pemanasan efektif

Agar Pemanasan Lebih Menyenangkan dan Efektif

Fokus dalam setiap latihan memang harus. Hal itu untuk melatih konsentrasi ketika melakukan gerakan-gerakan dalam latihan. Namun begitu, jangan sampai fokus tersebut justru nantinya melupakan kaedah yang wajib dilakukan ketika latihan. Seperti halnya Anda lupa ketika melakukan pemanasan. Hal tersebut akan membuat Anda merugi.

PEMANASAN

Warming up atau pemanasan dilakukan sebagai persiapan sebelum latihan berat ataupun menginjak latihan yang membutuhkan tenaga ekstra Anda. Pemanasan akan sangat diperlukan saat usia Anda semakin bertambah. Terlebih, ketika Anda sedang memiliki penyakit orthopedic atau cedera.

Pemanasan biasanya ditandai dengan kondisi tubuh sedikit berkeringat. Hal ini dikarenakan, usai pemanasan suhu tubuh meningkat. Sehingga, membuat metabolisme tubuh Anda juga bekerja lebih cepat. Saat suhu tubuh meningkat, jaringan tubuh akan semakin elastis. Inilah yang membuat Anda terhindar dari cedera.

Itulah pentingnya pemanasan bagi tubuh Anda. Sebagai rekomendasi, berikut ini adalah beberapa cara efektif yang bisa Anda terapkan ketika melakukan pemanasan.

1.) Tetap Dinamis

Beberapa ahli kebugaran mengungkapkan, ada baiknya pemanasan dimulai dengan gerakan dinamis. Ini termasuk latihan seperti lunge, lateral squat, hand walk, atau arm circles. Setelah melakukan pemanasan tersebut, lanjutkan dengan linear skips dengan 3 set, 15 reps. Dengan pemanasan dan repetisi tersebut, dapat menambah kinerja tubuh agar selalu prima.

2.) Melompatlah

Ahli penulis fitness Jenifer Nicole Lee mengatakan, 5 menit berturut-turut melakukan lompat tali mulai dari tempo ringan hingga cepat akan membuat Anda cepat mendapatkan keringat.

Dengan cara ini pula suhu tubuh Anda akan naik dengan cepat. Bukan hanya itu, lompat tali juga akan membuat diri Anda menjadi mesin pembakar lemak yang ampuh, dan menjaga kesehatan jantung dan tubuh Anda.

Jika Anda tidak dapat melakukan 5 menit pertama dengan lancar, mulailah dengan apa yang Anda bisa. Kemudian, terus lanjutkan hingga tubuh Anda berkeringat.

3.) Lebih Asyik dengan Musik

Jika Anda hobi mendengarkan musik, maka tidak ada salahnya mendengarkan musik sambil melakukan pemanasan. Anda juga bisa melakukan dance dengan mengikuti gerakan musik hip-hop atau musik favorit Anda. Dengan menggerakkan seluruh tubuh, akan membuat suhu tubuh Anda menjadi cepat. Metabolisme tubuh pun juga akan bekerja cepat.

4.) Latihan Keseimbangan Perlu Anda Coba

Mencoba melakukan pemanasan satu set latihan keseimbangan akan membuat varian baru dalam pemanasan Anda. Misalnya, Anda bisa melakukan dengan mengangkat satu kaki dengan cara deadlifts dengan halter di sisi seberang, dan Anda berdiri dengan satu kaki atau membungkuk di atas baris sambil berdiri di sisi partner Anda. Cobalah satu set pemanasan yang menggunakan otot-otot, sehingga itu akan menyetabilkan Anda ketika latihan.

5.) Jangan Berlebihan, Pemanasan Beda dengan Latihan Inti

Ingat, pemanasan tidak dimaksudkan untuk menjadi bagian dari latihan inti Anda. Memang, dalam melakukannya Anda akan memperoleh sedikit keringat, tapi jangan melakukan pemanasan yang terlalu memaksa dan ‘ngoyo’ . Hal itu justru membuat tubuh Anda membangun asam laktat yang berlebih. Alhasil, tubuh Anda akan cepat lelah. Lakukan pemanasan yang menghemat energi Anda. Untuk itu, lakukan pemanasan dengan cepat dan to the point.

6.) Gunakan Gerakan Berayun

Menggunakan cara berayun adalah cara yang efektif untuk melonggarkan otot dan sendi, sehingga mereka dapat digunakan untuk latihan dalam menangani angkat beban berat. Otot dan sendi seperti karet gelang. Mereka akan menjadi kaku jika dingin, dan menjadi elastis ketika hangat, sungguh sangat responsif dan fleksibel.

Sebagai rekomendasi Anda bisa melakukan gerakan Arm Circles, Front to Beck Leg Swings, Cross Body Leg Swings, dan masih banyak lainnya. Lakukan set dan repetisi jangan terlalu banyak. Ingat, intinya pemanasan hanya untuk membuat otot menjadi elastis, agar nantinya Anda bisa melakukan latihan inti secara maksimal.

BACA JUGA: Stres Metabolik Bikin Otot Terlihat Makin Nge-Pump

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes