Futsal, Sepakbola ala Kaum Urban

Dalam beberapa tahun terakhir olahraga futsal telah menjadi tren di kalangan masyarakat perkotaan. Minimnya keberadaan lapangan bola yang luas terutama di tengah kota, menjadikan futsal sebagai olahraga yang tepat untuk menyalurkan bakat di bidang sepakbola.


Bisa dikatakan, futsal merupakan skala kecil dari permainan bola di lapangan yang sesungguhnya. Futsal adalah permainan sepakbola beregu yang dimainkan di dalam ruangan dengan jumlah peserta sebanyak 5 orang untuk masing-masing regu. Kedua regu ini akan saling berhadapan dengan tujuan memasukkan sebanyak mungkin bola ke gawang lawan.


Futsal sendiri telah diciptakan sejak tahun 1930 oleh JUAN CARLOS CERIANI di Uruguay. Hingga saat ini olahraga futsal berkembang sangat pesat bahkan telah menjadi bagian dari FIFA (Fédération Internationale de Football Association) sejak tahun 1989.

Pusat futsal dunia berada di Brasil. Ini terjadi bukan dengan tiba-tiba tetapi karena beberapa kali Brasil menjadi juara dalam pertandingan futsal Internasional. Selain itu beberapa pemain bola terkenal yang berasal dari Brasil juga mengembangkan tehnik bermain bolanya dari lapangan futsal.


Tingkatkan Energi dan Stamina Anda Saat Bermain Futsal Di Sini!
Ukuran Lapangan Futsal
Tidak jauh berbeda dengan lapangan sepakbola, bentuk lapangan futsal juga harus berbentuk bujur sangkar. Namun, setiap sisi ukuran lapangan dibuat jauh lebih kecil. Ukuran pertandingan internasional untuk sebuah lapangan futsal adalah:

Panjang : Minimal 38 , maksimal 42 m
Lebar : Minimal 18 m ,Maksimal 22 m

Ukuran gawang dalam futsal juga dibuat dengan ukuran lebih kecil dari ukuran gawang sepakbola. Jarak antar tiang ke tiang gawang adalah 3 m dan jarak dari ujung bagian bawah tanah ke palang gawang adalah 2 m. Kedua tiang gawang dan palang gawang memiliki lebar dan dalam yang yang sama yakni 8 cm.


Lama pertandingan futsal juga lebih singkat daripada sepakbola biasa. Jika pada sepakbola pertandingan berlangsung selama 2×45 menit, maka dalam permainan futsal pertandingan hanya berlangsung selama 2×20 menit, dengan tambahan 1 time out untuk masing-masing regu dalam tiap babak.

Saat ini telah banyak didirikan lapangan-lapangan futsal yang sudah sesuai dengan standar internasional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menyalurkan bakat di bidang sepak bola. Nah, jika Anda tertarik untuk mengasah kemampuan Anda bermain bola, futsal bisa menjadi jawabannya.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes