memilih gym yang baik

Ingin Bergabung di Gym? Perhatikan Ini Dulu!

Gym adalah salah satu tempat yang Anda jadikan untuk menempa kekuatan dan membentuk otot Anda. Untuk itu, suasana dan kondisi gym haruslah menunjang latihan Anda. Jika Anda pemula dan bingung untuk memilih tempat gym yang baik, maka Anda dapat menyimak informasi berikut. Hal ini sangat penting, karena gym adalah satu-satunya tempat yang menjadi saksi bisu dari awal transformasi tubuh Anda.

Headline Gym

1.) Lokasi

Jangan terlalu jauh memilih tempat gym. Olahraga Anda harus berlokasi strategis di dekat rumah atau kantor Anda. Sehingga dapat Anda kunjungi setiap saat. Jika lokasi tempat gym Anda jauh, maka cepat atau lambat Anda akan menemukan berbagai macam alasan untuk tidak pergi ke gym untuk melakukan latihan.

2.) Fasilitas

Ini adalah hal pertama yang sangat penting. Setiap gym harus memiliki alat-alat penunjang kebugaran. Misalnya seperti treadmill, elliptical, spinner, stationary cycle, rowing machine, stepper, free weights, weight machines and abdominal machines, yang kebanyakan gym memiliki masing-masingnya lebih dari satu jenis. Jangan tertipu dengan gym yang memiliki lebih dari satu mesin gym yang sama. Anda pun harus memeriksa kondisi dan pemeliharaan alat-alat tersebut. Tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi tempat gym tersebut pada saat gym tersebut beroperasi. Hal ini untuk melihat kuota penunjung dan disesuaikan dengan jumlah alat atau mesin yang ada di gym tersebut.

3.) Personil

Selain gym dan fasilitas, yang tak kalah pentingnya adalah personilnya. Untuk itu, pastikan untuk mengamati seberapa baik pelatih, ahli diet, dan staf lainnya di gym tersebut. Kebanyakan gym memiliki dua jenis pelatih, yakni pelatih pribadi dan instruktur kebugaran umum. Saat Anda memasuki gym, Anda dapat melihat apakah pelatih-pelatih tersebut loyal terhadap klien, memberinya petunjuk, atau hanya mengacuhkan kliennya begitu saja. Kondisi fisik pelatih pun juga menjadi tolak ukur. Pelatih yang baik tentunya memiliki kualitas atau bentuk tubuh yang baik pula. Jika Anda berniat untuk menggunakan pelatih pribadi, maka Anda harus meminta manajemen gym untuk memberikan percobaan dalam hal latihan. Jika itu adalah ahli diet, makan Anda harus melakukan kroscek apakah ahli diet tersebut telah melakukan kursus gizi yang terakreditasi.

4.) Pengunjung

Faktor lainnya yang Anda harus perhitungkan untuk memilih gym adalah orang-orang yang rutin mengunjunginya. Jika Anda mengamati setiap orang yang biasa melakukan latihan di gym, maka Anda akan menyadari bahwa mereka cenderung membangun ikatan pribadi antar pengunjung satu dengan pengunjung lainnya. Hal ini tentunya juga akan membangun rasa persahabatan di antara mereka. Dalam jangka panjang hubungan antar pengunjung pun akan dapat membantu Anda untuk mengikuti gaya hidup yang sehat.

5.) Penawaran

Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi member gym, maka tentunya Anda akan membandingkan harganya. Setiap gym akan memiliki berbagai penawaran, diskon, fasilitas, dan paket yang berbeda-beda. Untuk itu, jangan sampai tertipu dengan hal tersebut. Selalu bandingkan penawaran dasar (anggota tahunan).

6.) Program yang Berbeda-Beda

Hal lain yang harus Anda pastikan sebelum bergabung dengan salah satu gym adalah apakah terdapat program lainnya selain latihan mengangkat beban, kardio dan latihan personal lainnya. Hal ini dikarenakan, ada saatnya Anda pasti bosan dan jenuh dengan latihan teratur semacam ini. Untuk itu, pastikan apakah ada kelas-kelas lainnya seperti aerobik, yoga, pilates, atau program lainnya.

Yang paling penting untuk Anda tahu adalah, gym atau pelatih kebugaran tidak akan menjadi faktor penentu bagi Anda untuk mencapai tujuan kebugaran Anda. Namun, yang terpenting adalah konsistensi niat Anda untuk terus menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: 10 Kesalahan Dalam Berdiet Dan Cara Mengatasinya

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes