Kapan Anda Harus Berhenti Menggunakan Jasa Personal Trainer Anda?

Pada artikel sebelumnya – Kenapa Anda Butuh Personal Trainer? –, sudah dibahas tentang 7 alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menyewa seorang personal trainer. Tidak diragukan lagi, personal trainer yang baik dan berpengalaman tidak hanya akan membantu Anda menentukan program latihan yang baik, tetapi dia juga akan memastikan Anda berlatih dengan baik. Namun, tidak setiap personal trainer memberikan apa yang Anda inginkan. Anda mungkin sampai pada titik yang membuat Anda harus mengambil keputusan yang sulit untuk memberhentikan personal trainer Anda dan mencari penggantinya.

Berikut adalah 7 alasan utama Anda harus memberhentikan personal trainer Anda:

  1. Personal Trainer Anda Sering Membatalkan Janji Latihan Atau Selalu Terlambat
    Jika personal trainer Anda sering membatalkan janji atau selalu terlambat atau bahkan lebih buruk lagi, yaitu tidak mengganti pertemuan yang terlewatkan, maka Anda mungkin harus berbicara padanya. Saya mengerti bahwa keadaan darurat memang bisa terjadi, tetapi jika membatalkan janji latihan sampai 3 kali dari 10 kali pertemuan, pasti ada yang tidak beres.
  2. Trainer Anda Tidak Memberikan Perhatian Penuh pada Anda
    Sebagai permulaan, personal trainer Anda harus tahu sejarah Anda – berat badan, tinggi badan, kadar lemak tubuh, denyut jantung, riwayat kesehatan dan lain-lain sebagai catatan. Trainer yang baik juga harus menanyakan tentang kebiasaan makan Anda. Trainer yang baik tidak hanya akan mencatat set dan repetisi standar, tetapi juga urutan latihan Anda dan bahkan tanggapan Anda pada setiap latihan. Jika Anda tidak menyukai sebuah latihan, dia akan memberikan alternatif latihan lain dengan tujuan yang sama. Tanpa adanya catatan, maka banyak hal yang harus dia ingat dan saya tidak yakin dia akan mampu memberi Anda hasil yang optimal. Dan juga, kalau trainer Anda suka menerima telepon, membalas SMS ataupun berbicara dengan orang lain sementara Anda berlatih, Anda mungkin perlu memberitahu dia. Trainer seperti ini tidak memberikan perhatian penuh dan membuat Anda ingin mencari trainer baru.
  3. Trainer Anda Hanya Memberi Satu Program Latihan yang Sama Bahkan Setelah 6 Bulan
    Personal trainer biasanya menetapkan sebuah program latihan untuk membantu Anda mencapai tujuan latihan Anda. Berdasarkan pada perubahan fisik atau umpan balik dari Anda, maka program harus disesuaikan lagi setelah 2 sampai 3 bulan. Jika Anda terus menjalani rutinitas latihan yang sama tanpa alasan yang tepat dari trainer Anda, maka katakan padanya. Jika Anda diminta untuk melakukan hal yang sama lagi dan lagi tanpa hasil yang memuaskan, maka apa perlunya Anda menyewa seorang trainer? Pengulangan dengan hasil yang baik masih bisa dimaklumi, tapi tidak demikian jika tanpa hasil. Lebih buruk lagi, jika Anda menemukan bahwa semua klien trainer Anda menjalani routine yang sama, baik mereka gemuk atau kurus. Ingatlah bahwa program latihan Anda harus disesuaikan dengan tujuan dan tingkat kebugaran Anda. Apa yang baik bagi orang lain mungkin tidak bagi Anda. Jadi, jika trainer Anda tidak memodifikasi sebuah program untuk Anda, carilah trainer baru.
  4. Trainer Anda Sering Mendorong Anda Sampai Melampaui Batas Kemampuan Fisik Anda
    Merupakan hal yang yang ekstrem jika trainer Anda mendorong Anda terlalu keras untuk selalu melewati batas kemampuan fisik Anda, karena itu bisa berbahaya. Kalau Anda masih diminta untuk melatih kelompok otot yang sama selama beberapa hari berturut-turut padahal Anda mengalami nyeri otot, atau masih kelelahan, maka Anda harus meminta trainer Anda untuk memodifikasi pola latihan ini. Jika dia bersikeras bahwa Anda harus melakukan itu, carilah trainer baru yang akan menghormati batas kemampuan fisik Anda tapi masih menantang Anda tentunya dengan metode yang aman.
  5. Anda Kurang Akrab dengan Trainer Anda
    Beberapa trainer menerapkan gaya militer pada klien mereka. Mereka memanggil Anda dengan nama Anda. Jika Anda lebih memilih trainer seperti ini, itu boleh-boleh saja. Namun, jika Anda lebih suka trainer gaya bicaranya lebih halus, Anda mungkin perlu memberhentikan trainer ini dan mendapatkan yang lebih cocok dengan gaya Anda.
  6. Trainer Anda Suka Mengambil Kesempatan
    Jika trainer Anda menggoda Anda, membuat lelucon “dewasa” atau menyentuh bagian-bagian tubuh Anda yang tidak seharusnya, Anda harus meminta dia untuk menjaga agar latihan berjalan secara profesional. Jika dia melakukannya lagi, sebaiknya Anda memberhentikannya dan carilah penggantinya. Satu hal lagi, jika trainer Anda sering memotong durasi latihan Anda atau Anda yakin dia telah meminta bayaran lebih dari yang disepakati, maka bicaralah padanya. Jangan biarkan dia mengambil keuntungan dari Anda hanya karena Anda seorang pemula. Beberapa trainer meminta pembayaran harus dilakukan di muka. Carilah informasi macam-macam pilihan pembayaran baik di akhir bulan atau per sesi.
  7. Anda Siap Untuk Menjadi Diri Anda Sendiri
    Pada titik tertentu, kebanyakan klien memutuskan untuk melakukan latihan sendiri. Kecuali Anda seorang selebriti seperti Madonna atau Mariah Carey yang memiliki personal trainer jangka panjang, maka Anda tetap harus berlatih sendiri pada akhirnya. Jangan takut untuk memberitahu hal itu pada trainer Anda. Pelatih yang baik akan menghormati keputusan Anda dan malah akan membantu Anda dalam masa transisi ini. Namun, alasan ini mungkin menjadi rumit. Beberapa orang kadang memutuskan terlalu cepat hanya setelah beberapa sesi dan percaya bahwa mereka dapat mereka sendiri. Personal trainer masih sangat diperlukan. Jangan terlalu cepat.

Kata-kata Terakhir
Beberapa orang mungkin menuntut lebih. Mereka berharap pelatih untuk menjawab telepon mereka setiap kali mereka menelepon, untuk menanyakan berapa kalori dalam makanan mereka sebelum mereka makan. Jika Anda adalah salah satu dari mereka dan pelatih Anda tidak menjawab telepon Anda, maka Anda tidak perlu memberhentikannya karena hal itu. Anda harus memahami bahwa seorang trainer memiliki banyak klien dan jika setiap orang menelepon dan menanyakan pertanyaan seperti itu, maka dia akan sibuk sehingga kehilangan waktu pribadinya. Personal trainer juga manusia, mereka juga punya teman dan keluarga.

Singkatnya, Anda membayar untuk pelatihan pribadi. Selalu bahaslah semua masalah dengan trainer Anda dan cobalah memberhentikan mereka baik-baik sebelum keadaan menjadi tambah buruk. Tak seorang pun suka berteriak, “Anda dipecat!” (seperti Donald Trump di “Apprentice”), tetapi Anda harus bertanggung jawab atas apa yang Anda minta dan apa yang Anda dapatkan. Ini adalah uang Anda dan tubuh Anda. Kesampingkan dulu emosi Anda, dan berpikirlah untuk tujuan fitness jangka panjang Anda, buatlah keputusan yang rasional, dan dapatkan pelayanan terbaik.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes