Hindari 7 Kesalahan Ini Jika Anda Ingin Memulai Latihan Beban

Anda sudah latihan beban namun otot Anda belum berkembang atau berat badan belum mau turun? Mungkin beberapa kesalahan berikut yang jadi penyebabnya!

Jika ingin memiliki bentuk tubuh yang berotot atau ingin menurunkan berat badan, maka langkah utama selain mengatur pola makan adalah dengan latihan beban. Bagi Anda yang tidak memiliki alat latihan beban, maka pusat kebugaran atau gym dapat menjadi tempat berlatih untuk mewujudkan goal fitnes Anda.

Ok, katakanlah sekarang Anda sudah melakukan latihan rutin. Namun bagaimana dengan hasilnya? Apakah goal fitnes Anda sudah terwujud?

Jika sudah berhasil, maka selamat dan Anda harus menjaga bentuk tubuh Anda saat ini.

Namun bagaimana jika belum?

Berikut ini mungkin beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya:

1. Latihan Beban yang Tidak Direncanakan

Hindari2

Latihan yang tidak direncanakan juga akan membawa hasil yang kurang memuaskan, atau bahkan membuat usaha Anda gagal. Setiap kali Anda ingin berangkat ke gym, sebaiknya Anda tahu target fitnes Anda, latihan pada hari apa dan untuk otot mana, atau apakah alat di gym tersebut membantu goal fitnes Anda.

Selain itu, pastikan juga waktu yang tepat untuk latihan. Jika Anda berpikir bahwa Anda dapat melakukannya setiap saat, mungkin hasil akan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Berkomitmen tentang jadwal latihan akan membuat Anda selalu dapat memprioritaskan latihan itu sendiri.

Baca Juga: Berlatihlah Layaknya Pemenang!

2. Mental Latihan Masih Kurang

Ok. Katakanlah Anda sudah rutin berlatih dan mungkin otot-otot Anda belum terbentuk. Kemudian Anda berpikir bahwa latihan yang Anda lakukan tersebut adalah tindakan yang buang-buang waktu. HILANGKAN pikiran tersebut!

Sama seperti kebanyakan tujuan lainnya, dalam membentuk otot atau menurunkan berat badan membutuhkan sebuah proses dan proses tersebut harus memerlukan waktu. Jika pikiran tersebut terus mengganggu Anda, maka Anda akan kesulitan fokus dengan tujuan awal. Bahkan bisa berujung latihan yang terhenti.

Ingat, semua butuh proses dan Anda harus berkomitmen tentang itu jika ingin membentuk otot atau menurunkan berat badan serta selalu fokus pada tujuan Anda.

3. Tidak Melakukan Pemanasan

Hindari3

Karena tak sabar ingin segera berlatih, Anda langsung mengangkat beban dengan beberapa set yang cukup berat. Apakah otot-otot Anda, sendi, tendon, dan ligamen Anda sudah siap untuk itu? BELUM!

Bersemangat latihan memang sangat baik dan diperlukan, namun harus juga diimbangi dengan latihan yang cerdas. Salah satunya adalah dengan melakukan pemanasan sebelum memulai.

Sangat penting melakukan pemanasan sebelum melakukan angkatan terlebih dengan beban yang berat. Pemanasan dapat melancarkan aliran darah ke otot yang ingin Anda latih.

Pemanasan juga dapat membantu menyediakan cairan sinovial untuk melumasi sendi serta dapat menurunkan potensi cedera dan nyeri ketika latihan.

>> Sering Cedera Saat Latihan? Mungkin Anda Kurang Perhatikan Sesi Penting Ini! <<

4. Cairan yang Tidak Tercukupi

Hampir 75% otot tubuh manusia terdiri dari air. Jika otot Anda tidak terhidrasi dengan baik, maka kemampuan angkatan otot Anda juga akan menurun. Selama latihan, Anda akan mengeluarkan banyak keringat maka Anda juga kehilangan banyak cairan.

5. Dengarkan Tubuh Anda

Hindari4

Apakah Anda pernah merasakan nyeri pada bahu atau lutut? Atau rasa sakit pada lengan tapi Anda tetap melakukan latihan dengan target otot bicep dan tricep Anda? Ini adalah sebuah kesalahan yang harus dihindari.

Selalu rasakan kondisi tubuh Anda. Jika Anda kesulitan mengangkat lengan terlalu tinggi, maka coba lewatkan latihan seperti overhead press. Jika rasa sakit teramat sangat, maka sebaiknya istirahatkan tubuh Anda dari latihan. Istirahatlah sampai Anda merasakan bahwa tubuh Anda mulai membaik baru kemudian lakukan latihan kembali.

6. Terlalu Banyak Bermain dengan Ponsel

Lantaran selalu disibukkan dengan pekerjaan, Anda selalu membawa ponsel setiap latihan. Atau karena Anda sering berinteraksi di media sosial melalui ponsel ketika latihan. Sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini saat latihan.

Ketika telepon, baca email dan sms, atau membuka media sosial, secara otomatis juga akan memotong waktu latihan Anda. Jika memang tidak darurat, maka jauhkan ponsel dari Anda ketika sedang berlatih.

7. Latihan yang Itu-itu Saja

Hindari5

Karena terlalu nyaman dengan latihan yang biasa dilakukan, maka Anda terkesan tidak ingin meninggalkan zona nyaman tersebut. Tentu ini akan membuat proses berjalan stagnan.

Lepas dari zona nyaman. Untuk meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan otot Anda, maka langkah lain yang harus diperhitungkan adalah mencoba latihan yang baru dan menantang. Karena dengan kebiasaan yang baru akan membuat otot Anda semakin tertantang.

Ingat, Istirahat Juga Patut Jadi Perhatian Anda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika kondisi tubuh Anda masih kurang mendukung untuk latihan, maka sebaiknya istirahat dan tidak melakukan latihan. Istirahat sangat penting dilakukan karena pertumbuhan otot terjadi pada saat sesi ini.

Perkembangan otot akan terjaga apabila nutrisi selama istirahat juga terpenuhi. Jika nutrisi dari makanan sehari-hari masih kurang mencukupi, Anda dapat menambahkan suplemen untuk meningkatkan daya tahan dan daya pulih otot tubuh Anda.

Note: Pastikan tubuh Anda tetap terasupi nutrisi yang dibutuhkan oleh otot untuk meningkatkan daya pulih dan juga perkembangan otot Anda >> BCAA dari Ultimate Nutrition

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes