Etika di Gym, Membentuk Otot Juga Perlu Sopan Santun

Apakah Anda orang yang tertib saat berlatih di gym? Apakah Anda pernah ditegur seseorang saat sedang berlatih di gym? Mungkin ada beberapa hal yang tidak Anda pahami. Setiap gym memiliki aturan dan etika tertentu yang harus dipatuhi setiap orang yang berlatih di sana.

etika di gym yang perlu diperhatikan

Beberapa gym biasanya memasang pemberitahuan aturan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Anda tentu pernah menemukan orang yang sangat mengganggu ketika sedang berlatih di gym. Terkadang mereka tidak sadar dengan apa yang mereka lakukan, bisa jadi Anda pun seperti itu.

Nah, berikut ini adalah beberapa etika saat berlatih di gym yang perlu Anda ketahui dan terapkan, antara lain:

Tertib & Rapi

Setelah menggunakan peralatan, simpan kembali beban tersebut di tempat yang seharusnya agar orang lain tidak kesulitan mencari beban tersebut ketika akan menggunakannya.

Jangan Berteriak

Beberapa orang berteriak keras saat mengangkat beban agar terlihat lebih hebat. Tetapi mereka tidak menyadari bahwa orang lain mungkin akan terganggu.

Jangan Menggurui

Jangan memberi tahu orang lain apa yang harus mereka lakukan bahkan jika postur dan gerakan mengangkatnya salah, kecuali mereka meminta Anda untuk memberikan nasihat.

Jaga kebersihan

Pastikan diri Anda rapi dan bersih setiap saat. Selalu gunakan pakaian yang baru saat berlatih, dan simpan perlengkapan Anda ditempat yang baik. monster beats amazon australia

Jangan terlalu banyak mengobrol

Beberapa orang pergi ke gym karena hanya ingin bersosialisasi. Tetapi kebanyakan orang datang ke gym untuk membentuk tubuh dan mendapatkan kebugaran, bukan untuk mengobrol.

Gunakan handuk bersih

Selalu gunakan handuk bersih dan baru setiap kali latihan untuk mengelap keringat Anda agar tidak bercucuran dan menetes di mana-mana. Bersihkan keringat Anda pada peralatan setelah menggunakannya.

Jangan membuat kebisingan

Anda pasti pernah merasa terganggu oleh suara berdentang keras dari beban yang terjatuh dengan kasar. Simpan beban dan gunakan mesin dengan lembut dan berhati-hati. Karena perlakuan yang kasar akan membuat peralatan rusak sekaligus mengganggu orang lain. Gunakan bobot yang sesuai dengan kemampuan angkat Anda.

Jangan mengumpat

Beberapa orang terkadang mengumpat saat tidak mampu mengangkat beban atau frustrasi saat berlatih. Anda mungkin tidak terganggu, tetapi mungkin orang yang mendengar umpatan Anda dapat tersinggung secara tidak langsung.

Modifikasi mesin

Jangan pernah mencoba memodifikasi mesin, selalu gunakan mesin apa adanya. Modifikasi mesin menyebabkan risiko cedera menjadi sangat tinggi baik bagi Anda maupun orang lain. Selain itu, perbuatan ini juga dapat merusak mesin.

Jangan merokok

Jangan pernah merokok di dalam gym, karena akan mengganggu pernasapan. monster beats audio adidas Merokoklah diluar gym, tapi sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan merokok karena akan menurunkan performa latihan dan merugikan kesehatan.

Biasakan bertanya sebelum berlatih

Selalu bertanya dan memint izin sebelum Anda berlatih di suatu mesin latihan apabila ada seseorang yang berada di situ. Jika sudah diperbolehkan, sesuaikan beban angkatan dengan kekuatan Anda. Jika mereka tidak mengijinkan, tunggu sampai mereka selesai atau lakukan jenis latihan lainnya.

Perhatikan kenyamanan orang lain

Jangan memindahkan bench latihan terlalu dekat dengan bench orang lain. Karena ada beberapa jenis latihan yang memerlukan ruang lebih luas untuk melakukannya, selain itu, hal ini juga dapat mengganggu orang yang hendak berjalan.

Jangan menertawakan orang lain

Sangat dilarang menertawakan orang saat Anda melihat mereka tidak mampu mengangkat beban seperti Anda. Sebaiknya Anda memberikan motivasi, itupun apabila mereka meminta kritik dan saran dari Anda.

Berbagi tempat

Jika seseorang meminta Anda untuk berbagi dan bergantian menggunakan mesin latihan, berikan kesempatan pada mereka. Jika Anda tidak merasa nyaman berbagi tempat karena mereka menggunakan berat yang sangat berat, katakan secara baik-baik.

Jangan meludah

Ada beberapa orang yang cenderung menyemprot ludah ketika mengangkat beban, ugg outlet alexandria anaheim pastikan tidak ada orang di sekitar Anda.

Memang ada beberapa aturan dan etika gym yang tidak dicamtumkan. Ada baiknya Anda mengevaluasi diri dan sesekali melihat perilaku orang lain saat sedang berlatih, apa saja yang mereka lakukan dan apa saja yang tidak mereka lakukan dan jadikan itu sebagai pelajaran. Selamat berlatih! (dan)

BACA JUGA : Cluster Set, Teknik Jitu Raih Tubuh Ideal & Berotot

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes