Cegah Pikun dengan Latihan Beban

Anda pasti pernah lupa akan sesuatu, lupa menaruh kunci mobil, mengunci pintu, atau bahkan lupa meeting dengan atasan. Sebagian orang mungkin menganggap hal ini sepele, namun pada kenyataannya ini dapat menurunkan kualitas hidup Anda.


Menurunnya daya ingat seiring dengan bertambahnya usia adalah wajar, karena semakin banyak informasi yang diterima otak, semakin banyak pula waktu yang diperlukan otak untuk mengingatnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan kembali daya ingat Anda. Caranya adalah dengan latihan beban!

Latihan beban berperan dalam mengendalikan tekanan darah dan kolesterol, sekaligus berperan penting dalam melancarkan peredaran darah yang mengirimkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh (termasuk ke otak).

Menurut penelitian yang dilakukan University of Virginia, dari hasil pengamatan yang dilakukan terhadap responden selama 6 bulan, terjadi peningkatan homocysteine secara signifikan pada responden yang rajin melakukan latihan beban.

Homocysteine adalah protein yang membuat daya ingat tetap tajam. Protein inilah yang dapat membuat seseorang terhindar dari kepikunan dan bahkan penyakit Alzheimer. Tak hanya itu, para peneliti dari Brasil juga menemukan bahwa latihan beban dapat meningkatkan kemampuan verbal dan analisa kita.

Latihan beban yang diimbangi dengan diet sehat tak hanya membantu meningkatkan kemampuan daya ingat otak, melainkan juga membantu perkembangan otot, menjaga berat badan dan membakar lemak tubuh.

Latihan beban merupakan tantangan yang baik bagi tubuh dan pikiran. Anda akan menemukan berbagai gerakan dan teknik baru saat latihan beban, sehingga membuat otak dan tubuh Anda senantiasa aktif beradaptasi sehingga menjadikannya lebih sehat.

Nah, tunggu apa lagi? segera susun program latihan Anda sekarang dan dapatkan manfaat sehat latihan beban bagi tubuh dan otak Anda. (dan)

BACA JUGA : Pentingnya Buah bagi Perkembangan Otot Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes