Inilah Cara dan Manfaat Berlatih Dumbbell Lunge

Anda mungkin pernah dihadapkan pada satu keadaan di mana Anda tidak memiliki waktu untuk datang ke gym karena kesibukan yang tinggi. Waktu Anda banyak tersita untuk pekerjaan, sehingga seringkali meniggalkan kebiasaan baik yang seharusnya tetap Anda jaga, yaitu latihan.

Hal seperti ini sebenarnya bisa diatasi jika Anda menemukan jenis latihan yang tepat, yang bisa dilakukan di rumah, dan tidak menyita waktu Anda. Dumbbell lunge mungkin bisa menjadi jawabannya. Latihan dumbbell lunge merupakan body weight training, yaitu latihan yang menggunakan berat tubuh sebagai beban latihan. Latihan ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang memiliki tingkat kesibukan tinggi, karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berlatih dumbbell lunge antara lain:

Dumbbell

Meningkatkan Kekuatan Otot

Dumbbell lunge merupakan latihan yang sangat efektif untuk meningkatkan perkembangan dan kekuatan otot bagian bawah tubuh. Otot-otot utama yang terlatih saat berlatih barbbell lunge termasuk otot quadricep, glutes, dan oblique. Sedangkan otot betis Anda juga turut terlatih dengan baik, dengan memberikan stabilisasi dari gerakan di sekitar sendi pergelangan kaki.

Meningkatkan Keseimbangan dan Kordinasi Tubuh

Dumbbell Lunge adalah salah satu latihan terbaik untuk meningkatkan kesimbangan dan kordinasi tubuh. Seiring gerakan lunge yang membutuhkan keseimbangan dan kordinasi tubuh yang baik, hampir seluruh otot tubuh akan bekerja sama untuk menyesuaikan diri dengan latihan ini. Otot-otot yang turut menjaga keseimbangan ini akan berkontraksi, untuk menjaga tubuh bagian atas dan bawah terkordinasi dengan baik. Untuk itu, Anda harus menjaga keselarasan yang baik antara sendi pergelangan kaki, pinggul dan lutut untuk menjaga stabilitas latihan.

Menciptakan Postur Tubuh Ideal

Selain berguna meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan keseimbangan tubuh, dumbbell lunge juga berguna untuk memperbaiki postur tubuh Anda. Melakukan latihan ini secara rutin dapat membuat otot kaki Anda terlihat lebih indah dan kencang, yang akan membuat postur tubuh terlihat lebih ideal. Bahkan, banyak para atlet dan selebriti dunia yang rajin melakukan latihan ini untuk menunjang kemampuan fisik dan penampilan mereka.

Cara melakukan Dumbbell Lunge agar mendapat hasil maksimal

Cara melakukan dumbbell lunge cukup sederhana. Dengan menggenggam dumbbell di kedua tangan Anda, dari posisi berdiri, Anda cukup melangkah maju dengan satu kaki (kaki kanan terlebih dahulu), jatuhkan berat badan Anda ke kaki depan. Tekuk lutut kaki depan dan kaki belakang hingga hampir menyentuh lantai. Kemudian, kembali ke posisi semula dan lakukan gerakan serupa untuk kaki yang sebelah kiri. Ulangi 10-15 repetisi.

Jadi, mulai hari ini Anda tidak perlu bingung dalam menentukan latihan yang tidak menyita waktu Anda, karena latihan dumbbell lunge bisa menjadi pilihan latihan yang tepat bagi Anda di tengah kesibukan Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes