otot baru

Ini Dia Cara Terampuh Picu Pembentukan Otot Baru!

Memang benar, bahwa latihan adalah metode terbaik untuk melatih otot dan membentuknya agar mempunyai massa yang lebih besar. Ya, latihan angkat beban adalah jawabannya. Untuk mendapatkan massa otot yang fantastis, maka mutlak bagi Anda melakukan latihan angkat beban. Namun permasalahannya adalah, ketika Anda terus menerus melakukan latihan angkat beban dengan gerakan yang sama setiap kali latihan.

Headline

Maka, hal tersebut menyebabkan perkembangan massa otot yang tidak merata. Ada beberapa bagian otot yang enggan menampakkan diri. Seperti yang telah dilansir oleh Bodybuilding.com, hal ini terjadi karena beberapa sebab. Penasaran, apa sajakkah penyebab sekaligus cara untuk mengatasinya? Berikut adalah informasinya untuk Anda!

1.) Istirahat dan Makan

Terkadang, satu kelompok otot mungkin tak merespons latihan seperti kelompok otot lain yang berhasil terbentuk. Itulah mengapa, untuk berhasil mendapatkan kelompok otot tertentu tersebut yakni dengan tidak melatihnya. Untuk itu, berikan waktu satu minggu off untuk latihan otot, sembari mengimbanginya dengan tidur rata-rata selama 8 jam sehari. Ingat, hanya pelatihan otot. Anda masih bisa menggunakan latihan lainnya seperti kardio dan mencoba pelatihan yoga. Pastikan juga Anda untuk memperhatikan jadwal makan Anda selama seminggu penuh ini. Cobalah untuk makan dengan memberi 200 kalori lebih dibandingkan dengan asupan kalori dalam setiap kali makan seperti biasanya. Jika Anda tidak yakin berapa banyak kalori yang harus Anda makan, maka untuk mengetahuinya Anda bisa menggunakan perhitungan kalori yang banyak dilakukan oleh mereka yang sering berkecimpung di dunia kebugaran.

Dengan memberikan kesempatan mengasupi kalori lebih banyak daripada biasanya, maka hal tersebut dapat pula memicu pertumbuhan otot baru. Hal ini dikarenakan, tubuh akan memiliki bahan bakar yang cukup untuk membangun jaringan baru. Ingat, lakukan selama seminggu penuh. Jika Anda memiliki waktu lebih di luar itu, maka tidak ada jaminan otot baru akan terbentuk. Hal tersebut justru malah membuat otot Anda tertimbun oleh lemak. Kebanyakan kalori yang masuk ke dalam tubuh, akhirnya dapat disimpan sebagai lemak.

Satu yang harus Anda ketahui tentang prinsip pembentukan otot. Ketika Anda menginginkan massa otot lebih, maka Anda harus meningkatkan tingkat metabolisme tubuh Anda. Itulah mengapa kalori sangat dibutuhkan untuk diubahnya menjadi energi. Dan hal tersebut merupakan pengetahuan dasar, namun penting untuk Anda ketahui.

2.) Mengambil Istirahat Panjang

Dalam kasus lain, melakukan istirahat penuh dari gym mungkin juga merupakan cara terbaik. Kemungkinan mengapa otot-otot baru tidak terbentuk adalah, Anda hanya terjebak dalam rutinitas yang sama saat latihan. Misalnya ketika Anda melakukan latihan dengan repetisi, set, dan latihan-latihan sejenis secara terus menerus. Maka, untuk memberikan kesempatan otot agar beristirahat, Anda dapat memberikannya waktu selama beberapa hari agar fisik dan mental Anda juga semakin fresh.

Selain itu, mengambil istirahat juga dapat membantu Anda memulihkan kesehatan pasca terkena cedera. Terkadang, cara terbaik untuk memberikan pemulihan pada sendi dan otot, yakni dengan membiarkan mereka beristirahat. Anda baru akan merasakan manfaatnya ketika Anda kembali latihan di gym pasca istirahat. Dan hal tersebut dapat meningkatkan kekuatan Anda.

Bukan berarti ketika Anda beristirahat penuh dari latihan, Anda terlepas begitu saja dengan latihan rutin Anda. Cobalah untuk meluangkan waktu mencari tahu perubahan seperti apa yang harusnya dapat membuat latihan Anda lebih bermakna. Sehingga, setelah kembali ke gym, Anda menemukan suatu metode baru latihan yang membuat otot Anda semakin terbentuk.

3.) Perhitungkan Set dan Repetisi

Untuk memicu agar otot baru dapat menampakkan diri, maka Anda bisa mengevaluasi repetisi dan rentang set yang Anda lakukan. Cari tahu rentang repetisi dan set yang tepat untuk Anda lakukan. Melakukan set ringan dengan lebih banyak repetisi tidak akan menghambat kemajuan yang sebelumnya telah Anda buat. Menggunakan beban yang ringan akan memfokuskan Anda pada bentuk, kecepatan, serta menyelaraskan antara pikiran dan otot Anda. Hal tersebut akan sangat terasa dampaknya ketika Anda mulai beralih untuk mengangkat beban lebih berat dengan repetisi yang lebih sedikit. Anda akan merasa lebih kuat dan lebih percaya diri ketika Anda melakukan latihan angkat beban.

Namun, apabila Anda hanya terus menerus melakukan latihan dengan 12-15 repetisi, hal tersebut dapat menurunkan kekuatan Anda dan memungkinkan lambatnya otot baru untuk tumbuh. Ingatlah bahwa otot-otot sangat merespons stres. Jika Anda menekankan dengan latihan angkat beban yang berat, maka Anda akan mudah mendapatkan massa otot yang lebih besar.

4.) Mencoba Prinsip-Prinsip Lanjutan

Memperhitungkan set dan repetisi memang efektif menunjang pembentukan otot baru. Namun, Anda juga perlu membuat perubahan yang konsisten. Maka, saatnya bagi Anda untuk menggunakan beberapa teknik yang lebih maju. Kini saatnya untuk Anda memakai metode latihan yang telah terbukti ampuh. Misalnya seperti superset, pyramid training, dropset, dan masih banyak lagi metode yang lainnya.

Namun jika Anda memilih untuk menambahkan metode latihan dropset ke dalam program latihan Anda, maka perhatikan tingkat pemulihan Anda. Teknik ini memungkinkan Anda untuk menambah massa otot yang sangat menawan, namun sebelumnya Anda perlu untuk memahaminya.

5.) Menggunakan Berbagai Jenis Peralatan Penunjang Latihan

Jenis peralatan yang Anda gunakan dapat mempengaruhi bagaimana otot Anda dirangsang. Untuk itu, sekarang beralihlah ke dumbbell kabel, kettlebell, barbell, atau mesin yang dapat membantu Anda melewati masa yang sulit dan memberikan stres pada otot Anda. Hal tersebut dapat memicu terbentuknya otot baru dengan massa yang lebih besar. Intinya, semua ini adalah latihan dengan keluar dari kebiasaan Anda. Lakukan variasi atau gerakan-gerakan baru untuk membebani otot Anda.

Jika Anda selalu melakukan bench press dan beralih ke dumbbell, maka hal tersebut tak hanya memberikan efek jenuh pada Anda, melainkan juga memberikan efek yang sama pada setiap kali latihan. Keluar dari kebiasaan dan lakukan sesuatu yang baru agar latihan Anda semakin menyenangkan.

Itulah yang harus Anda lakukan agar otot-otot yang tak muncul dapat menampakkan diri dengan ukuran otot yang lebih besar. Semoga berhasil! (gie)

BACA JUGA: Solusi Cerdas Turunkan Berat Badan dan Cegah Obesitas

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes