binaraga

David Prescott, Lewati Kanker Ganas Dengan Binaraga

David Prescott (50), mengaku binaraga-lah yang membuatnya kuat untuk keluar dan melawan kanker ganas serta serangan jantung yang dideritanya.

binaraga

Empat tahun lalu, pria yang berasal dari Standish, Lancashire ini didiagnosa menderita kanker hati. Ketika itu, Prescott juga didiagnosa memiliki tumor di hati dan ususnya. Meski didiagnosa menderita penyakit kronis, Prescott tidak merasa putus asa. Ia justru membangun kembali kekuatan dan kesehatannya dengan mengangkat beban.

Ketika masih muda, Prescott merupakan atlet binaraga dan ia merasa yang paling kuat saat itu. Prescott mengaku sudah mengalami berbagai gejala kesehatan ketika masih muda. Namun, ia merasa masih sehat-sehat saja waktu itu.

binaraga

Awal Diagnosa

Pada 2010, hidupnya seolah-olah terbalik setelah didiagnosa menderita kanker hati. “Diagnosis itu membuat saya terpana awalnya, seperti mesin giling yang siap menghancurkan saya,” cerita Prescott kepada DailyMail.co.uk.

binaraga

“Trish, istri saya, dan saya duduk di ruang samping dan memberikan hasil pemeriksaan. 30 menit berikutnya saya tertawa, menangis, lalu merasa seperti telah mati,” kata Prescott ketika menceritakan hasil pemeriksaan dokter pada istrinya.

Prescott akhirnya menjalani operasi selama 10 jam untuk mengambil setengah dari hatinya. Ia meninggalkan rumah sakit dengan 57 jahitan di perut serta kehilangan berat badan sekitar 12 kilogram.

“Semua hasil yang saya latih dengan keras telah diambil. Itu membuat saya babak belur secara mental dan emosional.”

Ngotot Pergi ke Gym

binaraga

Pada awal pasca operasi, Prescott merasa jenuh dengan hanya melakukan pemulihan di rumah. Ia lantas membujuk sang istri untuk membawanya ke gym. Ketika diminta seperti itu, sang istri diam saja karena ia tahu meski tidak diizinkan Prescott bakal keukeuh pergi ke gym.

Sesampai di gym, Prescott merasa tertantang dengan keadaannya yang sekarang. Ketika mulai mengangkat beban, tangannya gemetar akhirnya jatuh.

“Tidak ada yang tahu tubuh saya selain saya sendiri. Itulah pengetahuan dari binaraga yang saya dapat. Saya hanya ingin hidup saya kembali,” ucap Prescott.

Meski awalnya gemetar, latihan angkat beban secara perlahan ia lakoni hari demi hari. Hasilnya, ia merasa jauh lebih sehat, bugar, dan kuat.

Namun setahun kemudian, deritanya bertambah setelah ia mengalami serangan jantung dan terpaksa dipasang stent. Bahkan, Prescott disarankan dokter untuk mengurangi aktivitas olahraga, termasuk fitnes.

“Ini cukup mempengaruhi mental saya. Bagi saya, itu terdengar seperti hidup saya telah selesai,” ujarnya. Prescott akhirnya tetap ngotot untuk pergi ke gym. Hasilnya, ia sekarang merasa jauh lebih sehat dan tidak takut untuk melakukan olahraga.

“Bagi saya, binaraga telah memberi saya kekuatan, kedisiplinan, tekad, dan karakter yang kuat untuk lepas dari empat tahun masa kelam serta ingin menjadi sehat dan bugar lagi,” tegas Prescott.

Jadi Inspirasi

binaraga

Prescott juga telah menginspirasi sang anak, David Jr untuk mengikuti jejaknya. Insinyur muda itu tengah bersaing mendapatkan sabuk ungu Jiu Jitsu di Brasil. Sang anak juga telah telah memenangkan British Open dua kali.

“Banyak yang mengatakan jika cerita mereka bisa menginspirasi orang mereka akan senang. Saya tidak bisa memikirkan siapa yang lebih baik untuk menginspirasi selain anak saya sendiri,” kata Prescott.

Seperti cerita Prescott di atas, olahraga adalah cara yang paling mudah dan tepat untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan bugar. (ctr)

BACA JUGA: ‘Pahlawan’ Binaraga yang Harumkan Indonesia di Mata Dunia

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes