ketahanan lengan

Ini Latihan yang Buat Ketahanan Lengan Semakin Kokoh

Tentu, Anda pasti pernah menjumpai lengan Anda yang bergoyang tidak stabil ketika mengangkat beban berat atau melakukan latihan lainnya yang melibatkan ketahanan kedua lengan Anda. Lalu, apa yang menyebabkan lengan Anda tidak stabil?

Headlineee

Ya, jawabannya adalah Anda kurang melakukan latihan yang melibatkan lengan Anda, sehingga ketahanan kedua otot lengan Anda kurang kuat. Lantas, apa langkah yang harus di ambil untuk memperbaiki ketahanan kedua lengan Anda? Berikut adalah beberapa latihan yang dapat melatih ketahanan tangan Anda!

1.) Thick Bar Training

1

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan latihan cengkraman tangan Anda adalah dengan meningkatkan ketebalan dari bar itu sendiri. Anda tak perlu menunggu untuk datang ke gym dan menemukan bar terbaik untuk melakukan latihan ini. Anda hanya perlu menemukan bar yang kokoh, misalnya ketika Anda sedang berada di taman bermain anak-anak dan menemukan kerangka-kerangka besi yang biasa digunakan anak-anak untuk bermain.

Untuk melakukannya, awalnya Anda perlu memosisikan tubuh seperti Anda akan melakukan pull-up. Hanya saja, perbedaannya adalah tubuh diangkat ke atas dengan menggunakan tumpuan tangan yang menekan pada bar hingga tubuh terangkat sepenuhnya. Ini merupakan latihan bodyweight yang ampuh untuk membangun kekuatan lengan Anda.

2.) Bar Hangs

222

Menggantungkan tubuh pada bar dengan menggunakan satu lengan saja memang bukan sesuatu hal yang mudah. Meskipun kita tak memindahkan berat tubuh, namun menahannya untuk beberapa saat dengan lengan yang menggantung sangatlah menyakitkan. Namun begitu, denngan melakukannya lengan Anda akan mendapatkan massa otot yang luar biasa. Bukan hanya itu, posisi seperti ini juga merupakan latihan ketahanan bagi salah satu lengan Anda. Mulailah dengan menggantungkan salah satu lenganAnda pada bar. Untuk beberapa saat, kaku-kan tubuh dan kaki menutup erat. Tahan untuk beberapa detik, atau hingga Anda mencapai titik maksimal kekuatan Anda. Ulangi kembali dengan menggunakan lengan pada sisi satunya.

3.) Slow Negative Muscle-Up

3

Melakukan latihan ini dengan gerakan yang lambat akan melatih cengkraman tangan Anda semakin kuat. Lakukan latihan ini setidaknya selama sepuluh kali latihan. Hal tersebut akan membuat tubuh Anda menjadi pembakar lemak yang paling ampuh. Rasakan dan nikmati ketika Anda mengangkat tubuh ke atas, banyak otot-otot lengan Anda yang berkontraksi dan membuatnya bekerja lebih keras.

Melakukan latihan ini sama halnya ketika Anda akan melakukan pull up. Di mana Anda menarik setinggi mungkin tubuh Anda dengan menjadikan bar sebagai tumpuan. Ketika melakukan ini, focus otot yang bekerja lebih keras adalah pada bagian tricep. Angkat terus tubuh ke atas hingga melewati bar. Anda bisa menyebut latihan ini sebagai salah satu variasi dari latihan pull-up. Ketika tubuh naik melebihi batas bar, maka stabilitas tubuh Anda akan diuji. Itulah sebabnya Anda wajib memosisikan kaki Anda lurus untuk Anda jadikan sebagai alat keseimbangan ketika melakukan Slow Negative Muscle-Up

4.) Finger-Tip Push-up

4

Masih menggunakan lengan Anda untuk melakukan latihan bodyweight ini. Maka, hal ini akan membuat ketahanan lengan Anda semakin lebih kuat. Hal ini untuk menghindari ketidakseimbangan latihan yang melibatkan tangan ketika melakukan latihan seperti overhead squat, dan latihan lainnya. Tentu, pada beberapa saat ketika latihan Anda menemui kondisi tangan Anda yang goyang ketika melakukan angkat beban. Hal ini dikarenakan lengan Anda tak cukup kuat ketika menopang beban yang Anda angkat. Itulah sebabnya latihan-latihan yang melibatkan lengan sangat dianjurkan untuk menghindari hal tersebut. Salah satunya dengan latihan bodyweight Finger-Tip Push-up. Latihan ini termasuk ke dalam salah satu variasi dari push-up. Hanya saja, perbedaannya berada pada kedua lengan yang menjadi tumpuan bertumpu pada jari-jari tangan Anda.

Bukan hanya jari lengan saja yang bekerja sangat keras ketika Anda mendorong tubuh ke atas, melainkan juga akan menguatkan otot-otot abdominal dan punggung. Bukan hanya itu, melakukan push-up dengan jari-jari tangan juga akan menantang extensor, fleksor, tendon, dan jaringan ikat lainnya.

Latihan-latihan di atas akan membuat lengan Anda semakin kokoh. Sehingga, ketika Anda melakukan angkat beban, tak akan ada lagi lengan yang bergoyang karena tidak seimbang. Anda bisa mencobanya dan memasukannya dalam program latihan Anda. Selamat mencoba! (gie)

BACA JUGA: Usir Stres dengan Pose Yoga Berikut

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes