motivasi fitnes

Cara Asyik Meningkatkan Kekuatan Otot dengan TRX

Fitnes mania, apakah Anda sudah akrab dengan dumbbell, barbell, mesin fitnes, atau kettlebell saat latihan beban? Sudah pernah mencoba latihan dengan menggunakan TRX?

latihan trx

Jika ingin tubuh Anda kelihatan lebih berotot dan kuat, maka hal utama yang harus dilakukan adalah dengan berlatih beban. Banyak alat latihan yang dapat Anda gunakan untuk berlatih di pusat kebugaran (gym) sesuai dengan goal fitnes Anda. Seperti menggunakan dumbbell, barbell, atau kettlebell.

Tentu, rutinitas tersebut akan Anda lakukan dengan penuh semangat. Namun ada kalanya mungkin Anda merasakan kebosanan dengan latihan rutin Anda. Apabila tidak segera diatasi, tentu rasa bosan tersebut akan dapat mengganggu program fitnes Anda.

Nah, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan variasi latihan. Salah satunya adalah latihan dengan menggunakan TRX. Apa itu TRX?

Ternyata, TRX Ditemukan oleh Tentara Amerika Serikat

latihan trx

Ya, TRX merupakan kependekan dari Total Body Resistance Exercise dan alatnya berbentuk seperti tali yang terbuat dari nilon. Metode latihan ini sendiri adalah menggunakan berat badan Anda sebagai beban. Latihan TRX sendiri cukup unik karena secara umum menggunakan tangan atau kaki sebagai jangkar, sementara tubuh tidak mengenai lantai.

>> Video: Yuk, Latihan TRX di Rumah! <<

Awal kemunculan jenis latihan ini adalah ketika salah seorang Angkatan Laut Amerika Serikat (Navy SEAL), Randy Hetrick. Ide latihan ini bermula ketika Randy berada di dalam kapal selam dan kesulitan untuk melakukan latihan. Selain ruangan yang sempit, Randy juga kesulitan menemukan alat latihan.

Karena keterbatasan itulah, TRX akhirnya muncul. Lantaran ingin menjaga kebugaran tubuhnya, Randy akhirnya menggunakan beberapa perlengkapan dari parasut serta sabuk karate sebagai alat untuk latihan. Penggunaan TRX saat ini sangat mudah, bahkan ketika Anda menemukan batang pohon atau tiang listrik.

Latih Kekuatan Otot dan Keseimbangan Tubuh

Latihan TRX sendiri hampir sama dengan bodyweight training, yaitu gerakan yang menggunakan tubuh sebagai bebannya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, karena tubuh tidak menyentuh lantai maka gerakan latihan TRX memberikan ketidakstabilan. Dan di sini, TRX dapat melatih kekuatan, daya tahan, pencegahan cedera, fleksibilitas, dan keseimbangan.

Namun agar mendapatkan hasil yang maksimal ketika masih pertama kali menggunakan alat ini, maka sebaiknya didampingi dengan trainer atau rekan fitnes Anda yang lebih advanced untuk menghindari risiko cedera. [Baca Juga: Melatih Kekuatan Seluruh Tubuh dengan TRX]

Contoh Latihan TRX untuk Upper Body

Banyak sekali gerakan yang dapat dilakukan dengan menggunakan TRX sesuai denga goal fitnes Anda. Dan berikut ini beberapa jenis gerakan dengan menggunakan TRX yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan kekuatan otot tubuh Anda bagian atas (upper body).

#TRX PUSH UP | menargetkan otot dada, bahu, dan lengan

latihan trx

#TRX CHEST PRESS | menargetkan otot dada dan lengan

latihan trx

#TRX LOW ROW | menargetkan otot punggung, perut, bahu, dan bicep

latihan trx

#TRX ALLIGATOR | menargetkan otot bahu, punggung, dan oblique

latihan trx

#TRX STANDING FALLOUT | menargetkan otot dada, perut, dan bahu

latihan trx

Gerakan di atas adalah beberapa contoh dari gerakan latihan menggunakan TRX untuk melatih otot tubuh bagian atas. Anda dapat melakukan gerakan lainnya sesuai dengan keinginan dan goal fitnes Anda. Sebaiknya lakukan pemanasan setiap kali akan memulai latihan agar terhindar dari risiko cedera.

Dengan melakukan latihan rutin dan mengatur pola makan yang sehat, tentunya keinginan Anda untuk memiliki tubuh yang kuat dan berotot akan dapat segera terwujud. Jangan lupa, imbangi juga dengan suplementasi yang tepat dan istirahat yang cukup agar hasil fitnes Anda semakin optimal. Selamat berlatih. (ctr)

BACA JUGA: Tingkatkan Pertumbuhan Otot dengan Kontraksi Eksentrik

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes