Inilah 10 Tren Fitnes Tahun 2013! Mana Latihan Favorit Anda?

Hasil survei terbaru tentang tren fitnes menunjukkan bahwa body-weight training, termasuk latihan back-to-basic seperti push-up, plank, dan pull-up, diharapkan bisa menjadi salah satu dari top 10 tren fitnes 2013.

Para peneliti mengatakan bahwa orang sudah menggunakan berat badan mereka sendiri selama berabad-abad sebagai bentuk latihan ketahanan. Tetapi, ini adalah pertama kalinya berhasil masuk ke survei tren. Hal ini dikarenakan kebanyakan gym mengemas latihan tersebut sebagai bagian dari program latihan.

Body-weight training adalah cara yang telah terbukti untuk mendapatkan tubuh agar tetap fit,” kata peneliti Walt Thompson, PhD, dari Georgia State University. “Dalam suatu waktu ketika banyak orang mulai menghemat, body-weight training akan menjadi cara yang bagus untuk sehat dan terlihat kencang tanpa investasi keuangan yang besar.”

Mengambil posisi teratas dalam survei tren fitnes selama 6 tahun berturut-turut adalah fitness professional.

Menurut para peneliti, pendidikan dan sertifikasi program untuk kesehatan dan fitnes profesional mengalami pertumbuhan eksponensial. Jumlah pelatih kebugaran diproyeksikan akan meningkat sebesar 29% dari 251.400 pada tahun 2010 menjadi 311.800 pada tahun 2020.

Menurut survei, 10 besar tren fitnes diprediksi untuk 2013 adalah:

1. Fitness professional yang terdidik, bersertifikat, dan berpengalaman. Para pekerja fitnes diperkirakan akan meningkat jauh lebih cepat dari rata-rata pekerjaan lainnya, menurut Departemen Tenaga Kerja AS.

2. Strength training (latihan kekuatan). Latihan ini sudah dua tahun bertengger di posisi 2 secara berturut-turut. Latihan kekuatan ini juga terus menjadi tren yang kuat hingga 2013 mendatang. Tidak lagi terbatas hanya pada pembentukan tubuh, kebanyakan orang saat ini menggabungkan beberapa bentuk latihan beban untuk meningkatkan atau mempertahankan kekuatan otot.

3. Body-weight training. Latihan ini menggunakan peralatan yang minimalis dan termasuk push-up, pull-up, plank, dan squat.

4. Anak-anak dan obesitas. Program Latihan yang ditujukan untuk masalah obesitas juga bakal menjadi tren fitnes utama. Sekolah-sekolah juga semakin bermitra dengan pihak komersial dan program aktivitas fisik berbasis masyarakat untuk mencegah dan mengobati tingkat obesitas yang meningkat.

5. Latihan penurunan berat badan. Secara konsisten masuk di top 20 tren fitnes, para peneliti mengatakan rencana diet yang berhasil dengan cara menggabungkan latihan untuk mendorong penurunan berat badan.

6. Program fitnes untuk orang dewasa. Klub fitnes saat ini juga memanfaatkan generasi baby boomer dengan program latihan yang sesuai umur.

7. Personal training. Semakin banyaknya personal trainer yang bersertifikat, mereka juga semakin lebih mudah diakses dalam berbagai pengaturan, seperti kesehatan perusahaan, kesehatan berbasis masyarakat, dan program fitnes medis.

8. Fitnes fungsional. Peneliti mendefiniskan fitnes fungsional dengan menggunakan latihan kekuatan untuk meningkatkan keseimbangan, koordinasi, kekuatan, kekuasaan, dan daya tahan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Program fitnes fungsional ini dirancang untuk mencerminkan kegiatan yang sebenarnya dilakukan sebagai fungsi hidup sehari-hari dan sering digunakan dalam program kebugaran untuk orang dewasa yang lebih tua.

9. Latihan otot inti. Menggunakan peralatan seperti balance ball dan wobble board, latihan otot inti ini menekankan kekuatan dan pengkondisian otot yang menstabilkan bagian tengah. Para peneliti mengatakan, melatih otot-otot inti di pinggul, punggung bawah, dan perut bisa meningkatkan stabilitas keseluruhan untuk kegiatan sehari-hari dan kinerja olahraga.

10. Grup personal training. Sebuah keuntungan bagi klien yang menghemat, personal trainer saat ini sering memberikan layanan kepada kelompok-kelompok kecil beranggotakan 2-4 orang dengan diskon besar.

Survei ini dilakukan oleh sebanyak 3.346 profesional kesehatan dan fitnes di seluruh dunia dan dipublikasikan dalam American College of Sports Medicine’s Health & Fitness Journal.

So, bagaimana dengan tren fitnes di Indonesia di tahun 2013 nanti? We’ll see! (jay)

BACA JUGA : C.A.M.P – Program Latihan Berdasar Ilmu Pengetahuan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes