Deadlift. Latihan Klasik Untuk Dapatkan Tubuh Ideal

Deadlift merupakan latihan beban yang dikembangkan dari gerakan dasar squat. Latihan ini termasuk dalam salah satu latihan beban paling klasik yang memiliki segudang manfaat untuk membangun kekuatan tubuh Anda.


Latihan deadlift merupakan komponen penting dalam pembentukan tubuh, namun sering hilang terpisahkan dari program latihan beban. Latihan ini sangat baik dalam melatih seluruh anggota tubuh, bahkan sebagian menganggapnya lebih baik dari squat karena semua bagian tubuh turut bekerja dalam latihan ini.

Keuntungan Berlatih Deadlift

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda berlatih deadlift dengan benar, di antaranya,

  • Meningkatkan Stabilitas Tubuh

    Deadlift berguna untuk meningkatkan stabilitas tubuh. Latihan ini memungkinkan otot-otot tertentu yang disebut sebagai “penstabil otot” (stabilizer muscles) turut bekerja dan terlatih dengan baik. Otot-otot ini berperan dalam menjaga tingkat kekuatan dan kestabilan tubuh saat beraktivitas. Jika tidak terlatih dengan baik, maka seseorang akan lebih rentan terhadap cedera dan memiliki postur tubuh yang kurang simetris.

  • Membantu Memperbaiki Postur Tubuh

    Jika dilakukan dengan benar deadlift juga berguna memperkuat tulang belakang dan dapat membantu memperbaiki postur tubuh. Orang dengan tulang belakang melengkung bisa mendapatkan keuntungan dari deadlift karena akan membantu memperbaiki bentuk tulang punggungnya. Selain itu, latihan ini juga efektif untuk meningkatkan keseimbangan dan kordinasi antara tubuh bagian atas dan bawah Anda, sehingga akan membantu tubuh Anda lebih aktif dalam beraktivitas.

  • Membantu Meningkatkan Testosteron
    Seperti halnya latihan beban yang lain, latihan deadlift juga berperan dalam meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Saat berlatih beban, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan dan testosteron. Dengan meningkatnya kadar testosteron dalam tubuh, berarti meningkat pula massa otot dan daya tahan tubuh Anda selama latihan.

Panduan Berlatih Deadlift
Awali dari posisi berdiri dengan lebar kaki selebar bahu. Raih barbell di bawah Anda dengan posisi telapak tangan menghadap ke arah tubuh Anda. Kaki Anda harus tertekuk seperti posisi squat, dan jaga tulang punggung tetap lurus. Tarik atau angkat barbell dengan menggunakan kontraksi otot bahu, pinggul, perut dan punggung secara bersamaan. Jangan hanya menggunakan kekuatan otot lengan saat mengangkat barbell. Namun, kordinasikan dengan baik seluruh anggota tubuh saat melakukan angkatan.

Saat posisi berdiri, usahakan tulang punggung dan bahu Anda tidak condong ke depan, melainkan tetap tegak lurus dengan dada membusung. Tahan beberapa detik, kemudian turunkan barbell ke posisi semula secara perlahan.

Selain menggunakan barbell, Anda juga bisa memvariasikan latihan ini dengan menggunakan dumbbell. Jika Anda baru dalam latihan ini, mintalah bantuan teman atau personal trainer yang berpengalaman untuk membimbing Anda.

Selamat mencoba!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes