melatih otot dada

Ingin Melatih Otot Dada? Hindari Kesalahan Ini!

Memiliki otot dada yang besar dan bidang adalah idaman bagi banyak fitnes mania, terutama kaum adam. Cara utamanya adalah dengan melatih otot dada itu sendiri.

Bagaimana dengan Anda?

Apakah Anda juga ingin memiliki otot dada yang bidang layaknya super hero Superman?

Ada banyak latihan yang menargetkan kelompok otot dada. Salah satu yang paling populer adalah bench press. Ya, latihan klasik ini memang tepat untuk melatih otot dada, dengan catatan dilakukan dengan teknik yang tepat.

Tentu, jika dilakukan dengan tidak tepat justru akan menghambat pembentukan otot dada. Kesalahan seperti apa yang seharusnya dihindari untuk latihan otot dada?

1. Tidak Melatih Otot Dada Secara Seimbang

melatih otot dada

Untuk membentuk otot dada yang sempurna, maka sebaiknya Anda melakukan gerakan latihan yang menargetkan seluruh otot dada Anda.

Mungkin Anda sudah familiar dengan bangku incline atau decline press yang sangat membantu melatih otot dada. Latihan incline press biasanya menargetkan otot dada bagian atas, sementara decline press menargetkan otot dada bawah.

Karena itu, agar memiliki otot dada yang bidang dan simetris, alangkah baiknya Anda melakukan latihan khususnya latihan press secara imbang. Baik itu incline, decline maupun flat.

Baca Juga: 3 Latihan Bench Press untuk Bangun Otot Dada Anda

2. Melatih Otot Dada Hanya dengan Bench Press

melatih otot dada

Latihan bench press memang sangat efektif untuk melatih otot dada Anda. Variasi latihannya pun bermacam-macam seperti incline barbell bench press, dumbbell press, barbell bench press, dan lain-lain.

Namun, kesalahan lain yang umum dilakukan sehingga perkembangan otot dada lambat adalah dengan hanya melakukan latihan bench press.

Memang, latihan ini efektif tapi tidak harus membuat Anda melakukannya setiap hari. Jika Anda ingin melatih otot dada agar menjadi lebih bidang dan simetris, lakukan juga latihan yang menargetkan kelompok otot dada dari berbagai sisi.

Misalnya, Anda dapat melakukan latihan isolasi (isolation training) seperti dumbbell flys atau cable crossover. Dengan latihan tersebut, Anda akan dapat memaksa otot dada Anda bekerja keras dari sudut yang berbeda, mengaktifkan serat otot yang lebih banyak.

3. Terlalu Banyak Mesin untuk Melatih Otot Dada

melatih otot dada

Kesalahan yang umum juga dilakukan oleh fitnes mania adalah dengan melatih otot secara ‘membabi buta’. Membabi buta artinya di sini adalah melatih dengan banyak alat.

Jika Anda ingin memiliki otot dada yang indah, maka Anda dapat fokus melakukan latihan menggunakan barbell dan dumbbell, dan dengan 1-2 mesin fitnes lain. Cara ini dapat membangun otot stabilizer Anda yang berfungsi bantu tingkatkan kekuatan angkatan Anda.

>> Barbell Press vs Dumbbell Press, Mana yang Terbaik untuk Melatih Dada? <<

Menggunakan mesin fitnes untuk melatih otot dada masih diperlukan. Anda dapat melakukannya sebagai finisher di akhir latihan. Karena dengan menggunakan mesin, dengan mudah Anda dapat melakukan teknik latihan seperti dropset, atau set lebih banyak yang membantu menekan otot dada Anda.

4. Tidak Menjaga Performa dengan Baik Saat Melatih Otot Dada

melatih otot dada

Salah satu kunci utama pembentukan otot dada adalah dengan menjaga performa di setiap latihan.

Bench Press misalnya, adalah latihan yang paling populer untuk membangun otot dada. Namun, jika dilakukan tanpa teknik dan sikap tubuh yang tepat saat melakukannya, Anda tidak akan merasakan manfaat yang maksimal. Bukan tidak mungkin risiko cedera juga akan semakin meningkat.

Untuk mengetahui bagaimana teknik dan cara yang tepat saat akan melakukan latihan bench press, Anda dapat menyimaknya dalam artikel berikut: Panduan Latihan Bench Press yang Efektif.

Melatih otot dada adalah favorit fitnes mania. Namun, Anda tetap perlu memastikan bahwa gerakan latihan yang Anda lakukan sudah tepat dan baik. Tentu saja, ini dilakukan untuk mewujudkan goal fitnes yaitu memiliki otot dada yang bidang dan simetris.

Anda juga dapat download ebook GRATIS ini untuk bantu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Ebook ini sangat lengkap karena juga terdapat contoh latihan, pola makan, dan suplementasi untuk bentuk tubuh ideal Anda hanya dalam waktu singkat.

melatih otot dada

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes