Glucosamine dan Chondroitin Sulfate

Glucosamine-dan-Chondroitin-Sulfate

Banyak orang lanjut usia menderita osteoarthritis (radang sendi), yaitu tipe umum dari arthritis, yang menyebabkan nyeri sendi, bengkak dan deformitas. Kondisi ini menyebabkan masalah pada rusaknya tulang rawan normal pada sendi. Karena semakin banyaknya orang menderita penyakit ini, maka semakin banyak pula penelitian yang dilakukan untuk menemukan cara-cara alami dalam mengobati penyakit ini.

Dua suplemen kesehatan alami yang paling populer untuk perbaikan tulang rawan adalah glucosamine (glukosamin) dan Chondroitin (kondroitin) sulfate. Keduanya merupakan komponen utama dari sendi tulang rawan dan dapat membantu mencegah degenerasi tulang rawan dan mengobati osteoarthritis..

Glucosamine

Glucosamine adalah amino monosakarida yang ditemukan pada kitin, glikoprotein dan glikosaminoglikan. Glikoprotein, dikenal sebagai proteoglikan yang merupakan bentuk dasar matriks ekstraseluler dari jaringan penyambung. Glucosamine secara alami diproduksi oleh tubuh, tetapi pada penderita osteoartritis produksinya berkurang. Glucosamine efektif untuk memperbaiki kerusakan sendi sehingga dapat mengurangi rasa nyeri. Secara biokimia, glucosamine merupakan hasil metabolisme glikoprotein.

Glikoprotein, diketahui sebagai proteoglikan, merupakan bentuk dasar pada matriks ekstraseluler dari jaringan penyambung. Glucosamine efektif untuk pemulihan tulang rawan sendi dan memperbaiki kerusakan sendi. Peningkatan konsentrasi glucosamine dalam plasma darah dapat meningkatkan kadar glucosamine pada cairan sinovial. Sesuai dengan hipotesa, persendian memiliki afinitas yang besar terhadap glucosamine dan memiliki kemampuan untuk menyimpan glucosamine lebih baik daripada jaringan yang bukan persendian. Cepat terserap pada saluran cerna. Cepat terakumulasi di hati dan sendi. Di metabolisme di hati dan diekskresikan melalui urin, feses, dan paru (ekskresi melalui air susu masih belum diketahui).

Chondroitin Sulfat

Chondroitin sulfat adalah senyawa glikosaminoglikan tersulfasi yang tersusun dari rantai gula yang saling bergantian (N-asetilgalaktosamin dan asam glukoronat). Chondroitin sulfat biasanya dijumpai berikatan dengan protein sebagai bagian dari proteoglikan.

Chondroitin sulfat adalah senyawa penyusun penting tulang rawan, dan memberi tulang rawan kemampuan untuk bertahan terhadap tekanan/kompresi. Kurangnya jumlah Chondroitin sulfat pada tulang rawan dapat mengakibatkan osteoartritis. Bersama dengan glucosamine, Chondroitin sulfat seringkali digunakan dalam formulasi suplemen makanan untuk mengobati osteoartritis.

Suplemen Sendi Alami

Jika digabungkan, Glucosamine dan Chondroitin sulfate dapat menjadi suplemen sendi alami yang sangat membantu. Glucosamine umumnya diperoleh dari cangkang lobster, udang dan kepiting. Seseorang yang alergi terhadap kerang-kerangan sebaiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan suplemen ini. Di sisi lain, Chondroitin sulfate, biasanya berasal dari tulang rawan ikan hiu atau daging sapi, atau dapat juga diproduksi secara sintetis.

Meskipun masih banyak ruang bagi dilakukannya penelitian untuk membuktikan sepenuhnya signifikansi penyembuhan dengan kedua suplemen ini, namun semakin banyak orang yang membuktikan bahwa mereka mengalami penurunan nyeri pada persendian mereka ketika mengkonsumsi Glucosamine dan Chondroitin sulfate. Semakin banyak pasien dengan osteoarthritis beralih ke suplemen alami alternatif ini daripada mengambil obat anti inflamasi buatan kimia. Dan bagi Anda yang memiliki masalah sendi, Anda bisa gunakan suplemen terbaik dari Ultimate Nutrition, yaitu Glucosamine, Chondroitin & MSM (GCM), yang mengandung Glucosamine dan Chondroitin Sulfate, serta dilengkapi dengan MSM yang sangat membantu dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan sendi.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes