Cara Mencegah Sakit Selama Penerbangan yang Lama

Melakukan penerbangan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan nyeri atau sakit di bagian leher belakang, kaki, dan beberapa bagian tubuh lainnya. Nyeri ini biasanya disebabkan karena duduk dalam posisi tegak. Nyeri ini berbeda dengan nyeri yang diakibatkan oleh nyeri otot pasca latihan, karena melakukan penerbangan adalah nyeri karena tidak melakukan aktivitas apapun untuk beberapa jam terakhir. Albert Matheny, seorang ahli fisiologi olahraga di New York City merumuskan tentang beberapa peregangan dan gerakan rutin yang akan membuat Anda merasa lebih fit saat melakukan perjalanan selama berjam-jam.

Headline Plane

Ketika Anda diparkir di kursi pesawat, fleksor pinggul dan paha belakang akan memendek bersama dengan otot di bagian punggung bawah dan sebagian besar otot yang terhubung ke pinggul, seperti paha dan glutes. Dan ketika otot-otot Anda diperpendek untuk jangka waktu yang panjang, hal itu dapat membuat otot-otot menjadi ketat saat Anda berdiri. Saat kaki Anda bisa membungkuk selama berjam-jam di pesawat terbang, sulit bagi darah untuk beredar dengan lancar sehingga dapat menyebabkan rasa sakit.

Untuk menjaga kesehatan tubuh saat turun dari pesawat terbang. Matheny merekomendasikan serangkaian peregangan sebelum penerbangan. Berikut peregangan yang bisa Anda lakukan:

Inchworm

inchworm

– Berdiri tegak dengan kaki lurus, kemudian membungkuk dan menyentuh lantai

– Jaga kaki Anda lurus, gerakkan tangan Anda ke depan tapi tetap menyentuh lantai. Gerakkan kaki Anda juga berlawanan arah dengan tangan Anda. Gerakan ini merupakan satu repetisi. Lakukan selama 10 kali

Kneeling Hip Flexor Stretch

hip-flexor

– Berlututlah dengan lutut kiri, dengan kaki kanan Anda di lantai dan lutut kanan ditekuk 90 derajat. Perpanjang tangan kanan Anda setinggi yang Anda bisa.

– Tekuk tubuh Anda ke kanan. Tahan selama 20 sampai 30 detik, kemudian ulangi di sisi lain.

Single Pigeon

single-pigeon_0

– Letakkan kaki kiri ke depan dan tekuk kaki kiri Anda maju ke arah kanan.

– Jaga kaki belakang sebelah kanan agar tetap lurus saat Anda menurunkan panggul ke lantai.

– Gulung bagian luar kaki kiri Anda ke bawah dengan mendorong ke tepi luar kaki Anda.

-Jaga kaki depan tertekuk. Tahan selama 20 sampai 30 detik, kemudian ulangi di sisi lain.

Walking Heel to Butt

walking-heel-butt

– Berdiri tegak dengan lengan di sisi tubuh. Langkahkan kaki kiri, lalu angkat kaki kanan Anda ke arah bokong Anda, genggam dengan tangan kanan Anda.

-Tarik pergelangan kaki Anda dekat ke arah pantat yang Anda bisa. Tahan selama 20 sampai 30 detik. Lepaskan pergelangan kaki Anda dan mengambil tiga langkah ke depan. Ulangi pada kaki yang lain.

Melakukan gerakan-gerakan di atas saat masih di rumah sebelum berangkat ke bandara dapat membantu mengurangi sakit Anda saat penerbangan dan setelah pesawat landing. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Awas, Jet Lag Sosial Bisa Picu Penyakit Akibat Obesitas

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes