waktu olahraga

Dilarang Olahraga Pada Kondisi Seperti Ini

Ada saat-saat tertentu ketika Anda tidak harus berolahraga sama sekali. Nah, pada kondisi berikut ini Anda dianjurkan harus berhenti olahraga atau latihan untuk sementara waktu.

waktu olahraga

Ada waktu yang tepat untuk berolahraga agar tubuh dan mental Anda sehat secara keseluruhan. Bukan hanya itu, olahraga yang tepat juga sangat membantu bagi mereka yang menjalankan program penurunan berat badan.

Namun, ada kondisi tertentu yang dianjurkan untuk berhenti melakukan olahraga atau latihan sementara waktu. Jika memaksakan, dikhawatirkan latihan yang Anda lakoni tidak maksimal atau bahkan berujung dengan cedera atau sakit.

Berikut ini beberapa kondisi yang dianjurkan bagi Anda untuk berhenti berolahraga atau latihan sementara waktu.

Ketika Sakit

Jika Anda sedang flu atau pilek, tahan diri untuk tidak berolahraga karena Anda kurang sehat secara fisik. Sistem kekebalan tubuh Anda lebih lemah saat pilek dan latihan hanya akan membuat lebih tegang.

Berolahraga dalam keadaan sakit juga dapat menyebabkan cedera. Selan itu energi dan konsentrasi Anda tidak pada kondisi 100 persen. Lebih buruk lagi, seseorang dapat pingsan ketika berolahraga karena kehabisan energi.

Namun, penelitian dari Ball State University mengatakan bahwa bahan kimia alami dalam tubuh yang meningkatkan suasana hati akan dilepaskan oleh tubuh selama berolahraga sehingga dapat membantu mengobati gejala flu. Tapi hindari berolahraga terlalu lama.

Stres dan Kelelahan

Ketika tubuh terasa stres dan lelah, maka itu adalah tanda bahwa Anda harus beristirahat. Jangan sampai memaksakan pergi ke gym untuk latihan.

Pengaruh Alkohol

Masih terasa pusing akibat pengaruh alokohol? Jangan paksa berolahraga pada pagi harinya. Alkohol membuat dehidrasi, untuk itu minum air putih dapat mengurangi pengaruhnya.

Jika masih belum merasa fit, segeralah sarapan dengan makanan yang sehat untuk mengisi ulang energi tubuh Anda.

Cedera

Jika tengah mengalami cedera, istirahatkan tubuh hingga cedera Anda benar-benar sembuh dan tubuh bugar. Jika memaksakan latihan itu sama saja dengan menyiksa tubuh Anda lebih parah.

Memang, latihan olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Namun ada kalanya tubuh Anda meminta untuk beristirahat. Ketika datang kondisi tersebut, jangan terlalu memaksakan untuk berolahraga. (ctr)

BACA JUGA: Kesalahan yang Tidak Anda Sadari Saat Berolahraga

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes