Haruskah-Saya-Menurunkan-Intensitas-Latihan-Saya-Ketika-Puasa

Haruskah Saya Menurunkan Intensitas Latihan Saya Ketika Puasa?

Haruskah-Saya-Menurunkan-Intensitas-Latihan-Saya-Ketika-Puasa

Baru saja saya berdebat cukup seru di twitter saya, @dennysantoso, mengenai haruskah seseorang menurunkan intensitas latihannya ketika puasa. Sayangnya perdebatan tersebut berakhir kurang baik. Jadi ada baiknya saya menjelaskannya secara utuh di sini.

Tweet saya yang pertama intinya,

Kalau kemampuan tubuhmu menurun karena puasa, itu adalah hal yang wajar, tetapi kalau karena puasa dan kamu menurunkan latihanmu, itu salah

Saya juga sempat nge-tweet lagi bahwa “Kalau kamu mampu push up 20x dalam kondisi tidak puasa, dan ketika puasa hanya mampu 12x, maka hal itu adalah wajar. Tetapi kalau tidak puasa dan mampu melakukan push 20x, namun ketika puasa lalu kamu berpikir ‘wah ini lagi bulan puasa, enaknya aku turunin deh latihannya, 12x aja deh’. Nah pikiran inilah yang kurang tepat.”

Perdebatan kemudian bergeser ke arah ‘takut haus’. Pertanyaannya, kalau latihan beban, ‘kan memang sebaiknya dilakukan sore hari setelah berbuka puasa, apakah misalnya angkat beban 20 kg vs 10 kg akan memberikan efek haus yang jauh berbeda? Misalnya setelah buka puasa maka haus bukan alasan. Angkat beban memang sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa dengan makanan ringan.

Ada balasan yang mengatakan bahwa “Kalo olahraganya lama, kapan ngerjain hal-hal yang lain-lainnya. Kita ‘kan hidup juga bukan buat olahraga saja.” Nah, ini di luar konteks banget, karena kalau tidak puasa, olahraga yang disarankan 1 sampai 1-5 jam, ngapain ketika puasa olahraga jadi 2 jam? Pastinya ‘kan sama atau bahkan kurang.

Kemarin ketika saya menghadiri Bandung Fitness Conference, salah satu audience juga mengatakan ketika puasa, dia malah ok, ok aja untuk berolahraga di pagi hari. Hal ini tergantung masing-masing individu, kalau memang kuat, puasa sambil olahraga, ya why not? Tapi kalau emang pagi takut haus, memilih olahraga terbaik memang sore, keduanya tidak ada yang salah.

Akhirnya, inti dari pembahasan saya adalah, boleh saja kalau memang Anda tidak sekuat biasanya ketika tidak puasa, tetapi jangan menggunakan moment puasa sebagai alasan untuk menurunkan intensitas latihan Anda. Lakukan aja semaksimal yang Anda mampu.

Selamat menjalankan ibadah puasa.

Warmest Regards,
@dennysantoso

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes