minum air setelah latihan

Jumlah Air Yang Harus Diminum Ketika Latihan

Minum air setelah latihan memang sangat penting. Namun, minum air juga sangat baik dilakukan sebelum dan selama latihan. Berikut berapa banyak air yang baik diminum ketika latihan.

minum air setelah latihan

Minum air setelah latihan dapat membuat tubuh tidak kekurangan cairan. Pasalnya, setiap selesai latihan, tubuh kita akan kehilangan banyak cairan. Karena itu, minum air setelah latihan adalah mutlak.

Jika tubuh kekurangan cairan (dehidrasi), maka beberapa masalah dapat muncul. Seperti pusing, kelelahan, atau kram. Nah, berikut ini berapa banyak air yang harus kita minum baik sebelum latihan, ketika latihan, atau sesudah latihan.

1. Sebelum latihan

Satu atau dua jam sebelum latihan, sebaiknya minum sebanyak 400-500 ml air. Dan 15 menit sebelum olahraga, minumlah air sebanyak 200 ml.

2. Ketika latihan

Minumlah sebanyak 177 ml setiap 15 menit latihan. Apabila latihan cukup intens dengan waktu yang lama atau dalam cuaca yang panas, minumlah sport drink atau minuman yang mengandung elektrolit.

3. Setelah latihan

Timbang diri Anda sebelum dan sesudah latihan Anda. Minumlah air sebanyak 500 ml untuk setiap penurunan berat badan sebanyak setengah kilogram.

Untuk mencari tahu apakah tubuh Anda kelebihan atau kekurangan cairan, coba periksa urin Anda. Jika berwarna jernih, maka Anda kelebihan cairan. Sementara untuk warna gelap, itu berarti Anda kurang cairan.

Hidrasi adalah hal yang rumit, karena terlalu sedikit cairan dapat menyebabkan dehidrasi dan terlalu banyak cairan dapat menyebabkan hiponatremia. Hiponatremia adalah kadar natrium atau sodiom dalam darah yang rendah.

Usahakan selalu mengonsumsi cairan yang cukup saat latihan maupun sesudahnya. Meski begitu, juga jangan mengonsumsi cairan berlebihan. Selamat berlatih. (ctr)

BACA JUGA: Merasa Pertumbuhan Massa Otot Lambat? Jajal Cara Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes