latihan hiit

Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Latihan HIIT

High Intensity Interval Training (HIIT) sepertinya sudah mulai populer sebagai latihan yang ‘sempurna’ ditengah terbatasnya waktu untuk olahraga. Namun, jika Anda melakukan kesalahan ini, maka latihan HIIT Anda akan tidak maksimal.

Keterbatasan waktu sering kali dijadikan alasan seseorang untuk tidak beraktivitas yang menyehatkan seperti olahraga atau latihan.

Latihan sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Terlebih apabila aktivitas atau pekerjaan sehari-hari Anda lebih banyak dihabiskan dengan duduk, maka latihan WAJIB untuk Anda lakukan.

Namun karena rutinitas dan kesibukan pekerjaan itulah yang bisa menyebabkan sempitnya waktu untuk berlatih.

Apakah Anda juga memiliki problem yang sama, tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga?

Jika demikian, Anda bisa memilih latihan HIIT sebagai solusinya.

Latihan HIIT Jadi Solusi Anda yang Super Sibuk

latihan hiit

HIIT merupakan latihan yang menyatukan intensitas rendah, sedang, dan cepat. Dan latihan ini bisa Anda lakukan tanpa memakan banyak waktu. Artinya, Anda bisa melakukan dalam tempo yang singkat.

Pastinya, HIIT akan sangat tepat dilakukan untuk Anda yang aktif dan super sibuk dengan pekerjaan. Karena bagaimanapun, olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dan latihan ini sangat tepat bagi Anda yang ingin memiliki bentuk tubuh langsing ideal karena HIIT adalah cara tepat meluruhkan lemak berlebih dalam tubuh.

Studi yang dilakukan University of New South Wales menunjukkan, latihan HIIT selama 20 menit 3 kali dalam seminggu membakar lemak tubuh lebih banyak dibanding hanya melakukan latihan kardio selama 30-40 menit 3 kali seminggu.

HIIT dapat Anda lakukan dalam waktu singkat yaitu 5-20 menit. Karena masuk dalam latihan yang sangat intens, maka sebaiknya hindari latihan ini terlalu lama atau terlalu sering.

Hindari Latihan HIIT dengan Cara Ini

latihan hiit

Memang, latihan ini adalah salah satu latihan terbaik untuk membakar lemak tubuh berlebih secara efektif.

Namun, sama halnya dengan berbagai metode latihan lainnya, ketika berlatih HIIT Anda sebaiknya melakukannya dengan tepat agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Karena itu, beberapa poin di bawah ini yang sebaiknya Anda hindari saat melakukan HIIT untuk mendapatkan manfaat HIIT seutuhnya serta terhindar dari potensi cedera.

HIIT yang Terlalu Lama

Latihan HIIT adalah latihan yang sangat intens dan memerlukan energi yang benar-benar powerfull. Karena itu, Anda disarankan untuk tidak memaksakan HIIT lebih dari 30 menit.

Karena jika melakukannya terlalu lama, tubuh Anda akan selalu mencari sumber energi yang tersisa. Secara umum, melakukan HIIT yang terlalu lama tidak akan memberikan manfaat yang maksimal dan ini justru dapat menyebabkan penyusutan otot.

HIIT yang Terlalu Sering

latihan hiit

Latihan HIIT memang sangat baik untuk membakar lemak tubuh berlebih. Dan karena Anda ingin segera dapatkan bentuk tubuh yang langsing dan ideal, Anda berusaha berlatih dengan keras. Salah satunya dengan latihan HIIT lebih sering.

Don’t Do It!!

Memang, HIIT sangat baik untuk meluruhkan kelebihan lemak. Namun, jika dilakukan terlalu sering juga berdampak kurang baik pada diri Anda sendiri.

Jika dilakukan terlalu sering, maka tidak akan ada waktu bagi otot Anda untuk istirahat yang mana istirahat itu sangat diperlukan agar otot berkembang. Alangkah baiknya lakukan HIIT 3x dalam seminggu dengan waktu selang-seling.

HIIT yang ‘Telat’ Waktunya
Sebenarnya ini bukan kesalahan yang perlu dilakukan, karena latihan juga bisa bergantung pada waktu Anda. Yang dikatakan telat di sini adalah waktu yang disarankan untuk melakukan latihan HIIT adalah pada pagi hari.

Tentu saja Anda akan masih dapat melihat perkembangan jika melakukan HIIT di malam atau siang hari. Akan tetapi, yang direkomendasikan adalah pada pagi hari. Hal ini akan mendorong pembakaran kalori dari makanan yang akan Anda makan di sepanjang hari.

Namun bagaimana pada saat bulan puasa sepeti sekarang? Karena mungkin pagi hari sulit untuk melakukannya (takut haus atau lapar) karena bisa sangat menguras energi, Anda bisa menggantinya pada sore hari atau malam hari setelah ibadah tarawih.

HIIT Tanpa Pasokan Energi yang Cukup

latihan hiit

Sebenarnya ini tidak berlaku pada HIIT saja, melainkan juga seluruh olahrga yang Anda lakukan. Performa olahraga atau latihan yang Anda lakukan akan maksimal apabila energi Anda mencukupi.

Namun, berilah perhatian ekstra ketika akan melakukan HIIT. Seperti yang sudah disebutkan di awal, latihan ini meskipun super singkat namun membutuhkan tenaga yang luar biasa.

Maka dari itu, apabila Anda ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari HIIT, maka sebaiknya pastikan terlebih dahulu kondisi (energi) tubuh Anda. Pastikan asupan nutrisi Anda terpenuhi pada saat akan melakukan HIIT maupun setelahnya untuk proses recovery.

HIIT Tanpa Pemanasan
Hampir sama seperti poin sebelumnya, ini juga perlu Anda lakukan dalam setiap olahraga atau latihan apapun. Pemanasan. Pemanasan (Warm Up) sangat diperlukan oleh tubuh Anda agar siap ketika menerima tekanan dari latihan yang sesungguhnya.

Jika Anda ingin mengajak tubuh Anda untuk bekerja keras melalui latihan, maka biarkanlah tubuh Anda dalam kondisi siap terlebih dahulu, yakni dengan pemanasan. Cara ini akan baik untuk menjaga performa latihan HIIT Anda serta mencegah dari cedera.

Anda bisa melakukan pemanasan selama 10-15 menit melalui gerakan-gerakan yang ringan terlebih dahulu.

HIIT yang Kurang Keras
Berlatih HIIT itu sangat menyenangkan, dan pastikan Anda enjoy dalam setiap sesi latihannya.

Namun, ini juga bisa menjadi bumerang untuk performa latihan HIIT Anda. Apabila Anda terlalu enjoy, Anda bisa berlatih HIIT dengan santai. Padahal, HIIT adalah latihan yang sangat intens. Jika selama latihan keringat Anda tidak bercucuran, maka hampir bisa dipastikan HIIT Anda tidak optimal.

Segera Dapatkan Manfaat yang Maksimal dari Latihan HIIT

latihan hiit

1. Membakar Lemak Lebih Banyak dalam Waktu Singkat
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, HIIT adalah salah satu latihan paling efektif untuk membakar lemak tubuh berlebih.

Dengan melakukan HIIT, maka oksidasi lemak akan meningkat karena kemampuannya memecah dan memanfaatkan lemak sebagai sumber energi.

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan di Kanada menyebutkan bahwa rutin berlatih HIIT selama enam minggu akan dapat meningkatkan oksidasi lemak serta penurunan ketergantungan karbohidrat selama latihan.

2. Meningkatkan Kesehatan Tubuh Anda
Apabila Anda merasa sering tidak fit dan bugar, Anda juga dapat mencoba latihan ini. Bahkan, jika Anda memiliki riwayat penyakit diabetes atau jantung, Anda juga bisa berlatih HIIT mulai perlahan.

Hal ini tampak seperti penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care, terjadi perubahan yang apik pada kontrol gula darah, lemak perut, dan massa tubuh pada penderita diabetes tipe 2 yang melakukan HIIT selama 12 minggu.

Dan penelitian dari University of South Wales, menunjukkan bahwa berlatih HIIT selama 12 minggu dapat mengontrol denyut jantung, tekanan darah, hingga mencegah pengecilan pembuluh darah.

3. Menambah VO2 Max

latihan hiit

VO2 max merupakan volume oksigen maksimal yang diproses oleh tubuh pada saat melakukan kegiatan yang intensif.

Semakin tinggi VO2 Max maka tubuh lebih efisien dalam memberikan oksigen ke otot. Dan ini akan menghasilkan energi lebih banyak ketika Anda berkativitas.

4. Solusi Bagi Anda yang Mudah Lelah
Mungkin Anda pernah atau sering merasa tubuh Anda mudah lelah. Jika iya, maka HIIT bisa jadi jawaban atas masalah Anda tersebut.

Dengan rutin melakukan HIIT akan membantu meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menetralisir penumpukan hidrogen sehingga kekuatan otot dapat meningkat. Otot yang semakin kuat akan dapat membantu Anda untuk terhindar dari rasa mudah lelah.

Sudah siap untuk berlatih HIIT hari ini?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes