cengkraman tangan

Jangan Remehkan Cengkraman Tangan Anda!

Apakah Anda hobi melakukan latihan beban? Kalau iya, jangan lupa untuk melatih juga kekuatan cengkraman tangan (hand grip). Sebab, cengkraman tangan sangat berpengaruh pada latihan Anda.

cengkraman tangan

Tidak sedikit orang yang melakukan latihan beban kerap melupakan latihan untuk menguatkan cengkraman tangan. Padahal, memiliki cengkraman tangan yang kuat dapat mempengaruhi kualitas latihan beban yang Anda lakukan. Cengkraman tangan yang lemah dapat membuat latihan seperti deadlift, pull up, lunges, rows, atau bench press Anda kurang maksimal.

#Kenapa latihan grip sangat penting?

Latihan meningkatkan kekuatan cengkraman tangan mungkin kerap diabaikan. Namun, hand grip merupakan faktor penting untuk hasil latihan yang kita lakukan. Karena jika cengkraman kuat, maka latihan beban yang dilakukan semakin maksimal. Anda mampu mengangkat beban dengan berat yang maksimal atau latihan menjadi lebih intens. Selain itu, dengan cengkraman yang kuat juga akan mampu menekan risiko cedera ketika Anda melakukan latihan beban.

cengkraman tangan

>> Saatnya Jajal Latihan Hand Grip Terbaik! <<

#Grip lemah berkaitan dengan usia?

“Kekuatan grip dapat menjadi cara mudah dan murah untuk mengetahui faktor risiko penyakit kardiovaskuler seseorang,”

Bahkan, dikutip dari MuscleandFitness.com, hasil studi terbaru dalam jurnal The Lancet yang melibatkan 14.000 orang dengan usia 35-70 tahun di 17 negara disebutkan, memiliki cengkraman tangan yang tidak kuat dapat terkait dengan hidup lebih pendek akibat penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan stroke.

“Kekuatan grip dapat menjadi cara mudah dan murah untuk mengetahui faktor risiko penyakit kardiovaskuler seseorang,” kata peneliti utama, Dr. Darryl Leong.

#Latihan untuk grip lebih kuat

Terlepas dari studi di atas, memiliki cengkraman yang kuat memang mempengaruhi latihan beban yang dilakukan seseorang. Bukan hanya itu, cengkraman tangan yang kuat akan dapat memberikan kesan yang berbeda ketika orang bersalaman atau saling berjabat tangan. Lalu, latihan apa yang tepat untuk meningkatkan kekuatan grip Anda? Baca juga: Kebiasaan ini Buat Polisi Peroleh Cengkraman Tangan yang Kuat.

1. Hand Gripper

cengkraman tangan

Menggunakan hand gripper merupakan latihan favorit untuk melatih kekuatan cengkraman tangan. Bagi Anda yang baru mulai berlatih, coba lakukan latihan ini sebanyak 2-4 set 10 repetisi dengan grip yang ringan.

2. Barbell Hold

cengkraman tangan

Latihan ini bukan untuk seberapa berat beban yang dapat Anda angkat, melainkan tahan barbell selama beberapa detik. Angkat barbell dengan grip selebar bahu, ketika Anda angkat, tahan selama 5-10 detik. Kemudian turunkan kembali dan lakukan sebanyak 3-5 set.

3. Farmer Carries

cengkraman tangan

Latihan ini biasanya menggunakan 2 dumbbell atau kettlebell. Kedua tangan masing-masing memegang dumbbell kemudian melangkah dalam jarak dan waktu tertentu. Selain membantu meningkatkan grip Anda, gerakan ini juga melatih otot inti, bahu, fore arm, dan pinggul Anda. Coba berjalan maju sebanyak 20 hingga 40 langkah dengan dumbbell di tangan Anda.

4. Towel/ Rope Pull Up

cengkraman tangan

Jika ditempat Anda tidak tersedia rope pull up, coba ganti tali dengan handuk lalu gantungkan di bar. Kemudian lakukan pull up dengan kedua tangan menapak pada handuk.

5.Plate Pinches

cengkraman tangan

Latihan inilah yang biasanya direkomendasikan untuk meningkatkan kekuatan cengkraman Anda. Cobalah dengan mengangkat dua plate seberat 5 pound selama 30 detik. Jika terlalu mudah, coba tingkatkan berat atau jumlah plate.

6. Hex Hold

cengkraman tangan

Melakukan Hex Dumbbell adalah langkah alternatif lain untuk meningkatkan kekuatan cengkraman Anda. Pegang hex dumbbell kemudian angkat dan tahan selama 30 detik. Lakukan selama beberapa set selama yang Anda butuhkan.

So, sudahkah Anda melatih grip hari ini? (ctr)

BACA JUGA: Latihan Sederhana Membentuk Otot Dada Bagi Pemula

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes