Inilah Alasan Mengapa Wanita Juga Perlu Fitnes!

Jika jogging dan yoga adalah landasan untuk kebugaran tubuh Anda, namun Anda tidak mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah menambahkan program fitnes.

Inilah Alasan Mengapa Wanita Juga Perlu Fitnes

Sebagian dari wanita kebanyakan merasa tidak nyaman, tidak yakin, dan sedikit takut untuk mencoba fitnes. Mungkin dikarenakan mitos-mitos yang menyebutkan bahwa wanita yang fitnes akan memiliki badan yang besar, dan berbahaya bagi sendi-sendi wanita.

Namun pada kenyataannya, program fitnes sangat membantu sekali untuk kebugaran tubuh dan kesehatan hidup Anda. Selain itu program latihan fitnes bagi wanita juga membantu pencapain hasil yang maksimal ketika Anda jogging atau melakukan yoga.
Nah, berikut 8 alasan mengapa wanita juga perlu fitnes :

Lebih efektif menghilangkan lemak tubuh

Meskipun banyak orang yang menganggap bahwa angkat beban adalah sarana untuk menambah ukuran otot, namun pada kenyataannya tidak hanya itu, melainkan dapat mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Keuntungan besar dari latihan beban adalah kemampuan tubuh untuk membakar lemak lebih cepat selama dan setelah Anda latihan. Semua ini dikarenakan karena, setelah tubuh Anda selesai melakukan latihan beban, Anda akan terus membutuhkan pasokan oksigen lebih banyak selanjutnya, bahkan berhari-hari, hal ini disebut juga Excess Post-Exercise Oxygen Consumption (EPOC). Dimana ketika tubuh menggunakan lebih banyak oksigen, berarti tubuh juga akan mengeluarkan lebih banyak kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Kekuatan bertambah, kalori berkurang

Ketika kekuatan dan masa otot Anda bertambah, tubuh Anda juga akan menggunakan kalori lebih efisien. Perbandingannya seperti ini, duduk membakar kalori lebih sedikit daripada berdiri, berdiri lebih sedikit membakar kalori daripada berjalan, dan berjalan membakar kalori lebih sedikit dibandingkan latihan beban atau fitnes. Semakin banyak kontraksi otot yang Anda lakukan dalam sehari, semakin banyak pula kalori yang Anda bakar. Maka jika Anda memiliki masa otot yang kecil, Anda akan membutuhkan kontraksi otot lebih banyak dan dengan demikian tubuh Anda juga akan membakar kalori lebih banyak. Jadi, ketika fitnes kekuatan Anda akan bertambah dan kalori akan berkurang.

Untuk meningkatkan curve tubuh

Saat Anda membangun otot dengan latihan beban atau fitnes, tubuh Anda akan menghadiahinya dengan bentuk yang seksi dan ideal. Meskipun latihan beban dapat menurunkan berat badan, akan tetapi Anda akan mendapatkan berat badan yang ideal serta seimbang antara lemak dan otot. Hal inilah yang membuat tubuh akan terlihat lebih seksi dan ideal. Namun jika Anda tidak menyeimbangkan kedua unsur tadi (lemak dan otot) Anda akan kehilangan curves (lekukan) dalam tubuh Anda, dengan latihan beban semua itu akan dijaga dan membantu mempertahankan dua unsur tersebut agar tubuh Anda tetap memiliki curve dan terlihat lebih seksi.

Mendapatkan kualitas tidur yang baik

Latihan beban atau fitnes telah diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur Anda menjadi lebih baik, dengan membantu Anda untuk tidur lebih cepat, tidur lebih pulas, dan akan bangun lebih awal. Dalam sebuah studi yang telah diterbitkan oleh International SportMed Journal, menyebutkan bahwa latihan beban yang dilakukan setiap hari sangat memengaruhi kualitas tidur dan memperpanjang waktu tidur malam. Sehingga Anda akan mendapatkan kebugaran tubuh yang baik dan energi yang maksimal pada pagi hari.

Peningkatan energi

Seperti yang disebutkan diatas bahwa ketika Anda bangun tidur sehabis latihan beban, Anda akan mendapatkan energi yang lebih untuk melakukan segala aktivitas ketika pagi hari. Seperti hasil studi yang diterbitkan oleh National Institute of Health menyebutkan bahwa terdapat peningkatan energi ketika melakukan latihan beban, selain itu terdapat keseimbangan yang baik antara energi dan oxydation. Jadi, lebih baik mengambil barbell atau dumbbell daripada secangkir kopi di sore hari.

Meningkatkan kesehatan jantung

Menurut American Heart Association latihan beban adalah salah satu bentuk latihan yang sehat bagi mereka yang berisiko penyakit jantung. Sebuah studi yang di terbitkan oleh Journal of Strength and Conditioning menemukan bahwa mereka yang kurang melakukan latihan beban cenderung memiliki lingkar pinggang yang besar, trigliseda tinggi, tekanan darah tinggi, dan glukosa yang tinggi, sehingga berisiko terkena penyakit jantung. Sementara penelitian lain yang dilakukan oleh para peneliti di Brazil menemukan bahwa meskipun denyut jantung meningkat pada pasien penyakit jantung ketika melakukan latihan beban, namun tekanan darah mereka secara signifikan menurun setelah melakukan sesi latihan beban.

Meningkatkan Kesehatan tulang

Ketika Anda memasuki masa tua atau menopause Anda akan lebih berisiko kehilangan kekuatan tulang dan masa otot berkurang. Pasalnya, wanita lebih berisiko tinggin terkena osteoporosis pada masa menopause dibandingkan pria, karena tubuh wanita tidak akan lagi mengeluarkan estrogen (sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai hormon seks wanita). Namun, latihan beban sudah dipercaya menjadi salah satu cara terbaik untuk memerangi hilangnya masa otot dan menurunkan risiko osteoporosis. Hal ini dibuktikan dengan hasil sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari McMaster University, Kanada, para peneliti menemukan bahwa bahwa wanita menopause yang selama satu tahun rutin melakukan latihan beban dapat meningkatkan masa otot tulang belakangnya sebesar 9%. Ini menandakan betapa pentingnya latihan beban sejak awal sebelum memasuki masa menopause bagi wanita, dan masih banyak kesempatan Anda saat ini untuk mencegah salah satu penyakit penuaan tersebut.

Menghilangkan stres

Secara umum, latihan beban dikenal sebagai salah satu cara untuk mengelola dan mencegah stres, para peneliti secara konsisten menyebutkan bahwa mereka yang secara teratur melakukan olahraga beban cenderung lebih mampu mengelola stres dan bahkan terhindar dari stres yang disebabkan oleh berbagai masalah dibandingkan mereka yang tidak melakukan olahraga beban sama sekali. Selain itu, latihan daya tahan tubuh atau latihan beban pada orang dewasa dapat meningkatkan memori dan fungsi otak.

So ladies, mulai sekarang jangan takut lagi untuk datang ke tempat fitnes, karena latihan beban juga membantu Anda memaksimalkan hasil yoga dan jogging yang Anda lakukan selama ini untuk kebugaran tubuh dan kesehatan hidup Anda lho! (boy)

BACA JUGA : Wanita dan Whey Protein

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes