-terutama bagi Anda yang mengemudikan kendaraan sendiri-untuk menghindari risiko yang mengancam keselamatan jiwa di perjalanan.

Semoga selamat sampai tujuan dan selamat berlibur. (dan)

BACA JUGA : INGIN MUDIK BERSAMA KELUARGA TETAP SEHAT? COBA CARA INI

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes