Kapan Saatnya untuk Menambah Berat Beban Angkatan Saya?

Pertanyaan di atas mungkin kerap muncul pada Anda yang gemar melakukan latihan beban. Lalu bagaimana cara mengetahui kapan saatnya untuk menambah berat beban angkatan Anda?

Anda sudah rutin pergi ke gym dan rajin berlatih angkat beban dalam beberapa waktu, namun Anda merasa belum banyak perubahan dalam tubuh yang Anda inginkan. Mengapa? Salah satu penyebabnya bisa jadi beban angkatan Anda kurang berat.

Ketika ingin membentuk tubuh lebih berotot, maka hal utama yang direkomendasikan adalah dengan latihan beban. Latihan beban ini bisa Anda lakukan di rumah maupun pusat kebugaran (gym).

Untuk itulah Anda mulai rajin berlatih di gym. Namun setelah beberapa waktu rutin latihan, Anda merasa bahwa belum terjadi perubahan yang berarti. Padahal, Anda sudah mulai terbiasa dan mudah dalam melakukan berbagai macam gerakan. Apa yang salah?

#Latihan Bukan Satu-Satunya Penentu Pertumbuhan Otot Anda

Suplement2

Yang harus dipahami ketika membentuk otot tubuh adalah bukan hanya latihan yang menjadi faktor penentu, beberapa hal lain juga perlu menjadi pertimbangan. Seperti mengatur pola makan dan juga istirahat yang cukup. Simak juga artikel kami tentang “Pola Makan & Latihan Membentuk Otot Bebas Lemak

Mengatur pola makan (diet) adalah langkah penting yang perlu dilakukan. Setelah latihan, otot Anda akan rusak dan memerlukan waktu pemulihan. Saat masa inilah nutrisi berperan penting untuk menjaga otot Anda. Begitu pula dengan istirahat yang cukup. Karena pada saat istirahat inilah puncak produksi hormon pertumbuhan (growth hormone).

Ok, katakanlah Anda sudah latihan rutin, mengatur pola makan yang sehat seperti tinggi protein serta istirahat yang cukup. Lalu apalagi yang kurang? Bisa jadi ini karena latihan Anda yang kurang maksimal. Salah satunya karena berat beban yang monoton.

#Buat Otot Anda Lebih Menantang dengan Beban yang Lebih Berat

Dumbbell3

Latihan yang intens memang diperlukan untuk pembentukan tubuh. Meski begitu, latihan yang cerdas juga sangat penting untuk dilakukan. Misalnya dengan berani menerima latihan baru yang lebih menantang. Atau, dengan menambah berat beban.

Apabila Anda terus melatih otot tubuh Anda dengan berat yang sama, maka otot Anda akan ‘bosan’ sehingga sulit untuk mengembang. Karena sudah terbiasa dengan berat tersebut, maka otot Anda akan merespon bahwa sudah tidak ada tantangan lagi bagi otot. Kondisi ini tentu akan menghambat program Anda.

Membuat tubuh lebih bertenaga adalah cara tepat untuk meningkatkan kualitas latihan Anda. Dengan tubuh yang bertenaga, maka Anda akan dapat melakukan gerakan latihan dan berat angkatan Anda menjadi lebih optimal.

Note: Untuk menambah energi saat latihan, Anda dapat mengonsumsi nutrisi terbaik dari makanan harian Anda maupun suplementasi untuk menambah energi dan mempercepat massa pemulihan >> Creatine Monohydrate dari Ultimate Nutrition

#Apa yang Diharapkan Ketika Mengangkat Beban Lebih Berat?

bentuk tubuh berotot

Meski sudah menambahkan berat beban, bukan berarti otot Anda akan terlihat signifikan dalam waktu semalam.

Para bodybuilder di seluruh dunia tidak butuh waktu semalam untuk membentuk tubuhnya yang dempal. Namun, mereka membutuhkan waktu berjam-jam, berminggu-minggu dan berbulan-bulan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang mereka inginkan.

Yang pasti, dengan menambahkan berat beban angkatan Anda secara bertahap akan membuat tubuh Anda semakin tertantang untuk menjadi lebih baik. Tapi semua memerlukan proses sehingga Anda harus bersabar dan tetap tekun dalam berlatih.

#Mulai Secara Bertahap

pemanasan dinamis

Menentukan berapa berat beban akan dilakukan jika Anda akan memulai gerakan latihan baru. Misalnya, apabila biasanya Anda mampu melakukan gerakan dengan beban 20 kilogram, maka pada gerakan baru ini coba Anda kurang separuh baru kemudian tingkatkan secara bertahap.

Atau bagi yang pemula, Anda dapat memilih berat beban sesuai yang Anda mampu. Kemudian secara bertahap mulai tingkatkan berat beban. Apabila sudah biasa dalam melakukan gerakan dengan beban 10 kilogram misalnya, maka sudah saatnya Anda meningkatkan berat beban.

Baca Juga: Berapa Berat Beban untuk Latihan Saya?

#Tahu Kapan Saatnya untuk Meningkatkan Berat Beban

olahraga setelah liburan

Jika Anda sudah terbiasa dengan dumbbell, kettlebell, atau barbell, pertanyaannya adalah kapan dan bagaimana saatnya mengetahui berat beban harus ditambah?

Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah jika beberapa repetisi Anda mulai lambat dan membuat keringat Anda bercucuran, maka itulah berat yang tepat untuk Anda. Namun apabila dalam beberapa repetisi terakhir Anda sangat mudah dan tidak menantang, itulah saatnya Anda untuk menambah berat beban.

Pembentukan otot memang memerlukan waktu dan ketekunan baik dalam berlatih, menjaga pola makan dan juga istirahat. So, tetap semangat ya fitnes mania untuk terus berlatih! (ctr)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes