performa latihan menurun

Jangan Lupakan Otot Kaki Anda!

Tidak jarang fitnes mania yang hanya fokus melatih serta membentuk tubuh bagian atas (upper body). Karena itu, mereka kerap melupakan tubuh bagian bawah (lower body), terutama bagian kaki dan paha. Padahal, kaki juga berperan penting dalam latihan pembentukan tubuh.

melatih otot kaki

Dengan memiliki bentuk tubuh yang ideal dan berotot akan dapat membangkitkan kepercayaan diri seseorang. Karena itu, banyak yang berlomba-lomba untuk membentuk tubuh bagian atas. Mulai dari latihan untuk chest, delts, tricep, bicep, back, dan juga perut. Namun, beberapa diantaranya yang melupakan lower body mereka, terutama bagian kaki.

Kaki, Penentu Latihan Anda

Kaki merupakan bagian penting untuk menunjang segala latihan yang Anda lakukan. Karena dengan kaki yang kuat akan dapat memudahkan kita melakukan berbagai gerakan. Namun apabila pondasi kita lemah, maka banyak gerakan tidak akan terlaksana secara maksimal. Bukan hanya itu, potensi cedera juga akan meningkat jika otot kaki kita kurang kuat. Baca juga: Pahat Otot Kaki Anda!

melatih otot kaki

Ada juga yang beralasan bahwa latihan otot kaki cukup berat untuk dilakukan. Namun, ketika dilakukan dan telah berhasil membentuk kaki yang berotot dan kuat, justru ditutupi dengan celana sehingga orang lain kurang leluasa untuk melihatnya. Kemungkinan lainnya adalah karena wanita lebih suka melihat pria berbadan atletis daripada kaki yang berotot.

Tapi, kaki merupakan pondasi kita ketika melakukan berbagai aktivitas, termasuk ketika berolahraga. Maka, memiliki otot kaki yang kuat juga perlu diperhatikan agar latihan kita berjalan maksimal serta mengurangi potensi cedera.

Otot Kaki

Otot yang paling banyak terlibat ketika kita beraktivitas dengan otot kaki adalah otot quadricep. Otot ini menopang seluruh kekuatan kaki. dan menjadi empat bagian serat otot.

melatih otot kaki

Latihan Kaki yang Mungkin Jarang Anda Lakukan

Setelah mengetahui betapa pentingnya kekuatan kaki dalam latihan, maka berikut ini beberapa latihan untuk otot kaki Anda yang mungkin jarang dilakukan.

>> Tips Latihan Membentuk Otot Kaki yang Kuat <<

1. Zercher Squat

Ini merupakan salah satu variasi squat yang hampir terlupakan. Zercher squat menawarkan banyak manfaat yang didapat. Seperti melatih otot kaki terutama bagian paha, melatih lutut, menstabilkan otot punggung, perut, dan meningkatkan kordinasi tubuh bagian atas dan bawah.

Bagaimana cara melakukan zercher squat? Simak video berikut:

2. Bulgarian Split Squat

Latihan ini sangat baik untuk pembangunan keseimbangan paha. Karena bekerja dengan satu kaki pada satu waktu serta membutuhkan keseimbangan tinggi, sebaiknya jangan menggunakan beban terlalu berat.

melatih otot kaki

Tahap pelaksanaan
– Berdiri tegap
– Kedua tangan di pinggang (boleh menggenggam dumbell)
– Sandarkan kaki kanan pada bench di belakang Anda
– Tekuk kaki kiri hingga membentuk sudut 90 derajat
Lakukan 10-15 repetisi untuk masing-masing kaki

3. Donkey Calf Raises

melatih otot kaki

Sesuai dengan namanya, latihan donkey calf raise merupakan gerakan untuk melatih betis. Latihan ini dilakukan membungkuk dengan beban adalah rekan yang naik di pinggang.

Pelaksanaan
– Lakukan posisi awal seperti gambar dengan seseorang menaiki pinggang Anda
– Posisi kedua tangan Anda pada bangku mesin latihan
– Jinjitkan kaki Anda dan beri waktu hingga beberapa detik
– Kembali ke awal

4. Floor Glute-Ham Raise

melatih otot kaki

Latihan ini akan dapat meningkat kemampuan gerakan latihan Anda yang lain seperti squat, deadlift, bahkan mungkin dapat menambah jangkauan lompatan Anda.

Pelaksanaan
– Posisi tubuh seperti push up
– Rekan fitnes Anda memegang ujung kedua kaki (seperti gambar)
– Angkat tubuh dan posisi tangan menyilang pada bagian dada
– Lakukan 2 set 12 repetisi

5. Good Morning

melatih otot kaki

Pelaksanaan
– Posisi barbell di atas punggung
– Tubuh membungkuk ke depan sementara kaki sedikit di tekuk
– Kembali ke posisi semula

Dengan pondasi yang kuat, maka setiap bangunan akan berdiri kokoh. Begitu pula tubuh kita. Dengan kaki yang kuat maka tubuh kita akan lebih mudah melakukan beragam aktivitas. Selamat berlatih.

BACA JUGA: Sering Nyeri Punggung? Mungkin ini Penyebabnya!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes