intermittent fasting

INTERMITTENT FASTING By Jerry Nechemya

Pada artikel ini, Jerry Managing Editor Duniafitnes membahas mengenai keuntungan Intermittent Fasting dibanding beberapa diet plan standard lainnya untuk Fat Loss.

Intermittent fasting (IF) saat ini adalah salah satu metode diet yang paling populer di dunia kesehatan dan kebugaran.

Orang menggunakannya untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan tubuh dan menyederhanakan gaya hidup sehat mereka.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat memiliki efek positif yang kuat pada tubuh dan otak, dan bahkan dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Menurut Jerry, bukan karena kali ini Dia membahas tentang metode diet Intermittent Fasting, lantas menjadikan beberapa metode diet reguler lainnya tidak efektif, yang biasanya mengharuskan makan kecil antara 5-6 kali sehari.

GYM

“Semua tergantung pada individu yang menjalankan diet. Yang terpenting adalah, menghitung kalori yang Anda konsumsi, semua tipe diet pasti akan bekerja dengan baik untuk menurunkan berat badan. ”

Ketika Anda menjalankan diet standard (makan 5-6x sehari), hal itu membuat Anda terpaku & dipaksa untuk selalu melihat jam untuk selalu menghitung waktu makan, juga ketersediaan stok makanan menjadi sesuatu yang diharuskan. Setiap beberapa jam Anda harus makan, tidak terkecuali Anda lapar atau tidak.

Di sisi lain Intermittent Fasting hanya mengharuskan Anda makan 2-3x /hari. Dan Anda tidak perlu khawatir mengenai jenis makanan yang Anda konsumsi. Hal yang paling menyenangkan dengan Intermittent Fasting adalah Anda bisa fokus melakukan kesibukan apapun yang harus Anda tuntaskan tanpa harus memikirkan makan setiap 2 atau 3 jam sekali.

Caranya adalah dengan melewatkan sarapan dan tidak makan sampai jam makan siang. Cara seperti itu juga membantu Anda lebih fokus. Mengapa demikian? Jika dipelajari dari teori evolusi manusia, dijelaskan bahwa manusia cenderung lebih fokus dalam keadaan lapar. Jadi, jika kita menunggu sedikit lebih lama dari pagi hingga siang pastinya kita juga bisa menuntaskan pekerjan apapun itu sampai selesai di awal hari.

Keuntungan besar lain ketika menjalankan Intermittent Fasting adalah dimana kita melewatkan sarapan dan melakukan olahraga di pagi hari. Anda bisa lebih efektif membakar kalori melalui lemak yang sudah tersimpan dalam tubuh.
Ketika Anda berolahraga dalam keadaan perut kosong, Anda membakar 300% lebih banyak kalori dari lemak.
Anda juga dapat melakukan latihan beban atau kardio sebelum Anda menyantap sarapan, sehingga secara signifikan menargetkan pembakaran lemak dalam tubuh Anda akan lebih banyak, jika dibanding ketika Anda sudah mengonsumsi makanan dalam perut.

Ketika berolahraga dalam keadaan perut kosong, Anda akan memakai lemak dalam tubuh sebagai energi. Banyak orang yang pergi ke gym dengan niat ingin membakar lemak namun dalam keadaan setelah makan, dengan pemikiran untuk memasok energi, padahal hal ini bukanlah ide yang bagus, karena sekali lagi semua makanan yang Anda konsumsi, terutama karbohidrat akan diubah menjadi glikogen dan akan dipakai sebagai energi ketika berolahraga sebagai pengganti lemak dalam tubuh, yang seharusnya Anda bisa pakai sebagai energi.

Pada dasarnya, tubuh Anda lebih memilih energi dari karbohidrat dan gula daripada lemak yang sudah ada dalam tubuh. So, dengan metode makan terlebih dahulu sebelum ke gym, maka Anda sudah membuang-buang waktu jika Anda bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Disinilah Intermittent Fasting akan menjadi jalan keluar selama Anda melakukan olahraga sebelum makan (karena standard Intermittent Fasting mengharuskan Anda makan pertama kali sekitar jam 12 atau 1 siang).

Adapun benefit lainnya yang bisa Anda dapatkan dari Intermittent Fasting adalah ketika Anda diperbolehkan makan, maka Anda bisa makan semua jenis makanan yang dapat membuat Anda puas.

Ada beberapa varian metode yg bisa anda jalankan.

Metode Intermittent Fasting

Metode 16/8: Juga disebut protokol Leangains, itu melibatkan melewatkan sarapan dan membatasi periode makan harian Anda untuk 8 jam, misalnya 12:00-08:00. Kemudian Anda “Puasa” selama 16 jam di antaranya.

Makan-Stop-makan: ini melibatkan puasa selama 24 jam, sekali atau dua kali seminggu, misalnya dengan tidak makan dari makan malam satu hari sampai makan malam hari berikutnya.

5: 2: Pada dua hari berturut-turut, hanya makan 500-600 kalori. Makan normal 5 hari lainnya.

menambahberatbadan3

“Saya pribadi menemukan metode 16/8 paling sederhana dan simple, paling berkelanjutan dan termudah untuk dijalani. Diet IF 16/8 ini juga yang paling populer.”

Jika pada diet standard biasanya Anda hanya diperbolehkan makan dengan porsi sedikit dan sangat dijaga (sebagai contoh dada ayam, brokoli, dan sedikit nasi merah), tapi dengan menerapkan Intermittent Fasting, jika Anda menghitung kalori yang Anda konsumsi dengan benar, maka Anda bisa makan apa saja dalam jumlah variasi yang banyak. Semuanya tergantung kalori yang masuk dan kalori yg dikeluarkan.

Jadi ketika Anda melakukan Intermittent Fasting dan belum makan seharian, maka Anda bisa makan apapun dalam porsi besar tidak terkecuali, dan memungkinkan berat badan Anda tetap turun (tentunya selama Anda mengkonsumsinya di bawah total kebutuhan kalori Anda /hari.

Jika Anda hanya makan 2x porsi besar dalam sehari ketika Intermittent Fasting, maka kurang lebih Anda bisa mengonsumsi masing-masing 600kcal yang berarti Anda mendapatkan 1200kcal/hari. 1200kcal tergolong sangat rendah, dengan kesimpulan berat badan Anda akan tetap turun meskipun Anda makan apapun.

Berbeda tipe tubuh dan kelamin antar manusia juga mempengaruhi kebutuhan kcal per-harinya. Ada pula yang kebutuhan kcal untuk menurunkan BB 1500kcal/hari, sehingga dengan kata lain, jika Anda makan 2x dalam sehari, maka untuk masing-masing porsi makanan, Anda bisa mengonsumsi 750kcal per-porsi.

Contoh 750kcal makanan adalah seperti berikut, Anda bisa mendapatkan 2-3 sendok nasi putih dengan 2dada ayam + brokoli, malah Anda masih bisa mengonsumsi 1 buah es krim cone sebagai penutup.

maxresdefault

“Dengan Intermittent Fasting Anda tetap bisa mengonsumsi makanan apapun tanpa merasa seperti sedang berdiet.”

Manfaat Lain Dari IF untuk kesehatan adalah

Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH): Tingkat hormon pertumbuhan meroket, meningkatkan sebanyak 5 kali lipat. Ini memiliki manfaat untuk kehilangan lemak dan mendapatkan otot

Insulin: sensitivitas insulin meningkat dan kadar insulin turun drastis. tingkat insulin yang lebih rendah membuat lemak tubuh disimpan lebih mudah diakses

Perbaikan sel: Ketika berpuasa, sel-sel Anda memulai proses perbaikan sel. Ini termasuk autophagy, di mana sel-sel mencerna dan menghapus protein tua dan disfungsional yang membangun sel-sel di dalam

Ekspresi gen: Ada perubahan fungsi gen terkait dengan umur panjang dan perlindungan terhadap penyakit.

Perubahan-perubahan dalam kadar hormon, fungsi sel dan ekspresi gen yang bertanggung jawab atas manfaat kesehatan diet IF

Dengan membuat Anda makan lebih sedikit kalori, semua metode ini memaksa membuat Anda kehilangan berat badan selama Anda tidak mengimbangi dengan makan lebih banyak selama periode makan.

BANTU MAKSIMALKAN INTERMITTENT FASTING ANDA

  • Menghentikan Penyusutan Otot
  • Meningkatkan Daya Pulih Tubuh Anda
  • Membuat Tubuh dalam Keadaan Anabolik
  • Menjaga Serat Otot Selama Latihan

Maksimalkan pembakaran lemak tubuh Anda dan mencegah penyusutan otot! BELI DI SINI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes