Kapan Waktu Terbaik Untuk Melakukan Crunch?

Kapan-Waktu-Terbaik-Untuk-Melakukan-Crunch

Anda mungkin pernah mendengar pertanyaan ini atau mungkin Anda sendiri juga bertanya-tanya tentang hal ini. Apakah Anda harus melakukan crunch sebelum atau setelah latihan kardio? Bagaimana kalau pada hari Anda melakukan latihan beban?

Jika Anda hanya melakukan latihan kardio pada hari itu, Anda bisa melatih otot perut Anda sebelum atau setelah melakukan latihan kardio. Latihan kardio dengan elliptical trainer, sepeda stasioner atau treadmill tidak benar-benar banyak menggunakan otot perut, sehingga jika Anda lakukan latihan kardio tersebut maka tidak masalah untuk melakukan crunch sebelum atau setelah latihan kardio, tetapi sebaiknya Anda tidak perlu melakukan crunch dua kali, baik sebelum dan sesudah kardio. Sehingga Anda bisa pilih untuk melakukannya di antara kedua waktu tersebut.

Pada hari-hari ketika melakukan latihan beban, Anda bisa menambahkan crunch ke dalam latihan Anda. Anda sebaiknya mendahulukan latihan untuk otot besar dahulu seperti latihan dada, punggung, bahu serta kaki sebelum melakukan latihan untuk otot kecil seperti otot perut. Namun demikian, beberapa orang ada yang tidak memasukkan crunch sebagai latihan terakhir, karena mereka menganggap pada saat selesai latihan, mereka biasanya terlalu letih untuk melakukan latihan crunch dengan benar. Beberapa orang kadang juga memilih untuk tidak melakukan crunch daripada melakukannya dalam gerakan yang kurang baik, mengingat kualitas lebih penting daripada kuantitas.

Tak jarang pula orang yang lebih suka melakukan sit up atau crunch di pagi hari atau bahkan sebelum tidur di malam hari. Jadi, dengarkan tubuh Anda dan biarkan hasilnya menjadi cara terbaik untuk memutuskan apakah Anda sudah memilih waktu yang tepat atau belum.

Bagaimanapun, kita semua berbeda, jadi kenalilah tubuh Anda dan dapatkan hasil latihan yang optimal!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes