Ini Dia Jenis – Jenis Stretching Yang Tepat Setelah Latihan

Kita tahu bahwa stretching sebelum latihan sangat penting bagi otot tubuh, namun ternyata pasca latihan pun otot butuh stretching lho!

Ini Dia Jenis - Jenis Stretching Yang Tepat Setelah Latihan

Mungkin masih banyak sebagian dari para pelaku fitnes yang mengabaikan stretching atau peregangan setelah latihan, padahal peregangan sesudah latihan sebenarnya juga memiliki peranan penting dalam fleksibilitas otot tubuh.

Selain itu peregangan pasca latihan juga diketahui memiliki beberapa manfaat penting, salah satunya dapat meningkatkan jangkauan gerak setelah melakukan latihan.

Karena banyak sebagian para pelaku fitnes mengeluh nyeri pada bagian tertentu setelah latihan, dan itu adalah salah satu gejala yang disebabkan kurangnya peregangan setelah latihan.

Dalam hal ini, ada beberapa studi yang menyebutkan bahwa peregangan sebelum dan sesudah latihan sama pentingnya untuk menjaga otot tetap fleksibel dan membantu mengurangi nyeri jangka panjang.

Nah, Berikut 7 jenis peregangan yang bisa Anda coba setelah latihan :

Chest and Anterior Deltoid Stretch

Chest and Anterior Deltoid Stretch

Peregangan ini menargetkan otot dada dan otot bahu, cara melakukannya cukup dengan kedua tangan saling berpegangan di belakang punggung Anda, kemudian angkat perlahan sampai Anda merasakan kontraksi pada otot dada dan otot bahu. lakukan peregangan ini selama 30 detik dan lakukan 3-4 kali. ugg outlet australia auckland

Shoulder Joint Stretch

Shoulder Joint Stretch

Seperti namanya, peregangan ini menargetkan otot bahu, cara melakukanya pegang sebuah handuk dengan kedua tangan, kemudian angkat perlahan ke atas hingga melewati kepala Anda, tahan pada posisi paling maksimal menurut Anda atau hingga merasakan kontraksi otot bahu, tahan pada posisi maksimal selama 30 detik dan lakukan 3-4 kali.

Stretch Lat

Stretch Lat

Letakan satu tangan di belakang kepala, kemudiaan pegang siku tangan dengan tangan sebaliknya, perlahan tekan siku tangan kedalam hingga Anda merasakan kontraksi pada otot lat. Lakukan selama 30 detik dan sebanyak 3 kali pada setiap tangan.

Groin Stretch

Groin Stretch

Duduklah dilantai, nfl-jerseys-at-walmart-aliexpress kemudian telapak kaki saling bersentuhan, pegang masing-masing pergelangan telapak kaki, lalu buka perlahan kedua kaki Anda sambil menarik tubuh kedepan hingga seperti membungkuk. Rasakan kontraksi pada paha, glutes, paha belakang, dan punggung bawah, lakukan sebanyak 3-4 kali.

Quadriceps Stretch

Quadriceps Stretch

Carilah kursi atau benda lain yang kuat untuk alat bantu Anda, berdirilah dan angkat kaki kanan Anda kebelakang hingga tumit kaki menyentuh bokong Anda, pegang telapaka kaki dan tarik kedalam hingga batas maksimal kemampuan Anda atau sampai Anda merasakan kontraksi otot paha depan, tahan selama 30 detik dan lakukan 3-4 kali pada masing-masing kaki.

Hamstring Stretch

Hamstring Stretch

Duduklah di lantai dengan membentangkan kedua kaki hingga seperti bentuk huruf V, moncler jacket acorus 2 pegang salah satu ujung jari kaki, kemudian turunkan tubuh Anda sambil menarik ujung jari kaki, rasakan kontraksi pada paha belakang tahan posisi tersebut selama 30 detik, lakukan sebanyak 3 kali pada masing-masing kaki.

Calf Stretch

Calf Stretch

Berdirilah dengan salah satu kaki di depan, Anda bisa menggunakan tembok atau benda lainnya yang kuat dan bisa menopang tubuh Anda, kemudian tekuk kaki depan dan tahan kaki belakang tetap lurus serta kedua telapak kaki tetap rata dengan permukaan, tekuk hingga merasakan kontraksi pada otot betis kaki belakang, lalu tahan selama 30 detik dan lakukan 3-4 kali pada masing-masing kaki.

So fitness mania, mulai sekarang lakukanlah peregangan sesudah latihan ya! (boy)

BACA JUGA : Hindari 10 Kesalahan Umum Saat Melakukan Stretching Berikut Ini

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes