latihan fisik

Enam Kesalahan Yang Sering Dilakukan Setelah Latihan

Melakukan latihan fisik secara teratur adalah langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan anda. Tetapi jika Anda melakukan kesalahan tertentu, maka usaha Anda akan sia-sia. Apa sajakah kesalahan yang sering dilakukan usai berlatih?

latihan fisik

Tubuh Anda perlu untuk pulih dari setiap sesi latihan dan bersiap-siap untuk tantangan yang lebih besar pada latihan berikutnya. Karena jika tubuh Anda tidak dalam kondisi fit, maka latihan juga tidak akan dapat Anda lakukan secara maksimal.

Begitu juga dengan aktivitas yang kita lakukan pasca latihan. Tak jarang, aktivitas kita usai berlatih tidak disadari bahwa hal itu dapat merugikan. Nah, berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan pasca latihan.

1. Lupa Pendinginan

latihan fisik

Begitu latihan berat selesai, sangat penting untuk mendinginkan tubuh Anda. Yaitu proses membiarkan tekanan darah dan detak jantung kembali ke tingkat normal sehingga risiko cedera akan berkurang. Anda dapat melakukan gerakan-gerakan ringan setelah latihan untuk membawa tubuh Anda normal kembali.

2. Tidak Segera Ganti Baju

latihan fisik

Anda harus cepat menanggalkan pakaian Anda yang penuh keringat. Pakaian berkeringat adalah tempat berkembang biak bakteri dan jamur. Mengenakan kaos yang berkeringat cukup lama dapat meningkatkan kemungkinan infeksi pada kulit.
Ini adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan usai latihan. Pastikan bahwa Anda mencopot pakaian olahraga dan mencucinya sesegera mungkin.

3. Mandi

latihan fisik

Mandi sama pentingnya dengan mencopot dan mencuci pakaian berkeringat. Jika Anda tidak mandi, Anda tidak bisa menyingkirkan tetesan keringat pada tubuh. Jika Anda membiarkan keringat terlalu lama melekat pada tubuh, maka bakteri akan segera datang.

Jika mandi dengan bersih dan baik setelah latihan, Anda akan merasa segar. Mandi juga dapat menyehatkan kulit Anda.

4. Minum Alkohol

latihan fisik

Salah satu kesalahan besar setelah latihan adalah minum alkohol. Tubuh Anda akan gagal untuk pulih tepat waktu jika Anda minum alkohol setelah latihan. Juga, tubuh Anda akan mengalami dehidrasi jika Anda minum alkohol setelah latihan berat.

Jadi, jangan pernah minum alkohol setelah latihan Anda. Tunggu hingga tubuh Anda rileks.

5. Minum Air

latihan fisik

Ini adalah salah satu kesalahan pasca latihan. Hal ini sangat penting untuk menghidrasi tubuh Anda dengan baik setelah latihan. Begitu latihan selesai, pertama mengikuti proses pendinginan dan istirahat. Setelah tubuh Anda akan kembali normal, segeralah minum air dan rileks lagi.

6. Tidur

latihan fisik

Melewatkan tidur adalah salah satu kesalahan pasca latihan terburuk. Tidak cukup tidur pada hari setelah latihan akan menjadi kontra produktif pada pemulihan Anda. Kita semua tahu bahwa tubuh menyembuhkan dirinya sendiri dan memperbaiki jaringan otot yang robek saat tidur.

Jika Anda tidak mempersilahkan untuk tidur dengan baik, maka tubuh Anda juga tidak akan segera pulih. Semoga bermanfaat (ctr)

BACA JUGA: Latihan Terbaik untuk Perkecil Ukuran Paha & Pantat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes