latihan squat

Ini Caranya Agar Anda Lebih Kuat lakukan Squat!

Squat adalah salah satu latihan yang banyak digemari karena efektivitasnya untuk membentuk tubuh bagian bawah (lower body). Ya, latihan ini akan banyak melibatkan otot-otot tubuh bagian bawah, misalnya sepeti glutes, pinggul, paha, kaki, dan serat-serat otot pembentuk tubuh bagian bawah lainnya.

Squat lebih kuat

Namun, permasalahan yang sering terjadi adalah, banyak beberapa orang yang tidak kuat melakukan squat karena ketahanan tubuhnya kurang. Lalu, bagaimana cara mengatasinya agar Anda kuat untuk melakukan squat? Berikut adalah beberapa tipsnya untuk Anda agar Anda kuat melakukan squat hingga akhir repetisi!

1.) Coba Variasi Squat dengan Satu Kaki

Jika Anda ingin cepat merasakan efektivitas dari latihan squat, maka cobalah untuk melakukan variasi dalam melakukannya. Salah satunya dengan melakukan squat dengan menggunakan satu kaki. Misalnya, dengan menggunakan latihan Pistol Squat sebagai latihan Anda. Berdiri menggunakan satu kaki dan atur keseimbangan melalui tangan yang diluruskan ke depan. Selanjutnya, dengan posisi ini lalu jongkoklah secara perlahan dan tahan untuk beberapa detik.

pistol squat

Meskipun kelihatannya sangat mudah, namun belum tentu Anda dapat sukses melakukannya. Selain latihan ini baik untuk melatih keseimbangan tubuh, hal tersebut juga menjadi kunci untuk membangun kekuatan bilateral (dua kaki) menjadi lebih maksimal.

2.) Lebarkan Kaki Melebihi Batas Bahu

Dalam standar melakukan squat, kebanyakan para ahli mengarahkan kaki Anda agar mengarah lurus ke depan. Untuk itu, menyesuaikan posisi Anda dapat menyebabkan perubahan signifikan untuk otot Anda. Jika Anda ingin membangun otot, maka lebarkan kaki Anda melebihi batas bahu dengan jari-jari kaki ke luar pada sudut 45 derajat.

Sumo squat

Posisi ini disebut juga dengan sumo squat, yang bertujuan mengembangkan kekuatan dan mobilitas pinggul, adductors, dang lutes yang lebih padat dibandingkan ketika Anda melakukan squat dengan mempersempit jarak antara kedua kaki. Satu hal yang paling penting dalam melakukan squat adalah, jangan sampai ketika jongkok paha Anda menempel pada betis. Hal tersebut membuat efektivitas squat Anda akan berkurang.

3.) Memberikan Jeda Sebentar Saat Jongkok

Apapun variasi saat melakukan squat, sangat penting bagi Anda untuk melakukan jeda untuk beberapa saat ketika masih dalam posisi jongkok. Mengapa beberapa detik jeda sangat penting untuk Anda? Ya, jeda ini dapat menghilangkan memberikan peregangan refleks pada otot. Maka, hal tersebut akan menghasilkan lebih banyak kekuatan, sehingga Anda mampu menyelesaikan squat hingga akhir repetisi. Bukan hanya itu, jeda beberapa saat antara 2-4 detik memiliki potensi untuk meningkatkan kekuatan quads (paha depan), paha belakang, glutes, dan penggerak utama untuk tubuh bagian bawah Anda.

4.) Melakukan Squat dengan Lebih Cepat

Banyak orang mengatakan bahwa squat yang baik adalah bagi mereka yang melakukan squat sembari jongkok dan mengangkat beban. Tentu, hal tersebut dapat menunjang efektivitas latihan ini. Namun, terdapat metode lain yang dapat menunjang efektivitas squat. Misalnya dengan melakukan squat lebih cepat. Maka, hal ini erat kaitannya dengan rentang repetisi yang Anda ambil dalam melakukan latihan ini. Usahakan Anda tidak lebih melakukan pengulangan lebih dari satu set. Jika Anda memilih beban yang cukup berat, maka ambil repetisi yang lebih rendah. Sebaliknya, jika beban lebih ringan, maka sudah seharusnya Anda menambah jumlah repetisi Anda.

Bagaimana, cukup sederhana ‘kan? Langkah-langkah di atas dapat membuat Anda lebih kuat dalam melakukan squat hingga repetisi akhir Anda. Selamat mencoba! (gie)

BACA JUGA: 6 Latihan Klasik yang Efektif Bentuk Tubuh Anda Atletis

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes